20 Manfaat Melon Kuning Untuk Kesehatan Tubuh

Melon merupakan buah yang masuk kedalam jenis labu-labuan atau cucurbitaceae. Berbeda dengan melon hijau yang memiliki tekstur daging lebih lembut dan berair, melon kuning memiliki tekstur lebih keras dan kering. Dalam proses penanamannya, melon kuning lebih memerlukan perhatian khusus dan juga perawatan lebih, sehingga ini yang membuat kualitas dari melon kuning lebih terjaga.

Buah melon kuning memiliki banyak kandungan gizi seperti energi, protein, lemak, karbohidrat, serat, abu, kalsium, fosfor, kalium, zat besi, natrium, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin C, niacin dan juga air. Untuk lebih lengkap tentang manfaat apa saja yang bisa anda peroleh dari buah melon berwarna kuning ini bisa dilihat pada ulasan berikut.

Artikel terkait:

  1. Mempertahankan Kesehatan Mata

Pada manfaat melon kuning mengandung beta karoten yang sangat berguna untuk mempertahankan kesehatan pada mata. Beta karoten ini akan diserap tubuh dan mengubahnya menjadi vitamin A yang sangat berguna untuk mata dan juga pencegahan katarak mata.

  1. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Kadar vitamin C tinggi yang ada pada melon kuning sangat baik dalam meningkat imunitas tubuh untuk melawan radikal bebas sehingga kulit bisa lebih sehat dan terawat.

Artikel terkait:

  1. Bermanfaat Untuk Perokok

Bagi anda perokok aktif, vitamin A pada buah melon sangat bermanfaat untuk dikonsumsi. Perokok pasif akan kehilangan vitamin A yang cukup banyak dalam tubuh dan kekurangan vitamin A ini bisa diatasi dengan mengkonsumsinya secara rutin.

  1. Regenerasi Kulit

Asam folat yang terkandung dalam buah lemon kuning sangat bermanfaat dalam regenerasi sel-sel kulit mati sehingga kulit akan terlihat lebih sehat dan awet muda. Asam folat ini juga berguna sebagai pencegah timbulnya keriput serta meningkatkan pembentukan kolagen.

Artikel terkait:

  1. Melancarkan Peredaran Darah

Melon kuning mengandung potasium yang berguna sebagai zat antikoagulan untuk mencegah pengentalan pada darah. Selain itu, potasium juga bermanfaat timbulnya endapan pada pembuluh darah dan mencegah aterosklerosis.

  1. Mengatasi Masalah PMS

Untuk para wanita sangat disarankan mengkonsumsi melon kuning ini saat PMS. Potasium yang ada pada buah ini akan mencegah munculnya pramenstrual sindrom dan juga mengatasi kram pada perut serta mengatur aliran darah saat menstruasi sehingga lancar.

Artikel terkait:

  1. Mencegah Pembentukan Tabung Syaraf

Asam folat tinggi pada buah ini sangat baik untuk ibu hamil, sebab sangat efektif untuk mencegah timbulnya pembentukan tabung syaraf. Ini bisa terjadi saat ibu hamil kekurangan asam folat dan retensi air bisa dicegah sebab melon kuning juga akan membuang sodium dari dalam tubuh.

  1. Mengatasi Mual Ibu Hamil

Rasa mual memang lazim dialami oleh wanita yang sedang mengandung atau hamil yang disebabkan hormon dalam tubuh tidak stabil. Dengan rutin makan beberapa potong melon kuning saat masa kehamilan maka akan membantu mengatasi rasa mual yang mengganggu tersebut.

Artikel terkait:

  1. Mencegah Dehidrasi

Ibu hamil juga memerlukan kadar air cukup supaya metabolisme tubuh bisa berjalan dengan baik khususnya pada trimester pertama. Kandungan air mineral pada melon kuning ini akan sangat untuk mengatasi dehidrasi secara alami.

  1. Pertumbuhan Tulang dan Gigi Bayi

Agar pertumbuhan bayi dalam kandungan bisa meningkat, maka para ibu dapat mengkonsumsi buah melon kuning yang sangat tinggi akan kalsium. Tidak hanya bermanfaat untuk bayi, namun kandungan kalsium ini akan mencegah para ibu dari resiko tulang rapuh yang umumnya akan bertambah sesudah melahirkan.

