18 Manfaat buah Argan untuk Tubuh

Buah Argan adalah buah yang berasal dari pohon argan yang merupakan salah satu pohon tertua didunia. Pohon argan memiliki nama latin yaitu Arganua Spinosa pohon ini memiliki peran yang sangat penting bagi keseimbangan ekosistem. Pohon argan hanya tumbuh di barat daya Maroko antara Essaouira dan Agadir. Pohon tua ini sangat terkenal dengan kekuatannya yang mampu bertahan hidup dalam cuaca yang sangat ekstrim dan daerah yang sangat kering. Usia pohon argan ini bisa mencapai 150-200 tahun lamanya. Memiliki akar sepanjang hingga 30 meter berguna untuk memperkuat tanah dan dahannya rindang mampu menahan panasnya gurun sahara. Ciri lainnya dari pohon argan adalah tingginya yang mencapai 8-10 meter, pohonnya berduri dengan batang yang keriput. Pohon argan diketahui berbunga pada bulan April dengan bunga kecil-kecil memiliki lima kelopak berwarna kuning hijau pucat. Selain itu daging buah argan sangat tebal dan kulit buahnya terasa pahit.

Buah argan biasanya diolah menjadi argan oil (minyak argan). Argan oil mengandung essential fatty acid, omega 3 dan 6, alpha tecopherol yang kaya dengan vitamin E. Tahukah anda, kandungan vitamin E yang terdapat dalam argan oil lebih banyak jika dibandingkan dengan minyak zaitun.

Manfaat dari buah argan :

  1. Buah argan yang diolah menjadi minyak sangat kaya dengan kandungan vitamin E, sehingga mampu menjadikan kulit terlihat jauh lebih muda, kencang, dan berkilau.
  2. Sangat efektif untuk menghaluskan kulit dan sekaligus menghajar jerawat, membantu menghilangkan bekas jerawat, flek hitam, dan juga bekas luka pada kulit.
  3. Dapat mengatasi komedo yang membandel, mengangkat komedo dan membuat kulit jauh lebih lembut.
  4. Kaya dengan asam lemak essential dan sterol, sehingga sangat baik sebagai pelembab alami karena sangat mudah diserap oleh kulit tanpa menjadikan kulit berminyak.
  5. Kandungan triterpenoids yang ternyata cukup efektif untuk melindungi kulit dari kotoran dan sengatan sinar matahari.
  6. Bagi kesehatan rambut arogan dapat merawat kulit kepala dan sekaligus memperkuat akar rambut serta sebagai anti ketombe.
  7. Buah argan ternyata dapat juga mengatasi kuku yang rapuh dan mudah patah.
  8. Dapat juga membantu menyamarkan bekas luka dan juga dapat menghilangkan bekas luka tersebut.
  9. Jika digunakan secara rutin dapat menghilangkan selulit/strech mark setelah melahirkan. Apabila digunakan secara rutin sebelum hamil maka buah argan dipercaya dapat mencegah munculnya selulit saat hamil.
  10. Buah argan memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar trigliserida pada laki-laki, sehingga dapat mencegah berkembangnya penyakit kardiovaskular.
  11. Dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit dan infeksi karena memiliki antioksidan yang tinggi. Meskipun masih belum diketahui banyak orang, buah argan juga dapat mencegah berkembangnya kanker payudara, kanker prostat, kolorektal, dan kanker endometrium.
  12. Buah argan yang telah diolah menjadi minyak juga dapat digunakan sebagai resistensi insulin tubuh.
  13. Menggunakan minyak dari buah argan pada rambut anda, setelah itu anda dapat mengucapkan selamat tinggal pada rambut keriting.
  14. Kandungan manfaat vitamin E dalam buah argan juga berguna untuk memulihkan rambut yang rusak.
  15. Dapat mengurangi mata panda akibat kurang tidur.
  16. Minyak dari buah argan bisa dijadikan pelembab kulit atau krim perawatan kulit, minyak argan lebih bagus dari jenis produk lainnya.
  17. Mampu meresap hingga ke akar rambut serta meningkatkan kekuatan rambut. Tidak hanya itu minyak argan juga bagus untuk pertumbuhan rambut.
  18. Minyak argan dapat merangsang pertumbuhan kuku yang kuat dan cantik.

Nah, yang tersebut diatas adalah beberapa manfaat buah argan bagi tubuh. Buah argan diproses menjadi minyak yang memiliki banyak khasiat. Manfaat tersebut tidak hanya untuk kesehatan akan tetapi untuk kecantikan juga banyak manfaat. Semoga artikel ini bermanfaat juga bagi kita semua dan dapat menambah pengetahuan untuk semuanya.

, , ,
Oleh :
Kategori : Buah Buahan