25 Manfaat Badan di Kop untuk Kesehatan

Kop atau yang lebih sering disebut tetapi bekam adalah cara tradisional yang unik untuk pengobatan penyakit dengan tujuan untuk membuang racun yang ada didalam tubuh. Pengobatan dengan cara Kop atau Bekam terdiri dari dua cara yang disesuaikaan keinginan pasien, diantaranya Kop kering dan Kop basah.

  • Kop kering

yaitu cara tradisional yang diperuntukkan bagi orang-orang yang tidak menyukai jarum suntik. Cara ini bisa spontan dilakukan pada kondisi yang mendesak misalnya pada penderita yang merasakan nyeri urat pada punggung dan sekitar pinggang akibat kesalahan dalam berolahraga atau akibat karena mengkonsumsi terlalu banyak makanan olahan atau junkfood. Cara kop kering yaitu dengan cara menghisap permukaan kulit yang dikehendaki. Lalu dilakukan sebuah pemijatan secara perlahan namun, tidak mengeluarkan darah kotor atau darah yang telah terkontiminasi dengan racun hasil sisa limbah makanan yang ada didalam tubuh.

  • Kop basah

Yaitu cara tradisional yang diperuntiukkan bagi orang orang yang tidak takut terhadap jarum suntik dan sayatan kecil dengan pisau khusus. kop basah dilakukan dengan jarum yang ditusukkan pada permukaan kulit yang berada diarea yang mengalami sakit atau memberi sayat pada area yang sakit lalu setelah itu dilakukan metode hisap dengan alat cupping set atau hand pump yang tujuannnya untuk mengikat racun dan mengeluarkan darah kotor yang telah bercampur partikel beracun. pengeluaran darah diperbolehkan hanya 5 menit saja.

Darah yang keluar adalah darh yang didalmnya terdapat kolesterol jahat dan partikel racun yang dihasilkan dari sisa limbah makanan yang seharian atau beberapa hari kita makan dan lain lain dimana semua itu adalah penyebab tubuh terasa tidak nyaman

Inilah manfaat badan di kop atau terapi bekam karena berhubungan dengan peningkatan kualitas kesehatan :

  1. Melenyapkan kolesterol dalam daarh
  2. Melancarkan pembuluh arteri sekitar jantung
  3. Mencegah wajah kusan dan mengobati jerawat membandel
  4. Menyembuhkan migrain dan penyakit vertigo
  5. Menurunkan tekanan darah tinggi
  6. Menyembuhkan pembengkakan pipi akibat sakit gigi
  7. Mengatasi peradangan pada rongga telinga
  8. Memperbaiki ketajaman mata dan melindungi jaringan mata dari serangan mata kabur atau rabun
  9. Meningkatkan sensitifitas indera penciuman
  10. Meningkatkan daya ingat dan mencegah penyakit Alzheimer
  11. Mencegah penyakit parkinson
  12. Dapat menghilangkan stres dan depresi
  13. Mencegah serangan gagal ginjal dan menyaring racun yang ada pada ginjal
  14. Menyaring dan mengeluarkan racun yang bersarang pada hati
  15. Memperbaiki ketidakseimbangan hormon
  16. Menyembuhkan gangguan saraf pusat
  17. Mengobati dada nyeri dan sesak nafas
  18. Mengobatai alergi karean makanan laut seperti alergi kepiting, udang atau kerang.
  19. Mencegah dan menghilangkan masuk angin
  20. Dapat mengeluarkan virus toxo dan rubella dalam tubuh
  21. Menyembuhkan penyakit asam urat
  22. Mengurangi rasa sakit pasa saraf saraf karena penyakit herpes
  23. Mengobatai penyakit yang berhubungan dengan Arthritis misalnya nyeri pada lutut
  24. Mengobati penyakit thalasemia dan penyakit yang berhunbungan dengan darah (Leukimia)
  25. Dapat menurunkan berat badan dan mempercepat pembakaran lemak pada penderita obesitas

Ada beberapa bagian tubuh yang tidak diperbolehkan dilakukan pembekaman atau penggunaan kop, seperti berikut :

