5 Manfaat Kunir Asem untuk Kesehatan Tubuh

Jamu kunir asem atau kunyit asam merupakan salah satu jenis jamu yang populer di Indonesia. Minuman ini sudah digunakan sejak zaman dahulu secara turun-temurun dan terkenal dengan berbagai manfaatnya bagi kesehatan. Terbuat dari dua bahan utama yaitu kunyit dan asam jawa yang dikenal mengandung nutrisi yang baik bagi tubuh sehingga mengonsumsi campuran keduanya akan mendatangkan banyak manfaat pula.

Baca juga: manfaat jamu kunyit asam – manfaat jamu kunir asem

Kunyit atau kunir seperti yang diketahui merupakan tanaman obat sekaligus rempah-rempah yang digunakan sebagai bumbu masakan seperti gulai. Ia memiliki sifat dapat mengawetkan makanan secara alami sekaligus sebagai pewarna alami (warna kuning) pada masakan. Ada begitu banyak manfaat kunyit dan manfaat jamu kunyit yang sangat baik bagi kesehatan sehingga tumbuhan ini sangat baik untuk dikonsumsi.

Ada juga asem atau asam jawa yang juga banyak digunakan sebagai bumbu masakan dan penghilang bau amis pada ikan. Sesuai namanya asam jawa digunakan sebagai penambah rasa asam pada masakan seperti sayur asam dan kuah pempek. Asam jawa juga dimanfaatkan sebagai campuran jamu. Pemakaiannya yang sangat luas disebabkan cita rasa danmanfaat asam jawa. Selain buahnya bagian-bagian lain tumbuhan ini juga memiliki banyak manfaat baik manfaat daun asam jawa maupun manfaat biji asam jawa.

Selain sebagai jamu kunir dan asem juga dapat dimanfaatkan dalam bentuk makanan atau minuman olahan lain yang lebih kreatif sehingga kombinasi bahan-bahan sehat ini dapat dikonsumsi oleh lebih banyak orang. Berikut beberapa manfaat kunir asem sebagai makanan atau minuman olahan:

1. Minuman sari kunyit asam

Minuman ini merupakan hasil pengolahan dari sari kunyit dan asam yang direbus bersama air dan manfaat gula jawa untuk menambah rasa. Terutama sekali dimanfaatkan sebagai minuman antioksidan yang dapat menghambat perkembangan radikal bebas di dalam tubuh. Mirip seperti jamu kunir asem. Cara membuatnya sangat mudah:

  • Cuci 1 kg kunyit di bawah air mengalir hingga bersih.
  • Kemudian kunyit dikupas dan diiris tipis agar saripatinya lebih mudah keluar ketika direbus.
  • Masukkan kunyit tersebut dan 0,5 kg asam jawa ke dalam panci perebus kemudian rebus bersama 13% gula jawa dan 2 liter air.
  • Setelah itu air rebusan disaring untuk mendapatkan filtrat kunyit asam.
  • Filtrat ini kemudian direbus kembali hingga mendidih.
  • Setelah itu minuman ini dapat langsung diminum atau disimpan dalam wadah tertutup.

Baca juga:

2. Jelly drink kunyit asam

Agar lebih disukai semua kalangan seperti anak-anak kunyit asam juga diolah menjadi jelly drink atau minuman jelly. Yaitu minuman yang diberi bahan pengental sehingga minuman menjadi lebih elastis, mudah disedot, dan tidak mengendap. Mirip seperti minuman-minuman jelly yang beredar di pasaran namun tentu saja lebih kaya manfaat. Untuk membuat jelly drink kunyit asam diperlukan langkah-langkah berikut:


  • Campurkan bahan-bahan berupa 1 liter sari kunyit asam, karagenan atau bubuk agar-agar sebanyak 0,4%, serta gula sebanyak 10%.
  • Jika diperlukan dapat pula ditambakan pewarna dan penambah aroma.
  • Kemudian campuran ini dipasteurisasi atau dipanaskan selama 15-20 menit pada suhu 100 derajat celcius untuk memusnahkan berbagai kuman penyakit.
  • Setelah itu jelly drink kunyit asam siap disantap atau dikemas dalam wadah tertutup.

