10 Manfaat Jeruk Peras Untuk Kesehatan Tubuh

Sudah tidak diragukan lagi apabila buah jeruk banyak dikenal dikalangan masyarakat karena kandungan vitamin C yang terkandung di dalamnya. Buah jeruk biasa dimakan secara langsung, karena hanya tinggal dikupas dan buahnya dapat dimakan langsung, tidak memerlukan peralatan pisau seperti ketika akan memakan melon atau semangka. Namun, untuk mendapatkan kesegaran yang lebih, beberapa orang tidak mengkonsumsi buah jeruk secara langsung, namun dicampur dengan air dan ditambahkan es di dalamnya.

artikel terkait:

Manfaat Jeruk Peras

Sudah tidak heran lagi jika banyak terdapat jus jeruk karena rasanya lebih segar dan lebih menghilangkan dahaga dibandingkan dengan memakannya secara langsung. Namun ternyata, mengkonsumsi jeruk dengan dibuat jus nutrisi dari jeruk akan berkurang. Apabila menginginkan minuman jeruk, lebih baik jeruk diperas, bukan di jus, agar nutrisinya tetap terjaga. Berikut kelebihan mengkonsumsi jeruk yang di peras :

  1. Nutrisi Jeruk Peras Lebih Terjaga

Membuat minuman jeruk denganmemeras jeruknya akan lebih baik dibandingkan menghancurkan jeruk dengan blender atau juicer. Beberapa peralatan juicer dapat mengoksidasi buah jeruk sehingga dapat menurunkan nutrisi buah jeruk. Memeras jeruk jauh lebih baik karena peralatan pemeras jeruk dapat melindungi kandungan nutri yang ada di dalam buah. Jika menginginkan mengkonsumsi jeruk sebagai minuman, lebih baik membuatnya dengan proses peras bukan dengan proses jus yang menggunakan peralatan juicer.

artikel terkait: manfaat jeruk nipis untuk asam urat

  1. Menjadikan Tubuh Rileks

Memeras buah akan dapat meningkatkan kesehatan dan menjaga keseimbangan tubuh. Membuat jeruk nipis peras yang dipadukan dengan beberapa jenis sayuran yang dapat diperas seperti mentimun, tomat, peterseli dan juga beberapa sayuran hijau lainnya dapat membuat tubuh dan juga pikiran menjadi rileks dibanding sebelumnya. Nutrisi dalam sayuran memiliki kandungan mineral yang sangat tinggi seperti magnesium. Mineral dalam sayuran inilah yang dapat membuat tubuh dan pikiran enjadi rileks. Dengan membuat beberapa campuran sayur dan buah peras termasuk di dalamnya menggunakan jeruk nipis, dapat menjaga kesehatan karena nutrisi di dalam tubuh tercukupi dengan kandungan mineral dan vitamin yang terjaga.

artikel terkait: manfaat jeruk baby

  1. Meningkatkan Keinginan Mengkonsumsi Buah

Mengkonsumsi buah peras, seperti jeruk yang diperas dapat meningkatkan keinginan untuk mengkonsumsi jeruk segar. Hal ini berlaku untuk beberapa jenis buah lainnya. Jeruk peras tidak mengurangi nutrisi dalam kandungan buah jeruk, namun hanya mengambil sari yang terkandung di dalam buah jeruk. Jeruk peras juga tidak mengubah rasa jeruk, lain halnya dengan jus jeruk yang sedikit mengubah rasa jeruk karena terjadinya gesekan yang tinggi antara buah jeruk dan alat juicernya. Perasan jeruk yang segar inilah yang dapat membuat  beberapa orang akan terbiasa dengan rasa buah jeruk yang segar. Sehingga dalam beberapa waktu, akan timbul keinginan untuk mengkonsumsi buah segar yang tetap terjaga kesegaran dan nutrisi yang ada di dalamnya.

artikel terkait: manfaat buah jeruk purut

  1. Kandungan Serat Dalam Buah Jeruk Terjaga

Ketika mengolah jeruk dengan dijus, nutrisi dari buah jeruk akan berkurang hingga lima kali lipat dibandingkan dengan jeruk segar. Lain halnya dengan jeruk peras, jeruk yang diperas tidak menghilangkan nutrisi dalam buah jeruk. Sari yang didapatkan dari perasan buah jeruk juga tetap terjaga kandungan di dalam buah jeruk tersebut. Sehingga, kandungan serat yang dimiliki oleh buah jeruk akan tetap terjaga. Mengkonsumsi buah jeruk peras dengan serat yang masih terjaga dapat membantu proses stimulasi dalam sistem pencernaan. Stimulasi yang terjadi dalam sistem pencernaan inilah yang dapat menjaga asupan buah untuk tubuh.

