19 Manfaat Bekatul Beras Merah Untuk Diet dan kesehatan

Bekatul merupakan bagian terluar atau kulit ari beras merah yang dihasilkan dari proses penggilingan beras merah dengan bentuk serbuk halus berwarna cream atau coklat muda. Jika dalam beras putih sudah mengalami proses penggilingan sehingga kandungan seratnya ikut terbuang meskipun rasa nasi putih lebih nikmat. Manfaat bekatul beras merah sangatlah banyak dan berkhasiat untuk menjaga kesehatan tubuh dan pada kesempatan kali ini akan kami ulas secara lengkap untuk anda.

Artikel terkait:

  1. Meremajakan Usus Besar

Bekatul beras merah sangat berguna untuk meremajakan usus besar. Kandungan serat tinggi dalam bekatul ini akan berguna untuk mengatasi masalah pencernaan sekaligus membersihkan usus besar saat lemak menghambat kinerja usus tersebut. Oleh karena itu, mengkonsumsi bekatul beras merah sangatlah baik sebagai asupan serat alami tinggi untuk pria dan wanita dari berbagai usia dalam menjaga keseimbangan asam basa dan metabolisme tubuh.

  1. Memberikan Rasa Kenyang Lebih Lama

Bekatul beras merah mengandung karbohidrat kompleks yang akan menyuplai energi secara berkala di dalam tubuh sehingga membuat perut kenyang lebih lama. Kandungan karbohidrat yang terdapat dalam bekatul beras merah ini serupa dengan karbohidrat kompleks dalam oatmeal dan juga gandum.

  1. Mengandung Serat Tinggi

Bekatul beras merah menjadi salah satu makanan yang mengandung kadar serat tidak larut tinggi. Dalam satu sendok bekatul beras merah mengandung 6 persen kebutuhan harian tubuh Serat tidak larut ini akan membantu proses pencernaan dan membantu penyerapan nutrisi lebih baik. Selain itu, bakteri baik di saluran pencernaan juga akan semakin meningkat sehingga membantu penyerapan nutrisi penting dari asupan makanan.

  1. Mengatasi Sembelit

Bekatul beras merah juga sering digunakan untuk mencegah sembelit sekaligus menambah berat badan dan membuat perut kenyang lebih lama. Saat mengkonsumsi bekatul beras merah ini, pastikan juga untuk memperbanyak asupan cairan karena bekatul akan menyerap kandungan air di dalam tubuh dan bisa meningkatkan konstipasi.


  1. Mencegah Resiko Kanker

Dalam sebuah studi menunjukkan jika bekatul beras merah sangat baik untuk menurunkan resiko berbagai jenis kanker khususnya pada usus besar dan juga payudara.

Artikel terkait:

  1. Menurunkan Kadar kolesterol

Meningkatkan asupan bekatul beras merah juga berperan penting dalam menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Anda bisa mengkonsumsi 2 sampai 4 sendok makan bekatul beras merah per hari dan kemudian semakin ditambahkan  secara perlahan dalam asupan harian anda. Kandungan niasin tinggi dalam bekatul ini selanjutnya akan berperan dalam menurunkan resiko penyakit jantung dan juga kardiovaskular.

  1. Sumber Asam Amino Esensial

Mengkonsumsi 1 cangkir bekatul beras merah setiap hari akan memenuhi kebutuhan protein dan juga asam amino esensial sehingga sangat baik dikonsumsi oleh vegetarian. Kandungan protein tinggi dalam bekatul beras merah bisa dijadikan sumber protein terbaik setiap harinya.

  1. Tinggi Kandungan Magnesium

Bekatul beras merah juga mengandung magnesium tinggi yang berguna untuk meningkatkan fungsi otot serta saraf, menjaga sistem kekebalan tubuh, mengatur ritme detak jantung dan juga menguatkan tulang. Manfaat lain dari magnesium yang terkandung dalam bekatul beras merah adalah untuk menurunkan resiko penyakit jantung, regulasi tekanan darah dan juga mengurangi sindrom pramenstruasi.

  1. Mencegah Diabetes Tipe 2

Dari studi yang sudah dilakukan memberi bukti jika mengkonsumsi bekatul dan juga gandum utuh sangat baik untuk menurunkan resiko diabetes tipe 2. Mengkonsumsi setidaknya 2 porsi bekatul beras merah setiap hari dan dilakukan selama satu tahun akan memberikan banyak manfaat untuk kesehatan penderita diabetes dan efeknya bisa dirasakan untuk jangka panjang.