Artikel terkait:

  1. Mencegah Diabetes

Manfaat melon kuning memiliki kandungan gula dan air alami yang akan sangat membantu dalam mengontrol kadar gula di dalam tubuh sehingga sangat baik untuk dikonsumsi para penderita diabetes.

  1. Mencegah Kanker

Kanker menjadi penyakit ganas yang berbahaya dan bisa menyebabkan kematian. Agar terhindar dari kanker, maka konsumsi melon kuning secara teratur yang banyak mengandung karotenoid untuk membantu mempertahankan tubuh dari sel penyebab kanker seperti kanker paru paru dan kanker payudara.

Artikel terkait:

  1. Mencegah Stroke

Tekanan darah juga bisa stabil dengan mengkonsumsi melon kuning secara rutin sebab di dalam buah ini mengandung kalium yang tidak hanya bermanfaat untuk mencegah stroke, namun juga baik untuk diet.

  1. Melancarkan Pencernaan

Serat memang menjadi zat yang banyak terkandung dalam buah termasuk pada melon kuning yang sangat baik untuk melancarkan pencernaan dan juga terhindar dari dehidrasi berlebih karena kandungan air yang juga cukup banyak dalam buah ini.

Artikel terkait:

15. Mencegah Impotensi

Impotensi merupakan salah satu masalah pada pria yang akan mengganggu aktivitas hubungan intim sebab kualitas sel reproduksi tidak sehat. Konsumsi buah melon kuning dengan rutin sebab mengandung asam amino tinggi yang akan memproduksi ariginine dan ariginine ini akan membuak aliran darah sehingga alat reproduksi pria bisa sehat.

  1. Membantu Proses Melahirkan

Dalam melon kuning mempunyai kandungan fosfor yang baik untuk janin. Fosfor ini diperlukan supaya proses melahirkan bisa lancar. Saat melahirkan, ibu akan berkontraksi dengan kuat dan dengan fosfor cukup dari melon kuning ini akan membuat proses melahirkan menjadi lancar, organ ginjal dan jantung terjaga serta pembekuan darah bisa dihindari.

Artikel terkait:

  1. Sebagai Anti Inflamasi

Dengan penelitian membuktikan jika orang yang mengkonsumsi melon kuning akan memiliki C reactive protein lebih rendah. CRP sendiri adalah peradangan yang terjadi dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi melon kuning secara rutin maka akan menghentikan peradangan yang berbahaya. Selain itu, kandungan cucurbitacin B dan cucurbitacin E pada buah ini sangat efektif dalam mengurangi rasa sakit dari gejala anti inflamasi.

  1. Memulihkan Stamina dan Otot

Dalam melon kuning juga mengandung kalium elektrolit yang merupakan komponen penting sel dan cairan pada tubuh. Kandungan ini akan mengontrol detak jantung dan tekanan darah sehingga selalu dalam keadaan normal. Kalium yang juga terdapat dalam buah ini juga sangat baik untuk anda yang aktif sebab kalium bisa melepaskan rasa tegang pada pembuluh darah sehingga pemulihan otot menjadi lebih cepat dan menambah stamina tubuh.

Artikel terkait:

  1. Mengontrol pH Tubuh

Melon juga menjadi salah satu buah basa yang akan mengontrol kadar pH tubuh dan berbagai penyakit akan sulit tumbuh pada lingkungan tubuh yang basa. Selain itu, buah ini juga mengandung alkali yang sangat baik untuk mencegah peradangan.

  1. Menurunkan Berat Badan

Dalam 1 cangkir melon mengandung 60 kalori sehingga sangat baik untuk program diet anda. Selain itu, kadar air tinggi didalamnya juga sangat baik untuk menurunkan berat badan lebih cepat.

Artikel terkait:

Buah melon kuning ini tidak hanya menjadi makanan pencuci mulut dengan rasa manis menyegarkan, namun sudah terbukti sangat bermanfaat untuk berbagai penyakit dan juga sangat bermanfaat untuk ibu hamil dan janin. Konsumsi melon kuning secara rutin dan rasakan berbagai manfaat yang terkandung didalamnya.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Wednesday 17th, May 2017 / 04:28 Oleh :
Kategori : Buah Buahan