20 Manfaat Ketumbar Untuk Darah Tinggi Paling Ampuh

Darah tinggi merujuk pada kondisi tekanan darah yang tinggi pada seseorang. Tekanan darah tinggi (hipertensi) merupakn kondisi di mana tekanan darah pada pembuluh darah bersih meningkat. Menurut Riset Dinas Kesehatan (2013), penderita tekanan darah tinggi pasa usia lebih dari 18 tahun mencapai 25,8 persen dari jumlah keseluruhan penduduk Indonesia. Tekanan darah tinggi ini dapat dkatakan sebagai pembunuh diam-diam karena tidak memiliki gejala yang jelas namun menjadi penyebab kematian tertinggi di Indonesia.

Pengobatan tekanan darah tinggi dapat dilakukan dengan mengkonsumsi obat maupun non obat. Dari segi non obat, konsumsi ketumbar dipercaya dapat mebantu menurunkan tekanan darah.

artikel terkait:

Ketumbar

Ketumbar (coriandrum sativum) merupaka tumbuhan rempah-rempah populer dari Eropa Selatan yang buahnya biasa digunakan sebagai bumbu pelengkap masakan. Tanaman ketumbar merupakan terna/herba dengan tinggi sekitar 20-100 cm yang umumnya ditanam pada ladang dan pekarangan rumah. Daun ketumbar berbagi menyirip, tidak berambut, berseludung dan memiliki tepi berwarna putih. Sedangkan bunga ketumbar merupakan bunga majemuk berbentuk payung dengan tangkai bunga sepanjang 2-10 cm dan daun pembalut kecil. Mahkota bunga ketumbar berwarna merah muda atau merah pucat sepanjang 3-4 mm. Buah ketumbar berbentuk biji berukuran kecil dengan diameter 1-2 mm. Sebelum digunakan, biji ketumbar dikeringkan terlebih dahulu untuk kemudian dijual di pasaran.

Ketumbar memiliki kandungan yang cukup banyak. Kandungan tersebut antara lain sabienne, myrcene, A-terpinene, ocimene, lnalool, geraniol, dekanol, desilaldehida, trantridecen, asm petroselinat, asam oktadasenat, D-mannite, skopoletin, P-simena, kamfena dan felandren.

artikel terkait: manfaat akar wangimanfaat akar pepayamanfaat akar kelapa

Pemanfaatan ketumbar untuk darah tinggi

Meskipun seringnya digunakan sebagai bumbu masak, ternyata ketumbar dapat juga digunakan sebagai obat tradisional penurun tekanan darah pada penderita darah tinggi. Karena kandungannya, konon ketumbar dipercaya oleh masyarakat dapat berguna untuk membantu menurunkan tekanan darah pada penderita darah tinggi.


Ohya, kami sarankan Anda untuk menggunakan ketumbar yang masih orisinil tanpa pemrosesan bahan kimia yang biasanya berwarna buram. Biasanya, ketumbar di pasaran telah melewati proses pencucian dengan bahan kimia/pemutih untuk mendapatkan warna yang lebih bagus.

Untuk mendapatkan manfaat ketumbar untuk menurunkan tekanan darah tingi, Anda dpat membuat ramuan dari ketumbar dengan resep sebagai berikut.

  • Siapkan ketumbar sebanyak ¼ kg, cuci bersih
  • Rebus ketumbar dalam air hingga mendidih. Catatan: ada juga yang merebus air ketumbar dengan tambahan seledri
  • Apabila air rebusan ketumbar telah berubah warna menjadi kecoklatan, angkat air rebusan ketumbar dan saring untuk membuang ampas rebusan ketumbar
  • Minum air rebusan ketumbar secara rutin. Anda dapat meminum air rebusan ketumbar dalam keadaan dingin atau simpan air rebusan ke dalam lemari es agar dapat tahan lebih lama

Atau, Anda juga dapat membuat ramuan ketumbar dengan resep sebagai berikut.

  • Siapkan ketumbar bersih yang dapat Anda beli di minimarket, boleh Anda cuci terlebih dahulu
  • Ambil 2 sendo ketumbar dan masukkan ke dalam gelas
  • Tuangkan air panas ke dalam gelas berisi ketumbar dan tunggu hingga dingin
  • Anda dapat meminum air ketumbar ini sebanyak 1 kali sehari secara rutin
  • Ada baiknya konsumsi air ketumbar Anda hentikan sementara apabila tekanan darah Anda turun

artikel terkait:

Demikian merupakan informasi yang dapat kami sampaikan mengenai manfaat ketumbar untuk darah tinggi. Setelah membaca mengenai informasi ini, silahkan Anda praktekkan sendiri untuk meminum ramuan air ketumbar guna mengetahui hasilnya terhadap penurunan tekanan darah. Terimakasih telah membaca artikel ini dan semoga bermanfaat.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Wednesday 26th, October 2016 / 04:57 Oleh :
Kategori : Herbal