  • Pada penderita diabetes yang cenderung sangat sulit kering dan sembuh jika mengalami luka atau pendarahan, dilarang untguk menggunakan kop basah. dikhawatirkan akan menimbulkan luka baru yang semakin melebar dan sulit disembuhkan.
  • Pada lubang lubang yang ad bagian tubuh misalnya lubang pusar, rongga telinga, rongga hidung, dubur dan lain lain.
  • Tidak diperbolehkan dilakukan kop yang terlalu dekat dengan jaringan mata karena metode penghisapan akan mengganggu kesehatan mata dan pembuluh darah disekitarnya.
  • Tidak boleh melakuakn kop pada daerah pembengkakakn karena penyakit asaam uurat yang sedang kambuh atau sedang dalam pengobatan.
  • Tidak diperbolehkan pada perut wanita hamil apapun alasannya karena daapat mengganggu plasenta dan kondisi janin , apalgi yang sedang hamil dibawah usia 5 bulan.
  • Tidak diperbolehkan dilakukan op pada daerah lutut yang cedera misalnya pada belakang lutut atau tepi kanan kirinya.
  • Tidak diperbolehkan bagi penderita sinusitis akut karena dikhawatikan akan memperparah penyakitnya dan dianjurkan untuk tetap mengikuti metode pengobatan secara medis pada dokter THT.
  • Tidak diperbolehkan pada seseorang yang memiliki karakter darah yang terlalu cair, karena ketika darah kotor dikeluarkan maka zat besi yang ada pada darah akan ikut terbuang.
  • Tidak diperbolehkan pada seseorang yang memilki penyakit epilepsi, dikhawatirkan penyakitnya bisa sewaktu waktu kambuh dan akan mengacaukan pengobatan dengan menggunakan bekam.
  • Tidak diperbolehkan dilakukan pada pembuluh darah yang mengalami pelebaran seperti penderita varises.

Ketika akan  melakukan teknik bekam atau Kop disarankan untuk menolak jika terjadi hal hal berikut :

  • Dilakukan kop pada tempat yang tidak memiliki standar kebersihan yang memadai
  • Dilakukan kop pada ruangan yang memakai kipas angin atau pendingin ruangan atau AC
  • Dilakukan pada alam terbuka yang terpapar langsung oleh matahari
  • Dilakukan pada ruangan yang terdapat seseorang yang sedang menjalani penyembuhan penyakit TBC, tifus, malaria atau penyakit menular lainnya.
  • Dilakukan pada gedung bertingkat dengan kualitas angin yang besar tanpa menutup jendela dan pintunya rapat rapat.
  • Dilakukan pengobatan kop tetapi peralatan kopnya tidak bersih dan belum dilakukan pensterilan.
  • Dilakukan pada ruangan yang bising, berisik atau gaduh oleh suara musik, kerumunan orang atau dekat dengan terminal bus.
  • Dilakukan pada tempat yang terdapat banyak binatang peliharaan seperti kucing, anjing, burung, kambing dan lain lain.
  • Dilakukan kop pada bagian tubuh yang sama tetapi belum 1 bulan berlalu. Kondidi ini dapat mengakibatkan cedera, peradangan dan penyumbatan aliran darah.
  • Dilakukan pada tempat yang banyak orang berlalu lalang atau banyak kendaraan yang melintas, dikhawatirkan polusi udara dan radikal bebas akan menghambat penyembuhan pada pasien.

Dengan menggunakan terapi kop atau bekam benarkah darah kotor bisa dikeluarkan ?

  • Dengan penggunaan cara tradisional yaitu dengan Kop atau terapi bekam darah kotor atau sel sel darah yang rusak dapat dikeluarkan dari tubuh namun tidak merusak kualitas sel darah putih yang ternyata tidak ikut keluar dan tetap dipertahankan untuk berada didalam tubuh.
  • Selain sel darah putih ternyata zat besi didalam tubuhpun tidak ikut keluar. Teknik pengeluaran darah kotor ini adalah hanya untuk mengeluarkan darah yang didalamnya mengandung racun sisa limbah makanan  dan partikel partikel berbahaya lainnya yang dapat merusak jaringan tubuh.
  • Darah kotor yang telah keluar akan digantikan dengan sel sel yang baru setelah pengobatan tersebut usai. Artinya  ketika pasien kembali mengkonsumsi susu, atau makanan yang bernutrisi tinggi pada saat itulah sel sel darah merahnya yang baru akan segera terpenuhi.
  • Darah kotor yang telah sukses dikeluarkanbiasabya berwarn aagelap nampak keruh dan berbau amis yang tajam, ini menunjukan bahawa darah tersebut mengandung banyak racun dan lemak kolesterol jahat.

Tidak ada salahnya jika kita mencoba teknik kop yang sederhana, unik dan manjur serta relatif aman itu. bagaimanapun juga tanpa mengindahkan kehebatan pengobatan secara medis, cara tradisional atau alternatif boleh dicoba sepanjang sang pasien dapat terbukti sembuh setelah selesai menjalani terapi tersebut tanpa efek samping.

Sejumlah metode alternatif untuk kesehatan lainnya :