8 Manfaat Mempelajari Psikologi Bagi Kehidupan

Bila membahas soal belajar psikologi, banyak orang akan terkejut saat mengetahui bahwa terdapat berbagai macam pilihan karir di luar sana yang berkaitan dengan psikologi. Dari bekerja di fasilitas klinik hingga sekolah, bahkan perusahaan-perusahaan besar, karena kebutuhan untuk pelatihan (training) di psikologi semakin meningkat. Salah satu area psikologi yang popular saat ini adalah psikologi pendidikan, bidang itu berkutat dengan pemahaman tentang bagaimana otak kita belajar dan apa yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan kemampuan kita dalam menyerap dan menyimpan pengetahuan. (baca juga: manfaat psikologi bagi remaja)

Bila Anda sedang memutuskan jalur karir apa yang tepat untuk Anda, kami berikan 8 manfaat mempelajari psikologi, terutama psikologi pendidikan, untuk menginspirasi Anda:

1. Psikologi pendidikan tepat untuk Anda bila Anda senang membantu orang lain

Psikologi pendidikan berkenaan dengan membantu orang lain untuk belajar. Untuk benar-benar mendapatkan kepuasan dari pilihan karir ini, Anda harus senang menghabiskan banyak waktu dengan orang lain, bahkan seringkali Anda harus berhadapan dengan anak-anak atau individu yang memiliki kesulitan dalam belajar. Bila Anda merasa berguna dengan membawa kesenangan serta kepercayaan diri dalam diri orang lain dan membantu mereka mengembangkan pikiran dan hidup mereka, Anda bisa mempertimbangkan bidang psikologi pendidikan sebagai salah satu pilihan karir.

2. Bisa membantu untuk mudah beradaptasi dengan situasi dan kasus yang menantang

Tidak ada dua situasi yang sama saat menghadapi klien ketika Anda bekerja di bidang ini. Saat di luar sana ada metode dan strategi yang mengeneralisasikan bagaimana harusnya Anda menghadapi klien, setiap orang justru akan membawa diri dan problematika serta dinamika yang unik untuk setiap keadaan dan rintangan. Untuk menjadi psikolog pendidikan Anda harus bisa melihat dan berpikir di luar kotak dan mencari cara adaptasi yang unik untuk menyelesaikan masalah tertentu.

3. Lebih baik dalam mengobservasi dan memecahkan masalah

Banyak penelitian yang telah dilakukan dalam ranah psikologi pendidikan. Penelitian-penelitian ini lantas digunakan untuk mengembangkan metode belajar baru dan membantu orang lain yang merasa cara belajar tradisional kurang sesuai bagi mereka. Untuk menjadi psikolog pendidikan yang efektif, Anda harus pandai mengobservasi dan memperhatikan detil. Hal-hal yang nampak tidak penting bagi orang awam, mungkin justru menjadi penentu yang signifikan dalam memahami cara belajar seseorang. Sebagai psikolog di bidang pendidikan Anda harus mampu memperhatikan banyak hal, mencatat hasil observasi untuk direview dan menggunakan semua data yang Anda punya untuk mencapai tujuan awal.

4. Psikologi pendidikan membuka pintu pilihan karir

Manfaat internet kini membuka dunia belajar lebih luas bagi banyak orang yang mungkin tidak punya akses untuk ke berbagai macam informasi di mana mereka berada, kebutuhan untuk para ahli di bidang psikologi pendidikan terus bertumbuh, meski masih banyak pilihan karir yang berhubungan dengan sekolah dan institusi belajar yang lain, termasuk perusahaan. Perusahaan besar sering merekrut psikolog pendidikan (dan juga psikolog industri organisasi) untuk memaksimalkan efektivitas karyawan mereka dengan metode training. (baca juga: manfaat IT, manfaat sosial media, manfaat jaringan komputer, manfaat internet bagi pendidikan)

5. Membuat Anda menggali makna atau alasan di balik sesuatu

Di psikologi, Anda tidak boleh melakukan observasi hanya berdasar pada tampulan luar. Otak manusia merupakan organ yang rumit dan seringkali penampilan luar seseorang memiliki banyak faktor penyebab di baliknya. Ketimbang melihat seseorang yang memiliki kesulitan saat belajar di bidang tertentu dan Anda hanya bisa pasrah dengannya, Anda perlu menggali lebih dalam dan mencari tahu mengapa mereka menghadapi kesulitan seperti itu dan langkah-langkah apa yang perlu dilakukan untuk menyingkirkan kesulitan yang menghadang jalan mereka.

6. Anda tidak akan ingin berhenti belajar

Psikologi adalah ilmu yang berkaitan dengan manusia. Selama masih ada manusia di dunia ini, ilmu psikologi akan tetap bermanfaat karena tidak ada di antara kita yang mengetahui segala sesuatu yang berhubungan dengan manusia, otak manusia, dan kemampuannya untuk menyerap dan menyimpan informasi. Meski banyak jalur karir yang dapat memberi Anda skill untuk meraih segala macam pengetahuan tentang subjek tertentu, Anda harus punya dorongan untuk terus belajar. Bagaimana Anda bisa berharap untuk mengembangkan metode baru dalam pengajaran dan/atau menolong orang lain untuk belajar bila Anda sendiri berhenti mengembangkan otak Anda? (baca juga: manfaat kuliah)

7. Bisa bekerja dengan anak-anak

Meski banyak pekerjaan yang berhubungan dengan ranah psikologi pendidikan yang tidak berhubungan dengan anak-anak, banyak orang yang memasuki bidang ini karena mereka ingin menghabiskan banyak waktu dengan anak kecil. Bentuknya bisa bermacam-macam, seperti bekerja langsung sebagai guru atau konselor, atau mungkin melalui penelitian dan studi kasus. Bila Anda senang bekerja dengan anak-anak dan membantu mereka mengembangkan pikiran mereka untuk tumbuh memenuhi potensi mereka, maka psikologi di bidang ini adalah karir yang tepat untuk Anda. (artikel terkait: manfaat pendidikan, manfaat pendidikan karakter)

8. Karir di bidang ini sedang dibutuhkan

Tidak hanya keinginan untuk belajar terus ada, tapi begitu juga dengan orang yang ingin belajar. Di seluruh dunia, populasi manusia tumbuh begitu cepet dan dalam beberapa dekade mendatang, sistem pendidikan akan semakin berada di bawah tekanan. Salah satu cara terbaik untuk memastikan bahwa setiap orang menerima pendidikan yang berhak mereka dapatkan adalah dengan menemukan cara yang efektif dalam mengajar. Semakin banyak orang belajar dan semakin besar keinginan untuk mendapatkan pengetahuan berarti tuntutan untuk psikolog pendidikan akan terus ada di masa depan.

Baca juga: manfaat lingkungan kerja, manfaat mempelajari ilmu pengetahuan dan teknologi

Mempelajari psikologi berarti membantu orang lain. Anda harus bisa bekerja dengan baik bersama orang lain, punya mata yang jeli untuk memperhatikan detil dan berpikir secara jernih serta di luar kotak. Bila semua kualitas ini Anda miliki, maka mungkin mempelajari psikologi adalah jalur yang tepat dan akan bermanfaat untuk Anda.