Meskipun menderita penyakit maag dan takut karena jeruk peras memiliki rasa yang agak masam, dapat dicoba menggunakan jeruk nipis untuk diperas. Jeruk nipis memang memiliki rasa yang sangat masam, namun sebenarnya, jeruk nipis peras bersifat basa dan tidak membuat maag kambuh. Selain bersifat basa dan tidak berbahaya bagi penyakit maag, jeruk peras juga dapat menghilangkan racun di dalam sistem pencernaan, sehingga dapat menurunkan resiko terjadinya infeksi dalam sistem pencernaan dan terhindar dari penyakit lain.

artikel terkait: manfaat jeruk australia

  1. Memperkuat Sistem Imun

Jeruk peras seperti jenis jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C yang sangat besar. Jeruk nipis peras akan membantu menghilangkan stress karena dapat merilekskan pikiran. Jeruk peras ini baik dikonsumsi ketika sedang mengalami hari yang penat dan memiliki pikiran yang sedang tidak tenang.

artikel terkait: manfaat jeruk limau

  1. Sebagai Sumber Potasium

Jeruk nipis peras dapat mencukupi kebutuhan zat yang diperlukan oleh tubuh. Kandungan potasium yang ada di dalam jeruk peras lebih tinggi dibandingkan dengan buah apel dan buah anggur. Kandungan potasium yang sangat tinggi dalam jeruk peras dapat menjaga kesehatan jantung, otak dan syaraf agar tetap terjaga dengan baik.

artikel terkait: manfaat minum air jeruk hangat di malam hari

  1. Mengurangi Flek Hitam Pada Kulit

Antioksidan dalam manfaat jeruk peras akan tetap terjaga. Antioksidan dalam jeruk nipis peras akan membantuk proses detoksifikasi dalam tubuh. Hal ini dapat berfungsi untuk memberikan perawatan kulit agar tetap cerah dan menghilangkan flek hitam.

artikel terkait: manfaat jeruk bali

  1. Mengatasi Malasah Peradangan

Keasaman yang ada dalam tubuh dapat menimbulkan beberapa masalah seperti peradangan yang sering dialami. Tingkat keasaman yang tinggi di dalam tubuh dapat diatasi dengan mengkonsumsi jeruk peras. Jeruk peras terlebih jeruk nipis yang bersifat basa dapat mengurangi kandungan asam di dalam tubuh. Dengan begitu, asam basa dalam tubuh dapat berkurang sehingga dapat mengurangi timbulnya penyakit salah satunya adalah peradangan.

artikel terkait: manfaat jeruk nipis untuk kesehatan rambut

  1. Menambah Energi Harian

Selain dapat menghilangkan depresi atau stress yang dialami, jeruk nipis peras juga dapat membantu memberikan tambahan energi harian. Ketika sudah masuk di dalam pencernaan, jeruk nipis dapat membantu memberikan energi di dalam tubuh.

artikel terkait: manfaat daun jeruk nipis

  1. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C yang ada dalam buah jeruk tidak akan hilang sewaktu memeras jeruk. Dalam perasan jeruk, vitamin dan seluruh nutri buah jeruk akan tetap terjaga. Hal inilah yang membuat perasan jeruk dapat tetap mencukupi nutrisi harian dalam tubuh. Selain itu, perasan buah jeruk juga dapat menjaga sistem kekebalan tubuh agar tidak mudah terserang oleh virus dan sebagainya. Dengan sistem kekebalan tubuh yang tinggi, tubuh akan menjadi lebih terjaga dan tidak akan mudah terjangkit penyakit seperti flu dan sebagainya.

artikel terkait: manfaat jeruk nipis

Jeruk yang dikenal sebagai buah yang kaya akan vitamin C dan nutrisi memang sangat diperlukan oleh tubuh. Jangan sampai nutrisi yang terkandung dlam buah jeruk terkurangi karena cara mengkonsumsi yang salah. Tetap jaga nutrisi buah ketika mengkonsumsinya agar manfaat dari buah yang dikonsumsi dapat berguna untuk kesehatan tubuh kita.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Monday 10th, October 2016 / 12:17 Oleh :
Kategori : Buah Buahan