Baca juga:

3. Permen jelly kunyit asam

Masih dalam bentuk jelly, kunyit asam juga bisa diolah menjadi permen jelly sehingga dapat dikonsumsi sebagai camilan namun tentu saja camilan sehat karena berbagai kandungan manfaat kunyit dan asam jawa sebagai bahan utama dalam pembuatannya. Dengan tekstur yang kenyal dan rasa yang manis asam diharapkan permen jelly kunyit asam ini dapat dikonsumsi secara meluas di masyarakat sehingga manfaatnya juga bisa dirasakan oleh lebih banyak orang.

Pada dasarnya untuk membuat permen jelly ini dibutuhkan sari kunyit asam dan bahan pembentuk gel seperti gelatin, agar, atau karagenan, serta beberapa bahan tambahan lain. Jika anda ingin membuatnya di rumah berikut langkah-langkahnya secara detail:

Untuk membuat permen jelly kunyit asam kita membutuhkan dua adonan yang nantinya akan disatukan. Kedua adonan ini harus dimasak berbarengan sehingga setelah mendidih dapat langsBaca juga:ung diaduk atau dicampurkan.

  • Adonan 1 terdiri dari 250 gram rumput laut, 250 gram gula pasir,  500 gram sari kunyit asam, serta 0,5 sendok teh obat pengering permen. Bahan-bahan ini dimasak hingga mendidih dan mengental.
  • Sementara adonan 2 terdiri dari 250 gram sari kunyit asam, 20 gram bubuk jelly, serta 350 gram glukosa. Sama seperti adonan 1, adonan ini dimasak hingga mendidih dan mengental.
  • Kemudian keduan adonan dicampur dan bisa diberi pewarna agar kelihatan menarik.
  • Masukkan ke cetakan dan biarkan semalaman.
  • Kemudian potong permen jelly sesuai bentuk yang diinginkan, diberi taburan gula pasir, serta diangin-anginkan sampai kering. Permen jelly kunyit asam pun siap disantap.

Baca juga: manfaat rumput laut – manfaat rumput laut kering

4. Yoghurt kunyit asam rump

Selama ini kita mengenal yoghurt sebagai minuman hasil olahan dari susu dengan tekstur kental dan rasanya yang asam. Yoghurt juga dikenal sebagai minuman sehat sehingga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi. Bagi anda penggemar yoghurt maka anda dapat mencoba yoghurt hasil olahan dari kunyit asam yang juga tidak kalah bermanfaat. Hal ini didukung oleh kandungan dan sifat-sifat yang dimilikinya yaitu antioksidan yang tinggi, vitamin C, serta kandungan asam laktat yang merupakan senyawa antimikroba. Dengan bahan utama berupa sari kunyit asam, beberapa bahan tambahan lain, serta serangkaian proses maka terbentuklah yoghurt kunyit asam sebagai varian olahan kunyit asam yang kaya manfaat.

Baca juga: manfaat yoghurt – manfaat vitamin c

5. Es krim kunyit asam

Satu lagi camilan yang sangat disukai oleh semua kalangan yang dapat diolah dari sari kunyit asam adalah es krim. Ya, hampir semua orang menyukai es krim mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang tua. Untuk membuat es krim kunyit asam diperlukan bahan-bahan tambahan lain seperti susu skim, kuning telur, karagenan, gula pasir, dan shortening, selain tentunya bahan utama yaitu sari kunyit asam. Dengan melalui serangkaian proses seperti pasteurisasi, homogenisasi, aging, pembuihan, hingga pembekuan terciptalah es krim kunyit asam yang selain enak juga kaya manfaat.

Baca juga: manfaat es krim – manfaat gula batu

Itulah diantara manfaat kunir asem yang dapat diolah menjadi berbagai makanan atau minuman yang menarik sehingga bisa disukai oleh generasi muda zaman sekarang. Hal ini dapat menjadi peluang usaha bagi para pebisnis untuk membuka lini usaha batu mengenai makanan/minuman olahan dari kunir asem.

, ,
Oleh :
Kategori : Herbal