4 Manfaat Melon Madu Untuk Kesehatan

Melon (Cucumis Melo L) merupakan salah satu buah kegemaran masyarakat Indonesia yang biasanya dikonsumsi secara langsung maupun di buat es buah. Buah yang termasuk dalam suku labu-labuan ini memiliki daging buah yang berwarna putih hingga merah dengan tekstur lunak. Rasa buah ini dapat dikatakan manis, renyah, nikmat dan segar dan aroma buah yang terbilangharum mengundang selera. Konon, melon berasal dari Mediterania dan menyebar ke wilayah Indonesia pada tahun 1980. Terdapat beberapa jenis melon yang sering dijumpai di masyarakat, yaitu:

  • Melon hijau
  • Melon jingga
  • Melon emas
  • Melon madu

Diantara beberapa jenis melon tersebut, melon madu merupakan jenis melon yang terasa lebih manis diantara beberapa jenis melon. Artikel ini akan membahas mengenai melon madu beserta manfaatnya.

artikel terkait:

Melon Madu

Melon madu (honedew melon) merupakan salah satu jenis melon yang memiliki rasa yang paling manis. Ciri fisik melon ini adalah kulit luar yang berwarna hijau keputihan dengan tekstur halus serta mengkilat. Daging buah melon madu berwarna hijau pucat tang menyerupai daging buah melon hijau.

Layaknya melon pada umumnya, melon madu juga memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh manusia. Berikut merupakan informasi mengenai nutrisi yang terkandung dalam buah melon yang akan dijelaskan dalam tabel berikut.

Tabel 1. Kandungan Nutrisi Buah Melon

Kandungan NutrisiJumlah
Energi52 kcal
Karbohidrat13,81 gr
Gula10,39 gr
Diet serat2,4 gr
Lemak0,17 gr
Protein0,26 gr
Air85,56 gr
Vitamin A equivalen3 mg
Vitamin B10,017 mg
Vitamin B20,026 mg
Vitamin B30,091 mg
Vitamin B50,061 mg
Vitamin B60,041 mg
Vitamin B93 mg
Vitamin C4,6 mg
Kalsium6 mg
Zat besi0,12 mg
Magnesium5 mg
Fosfor11 mg
Kalium107 mg
Seng0,04 mg

artikel terkait: manfaat sayur kangkungmanfaat omepros untuk asam uratmanfaat gandum hitam

Manfaat Melon Madu

Dikarenakan kandungan nutrisi yang terdapat pada buah melon, melon madu memiliki beberapa manfaat berikut yang baik untuk kesehatan diantaranya:

  • Membantu menurunkan berat badan

Melon madu memiiki kandungan diet serat, rendah lemak serta tinggi air sehingga akan membuat Anda merasa kenyang dan menunda lapar. Hal ini akan membantu Anda dalam proses menurunkan berat badan.

artikel terkait: manfaat alpukat mentega

  • Meredakan mulas

Konon sakit mulas ataupun maag dapat diredakan dengan cara mengkonsumsi melon madu. Hal ini dikarenakan melon madu memiliki kandungan air yang tinggi yang dapat memberikan efek menengangkan pada perut. Untuk memperoleh manfaat ini dari konsumsi buah melon madu, Anda dapat membuat jus melon tanpa gula.

artikel terkait: manfaat jeruk peras

  • Mencegah penyakit stroke

Melon madu memiliki kandungan kalium yang tinggi yang dapat membantu tubuh untuk mencegah penyakit stroke. Kalium sendiri merupakan komponen penting dari sel maupun cairan tubuh yang berguna untuk membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah sehingga penyakit stroke maupun jantung pun dapat dicegah.

artikel terkait: manfaat telur ikan


  • Membantu menyembuhkan penyakit ginjal

Konon, buah melon juga dipercaya memiliki daya dierik yang cukup bagus. Hal ini dapat membantu Anda dalam menyembuhkan penyakit ginjal serta membantu menyembuhkan penyakit eksim.

artikel terkait; manfaat jeruk perasmanfaat nanas merah

Demikian merupakan informasi yang dapat kami sampaikan mengenai manfaat melon madu. Setelah Anda membaca mengenai artikel ini, silahkan rajin-rajin untuk mengkonsumsi melon madu. Karena selain rasanya yang manis, melon madu juga memiliki beberapa manfaat yang baik untuk kesehatan Anda. Terimakasih telah membaca dan semoga bermanfaat.

, ,
Oleh :
Kategori : Buah Buahan