12 Manfaat Gandum Utuh Untuk Tubuh dan Kulit

Salah satu jenis makanan yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi baik anak anak atau orang dewasa adalah gandum. Mengkonsumsi gandum utuh menjadi cara terbaik untuk meningkatkan kesehatan sebab biji bijian mengandung serat, protein, vitamin B, sumber antioksidan dan juga beberapa jenis mineral seperti tembaga, zat besi, zinc dan juga magnesium. Gandum utuh memang terbilang mempunyai kualitas yang jauh lebih baik jika dibandingkan dengan gandum olahan karena nutrisinya yang belum terbuang. Selain beberapa nutrisi yang sudah dijelaskan diatas, dalam gandum utuh juga mengandung beberapa senyawa kimia yang sangat penting untuk tubuh seperti pati resisten yang sulit dicerna usus, polifenol seperti asam fenolik dan flavonoid yang penting untuk mencegah kerusakan tubuh, lignan yakni senyawa polifenol, saponin untuk anti kanker, alkylresocinols, asam fitat, inhibitor dan juga tocotrienol. Agar lebih jelas dan lengkap, berikut ini akan kami berikan ulasan tentang manfaat gandum utuh untuk tubuh yang mungkin beberapa diantaranya belum anda ketahui.

  1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Gandum utuh sangat penting untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi karena kandungan serat dalam gandum utuh bisa menyerap kolesterol jahat penyebab penyakit jantung secara menyeluruh. Dalam sebuah studi menyatakan jika seorang wanita yang mengkonsumsi 2 hingga 3 porsi gandum utuh bisa menurunkan 30% risiko serangan jantung atau bahkan meninggal dibandingkan dengan wanita yang tidak mengkonsumsi gandum utuh.

  1. Menurunkan Kadar Gula Darah

Gandum utuh mengandung karbohidrat kompleks yang sangat baik untuk mencegah diabetes karena mengandung serat tinggi namun rendah akan gula. Sehingga sangat disarankan untuk mengkonsumsi setidaknya 2 porsi gandum utuh per hari agar risiko diabetes bisa diturunkan.

  1. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Semua jenis biji bijian utuh seperti gandum utuh dengan kandungan serat tinggi sangat penting agar membuat pergerakan usus bisa selalu teratur. Dengan mengkonsumsi gandum utuh, diverticulosis yakni kondisi kantong kecil yang terbentuk pada dinding usus penyebab peradangan, sembelit, nyeri dan solusi diare bisa dicegah. Gandum utuh juga mengandung asam laktat yang bisa meningkatkan jumlah bakteri baik dalam usus besar sehingga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan penyerapan nutrisi dan juga membantu pencernaan secara  menyeluruh.

  1. Menurunkan Tekanan Darah

Gandum utuh tidak hanya berguna untuk menurunkan kolesterol dan trigliserida namun juga berguna untuk menurunkan tekanan darah salah satu penyebab penyakit jantung. Dalam penelitian juga dibuktikan jika mengkonsumsi gandum utuh secara teratur tidak hanya ampuh untuk menurunkan kolesterol darah, trigliserida, tekanan darah dan juga kadar insulin namun juga sekaligus bisa menurunkan risiko penyakit jantung.

  1. Meningkatkan Berat Badan

Seseorang yang rajin mengkonsumsi gandum utuh bisa mengalami peningkatan berat badan yang sehat dari waktu ke waktu dibandingkan yang tidak mengkonsumsi gandum utuh. Namun meski bisa meningkatkan berat badan, mengkonsumsi gandum utuh jauh lebih sehat jika dibandingkan dengan mengkonsumsi gandum olahan, nasi dan beberapa jenis sumber karbohidrat lainnya.

  1. Membuat Perut Kenyang

Berbanding terbalik dengan manfaat gandum utuh untuk meningkatkan berat badan, ternyata gandum utuh juga dapat menjaga berat badan anda karena bisa membuat perut kenyang lebih lama dibandingkan dengan biji bijian olahan lain seperti roti putih. Untuk itu, gandum putih sangat disarankan untuk dikonsumsi sebagai pengganti roti putih, nasi putih atau kentang saat anda sedang menjalani program diet.

  1. Mengatasi Peradangan

Asma menjadi salah satu masalah peradangan yang juga bisa diatasi dengan cara mengkonsumsi gandum utuh. Biji bijian utuh seperti gandum utuh ini bisa mengurangi tingkat protein C reaktif penyebab penyakit jantung dan diabetes sekaligus masalah kehamilan seperti kelahiran bayi prematur, preeklampsia dan juga masalah kesuburan dimana semuanya ini bisa diatasi dengan cara mengkonsumsi gandum utuh yang sekaligus juga bisa mengurangi rasa sakit karena radang.

  1. Menurunkan Risiko Kanker

Bukti lain membuktikan jika mengkonsumsi gandum utuh juga bisa dijadikan solusi kanker tertentu seperti kanker payudara, kolorektal serta pankreas. Untuk itu, kombinasikan mengkonsumsi gandum utuh bersama dengan buah dan sayuran untuk mendapatkan manfaat yang lebih maksimal.


  1. Mencegah Batu Empedu

Gandum utuh sangat penting dikonsumsi wanita karena bisa menurunkan risiko batu empedu karena mengandung serat tidak larut untuk mengurangi sekresi asam empedu sehingga sensitivitas insulin bisa ditingkatkan sekaligus menurunkan kadar trigliserida sehingga risiko batu empedu bisa dikurangi.

  1. Menjaga Kesehatan Kulit

Gandum utuh adalah sumber selenium tinggi yang sangat penting sebagai solusi kecantikan kulit seperti menjaga elastisitas kulit, melindungi radikal bebas dan bahkan melindungi tubuh dari kanker kulit.

  1. Meningkatkan Imun Tubuh

Gandum utuh menjadi makanan yang sangat bergizi karena bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh agar terhindar dari flu dan pilek, Zat besi dalam gandum utuh bisa meningkatkan volume darah, mencegah anemia sekaligus mencegah kelelahan. Selain itu, gandum utuh juga bisa meningkatkan fungsi ginjal serta perkembangan sel tubuh, sementara tembaga dalam gandum utuh bisa membentuk hemoglobin dan sel darah merah.

  1. Mencegah Osteoporosis

Dalam gandum utuh juga mengandung fosfor dan tembaga yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang secara menyeluruh sehingga apabila anda menderita osteoporosis disarankan untuk banyak mengkonsumsi gandum utuh. Dalam gandum utuh mengandung kalsium 11 kali lebih banyak dibandingkan dengan susu yang menjadi kunci penting dalam melindungi kesehatan tulang. Sedangkan mangan dalam gandum utuh bisa memproduksi tulang normal dan mencegah anemia defisiensi zat besi.

Manfaat gandum utuh untuk tubuh baik pria dan wanita sangat beragam mulai dari menjaga kecantikan kulit sampai mengatasi penyakit ringan dan berbahaya. Untuk menikmati gandum utuh agar bisa semakin nikmat, anda juga bisa menambahkan susu rendah lemak, buah buahan dan jenis sayur sayuran.

, , ,
Oleh :
Kategori : Makanan