  1. Membantu Proses Penyembuhan Luka

Kandungan mangan dalam bekatul beras merah juga sangat penting dalam proses penyembuhan luka supaya bisa lebih ditingkatkan. Selain itu, kandungan mangan dalam bekatul beras merah juga berguna untuk membantu proses penyerapan nutrisi, perkembangan tulang, memberikan perlindungan antioksidan, anemia, arthritis, serangan epilepsi dan lain sebagainya.

  1. Mengatasi Gejala Menopause

Bekatul beras merah yang diekstrak menjadi minyak sangat baik dikonsumsi wanita yang sudah memasuki masa menopause. Mengkonsumsi ekstrak bekatul ini akan mengurangi hot flashes dan gejala menopause lainnya yang biasa dialami wanita sehingga sangat baik untuk di konsumsi sehari hari.

Artikel terkait:

  1. Mencegah Penuaan Dini

Kandungan vitamin E dalam bekatul beras merah sangat baik untuk mencegah kanker dan juga menjaga kesehatan kulit. Radikal bebas yang umumnya menyerang sel kulit ini akan meningkatkan tanda tanda penuaan dini dan untuk mencegahnya maka bisa dilakukan dengan mengkonsumsi bekatul beras merah secara teratur. Selain itu, bekatul beras merah juga berguna untuk menghaluskan kulit, mencegah timbulnya keriput dan memberikan perlindungan dari sinar UV matahari serta menjaga supaya racun dan patogen asing tidak masuk melalui kulit anda.

  1. Mengatasi Alergi

Menambahkan bekatul beras merah dalam makanan juga akan menenangkan sistem reaksi alergi dalam tubuh sekaligus mencegah timbulnya reaksi alergi lain yang tidak biasa.

  1. Menurunkan Berat Badan

Meskipun bekatul beras merah sangat tinggi akan kandungan kalori, namun bisa menyerap sampai 20 persen minyak yang terkandung dalam asupan makanan yang sudah anda makan. Ini membuat bekatul beras merah sangat baik dikonsumsi dalam program menurunkan berat badan anda.

  1. Meningkatkan Fungsi Organ Hati

Dalam bekatul beras merah juga ditemukan senyawa dan sifat sehat yang berbeda dimana mampu untuk meningkatkan kinerja dari fungsi hati sekaligus mencegah berkembangnya fatty liver hanya dengan mengkonsumsi bekatul ini secara teratur dalam asupan harian anda.


  1. Meningkatkan Kesehatan Rambut

Asam ferulic yang terkandung dalam bekatul beras merah ternyata juga sangat baik untuk menstimulasi pertumbuhan rambut. Selain itu, kandungan antioksidan, vitamin E, asam lemak omega 3 dan omega 6 akan memberikan nutrisi menyeluruh pada rambut untuk mencegah tumbuhnya uban prematur atau uban pada usia dini sekaligus mendapatkan tampilan rambut indah dan sehat sepanjang hari. Vitamin E yang terkandung dalam bekatul akan menutrisi kulit kepala secara mendalam sehingga rambut menjadi sehat dan lembut.

  1. Anti Inflamasi

Bekatul beras merah juga memiliki sifat anti inflamasi yang akan menenangkan kulit teriritasi, mengurangi eksim, menyembuhkan alergi kulit karena udara panas atau dingin serta menyembuhkan sel kulit yang mengalami kerusakan.

  1. Mencegah Jerawat

Ekstrak bekatul beras merah yang dijadikan minyak mengandung asam oleat seimbang dan juga asam linoleat serta asam palmiat tinggi yang berguna untuk mencegah timbulnya jerawat. Kulit yang berjerawat menunjukkan jika kulit kekurangan asam linoleat sehingga menggunakan ekstrak bekatul beras merah ini sangat baik untuk mengatasi masalah kulit berjerawat.

  1. Mengatasi Pegal Otot

Kandungan vitamin B15 pada bekatul beras merah cukup tinggi yang sangat dibutuhkan tubuh setiap harinya. Kandungan vitamin ini akan berperan penting dalam menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh dan menetralkan asam laktat yang menjadi penyebab dari pegal pada otot.

Artikel terkait:

Bekatul beras merah menjadi penganan baik untuk dikonsumsi setiap hari yang sangat berguna untuk menjaga kesehatan tubuh, kecantikan kulit an juga masalah rambut sekaligus menyembuhkan beberapa penyakit dari yang ringan sampai berat. Perbanyak konsumsi bekatul beras merah ini setiap hari untuk memperoleh kandungan nutrisi didalamnya.

, ,
Oleh :
Kategori : Makanan
Doctors Talks

Gigi berlubang bagian atas bisa menyebabkan Penyakit meningitis, Gigi berlubang bagian bawah bisa menyebabkan penyakit yang menyebabkan kematian mendadak, apa itu ? Simak penjelasan Drg. Albertus Andika berikut ini.