15 Manfaat Energi Matahari Bagi Kehidupan Di Bumi

Seperti yang kita ketahui bahwa matahari sebagai pusat tatasurya kita merupakan salah satu sumber energy panas yang kekal. Sebagai energy, sinar matahari ini tidak dapat dibentuk maupun dimusnahkan namun dapat diubah ke dalam bentuk lain. Nah diubah ke dalam bentuk lain ini dapat ditransfer manjadi salah satu sumber energy yang bermanfaat bagi kehidupan.

artikel terkait:

Selain menjadi sumber kehidupan bagi mahluk hidup di bumi, energy matahari kini telah banyak dimanfaatkan dalam berbagai hal untuk kepentingan manusia. Untuk mengetahui mengenai apa saja manfaat energy matahari, berikut kami sajikan pembahasannya untuk Anda. Adapun manfaat-manfaat energy matahari tersebut antara lain sbb :

1. Sebagai sumber energy yang tak terbatas

Energy matahari dapat menjadi sumber energy panas yang tak terbatas pada manusia karena tidak akan pernah habis meskipun dipakai berulang-ulang. Energy matahari berbeda dengan sumber energy yang terbuat dari fosil yang dapat habis sewaktu-waktu apabila persediaan fosil sudah tidak ada.

artikel terkait: manfaat biji bunga matahari untuk kesehatan

2. Sebagai pembangkit listrik tenaga matahari

Matahari merupakan salah satu sumber energy panas yang kekal di bumi. Dengan semakin berkembangnya teknologi yang diciptakan manusia, energy matahari dapat dimanfaatkan menjadi pembangkit listrik tenaga matahari. Listrik dari energy matahari ini cukup aman dan ramah lingkungan karena tidak menghasilkan polusi udara. Selama cahaya matahari masih ada, pembangkit listrik tenaga matahari ini akan selalu dapat dihasilkan.

artikel terkait: manfaat cahaya matahari

3. Sebagai pengatur tata surya

Matahari merupakan pusat tata surya kita di dalam galaksi bima sakti. Planet-planet, termasuk bumi, serta satelit yang berada di dalam tata surya ini akan berevolusi mengelilingi matahari. Hal ini dikarenakan adanya gravitasi yang terdapat pada matahari yang dapat membuat planet-planet tersebut mengelilingi matahari dan membentuk tatanan tata surya pada galaksi bimasakti.

artikel terkait: manfaat biji bunga matahari untuk kesehatan

4. Membantu proses pengeringan

Tidak perlu diragukan lagi bahwa energy matahari dapat membant proses pengeringan yang dilakukan manusia seperti mengeringkan baju, ikan asin, panen garm dsb. Selain itu, energy matahari ini juga dapat membantu penguapan pada permukaan berair dan pengkristalan hingga membentuk awan. Awan yang mengandung banyak air akan dapat menurunkan hujan yang berguna juga bagi kehidupan di bumi.

artikel terkait: 8 manfaat matahari bagi kehidupan manusia

5. Membantu proses fotosintesis

Sebagai salah satu sumber kehidupan, matahari memiliki peran yang besar dalam proses fotosintesis yang terjadi pada tanaman hijau. Selain dapat membantu tumbuh dan berkembangnya tanaman, proses fotosintesis nantinya juga akan menghasilkan oksigen yang sangat berguna bagi manusia dan hewan. Jadi dapat dikatakan bahwa matahari memiliki peranan yang sangat penting dalam kehidupan, terumata kehidupan manusia.

artikel terkait: manfaat hidup sederhana

6. Membantu kesehatan tulang

Energy matahari dapat berguna untuk menjaga kesehatan tulang secara alami. Sinar matahari ini dapat mengubah pro vitamin D dalam tubuh menjadi vitamin D yang sangat berguna untuk kesehatan tulang. Namun sinar matahari yang baik untuk kesehatan tulang ini ada waktunya, yaitu antara pukul 7 hingga kira-kira pukul 8.30 pagi. Maka tidak heran apabila banyak bayi, pasien pasca operasi maupun pemulihan dijemur dibawah sinar matahari pagi.

artikel terkait: manfaat batang bayam

7. Membantu manusia beristirahat dengan baik

Konon, seseorang yang terpapar sinar matahari kurang lebih 6 jam setiap harinya akan merasa lebih segar pada petang hari terlebih apabila terpapar sinar matahari pada sore hari. Kemudian setelah larut malam, seseorang tersebut akan merasa lebih mengantuk sehingga dapat beristirahat dengan baik.

artikel terkait: manfaat daun karsen untuk diabetes

8. Sebagai pereda rasa sakit

Siapa yang menyangka bahwa sinar matahari dapat digunakan sebagai analgesic atau pereda rasa nyeri? Ya! Beberapa penelitian yang telah dilakukan universitas-universitas ternama menunjukkan bahwa sinar matahari dapat digunakan sebagai pereda rasa nyeri. Hal ini ditunjukkan dari hasil penelitian terhadap pasien pasca operasi yang meras lebih nyaman dan tidak mudah stress setelah terpapar sinar matahari dibandingkan dengan pasien yang hanya tinggal di kamar.

artikel terkait: ikan dorang

9. Sebagai penerangan alami

Matahari dapat memberikan cahaya pada bumi sehingga tidak menjadi gelap gulita. Cahaya yang berasal dari matahari ini membantu mata kita untuk melihat lingkungan sekitar selain dari cahaya lampu. Meskipun demikian, cahaya lampu membutuhkan energy listrik lain agar menyala sedangkan sinar matahari tidak membutuhkan apapun.

artikel terkait: manfaat cuci muka

10. Membantu membakar lemak

Manfaat lain dari sinar matahari bagi manusia adalah membantu membakar lemak baik yang berada di bawah jaringan kulit maupun yang berujung pada penyakit jantung dan kolesterol. Cahaya matahari dipercaya dapat membantu meluruhkan dan menjauhkan berbagai macam penyakit akibat lemak serta dapat memaksimalkan fungsi metabolism tubuh.

artikel terkait: manfaat ampas bengkoang

11. Membantu menjaga temperatur tumbuhan

Bagi tumbuhan, cahaya matahari juga dapat berguna untuk menjaga temperaturnya agar tetap seimbang dan stabil. Temperature yang rendah akan membuat penguapan tumbuhan menjadi lama dan menjadikanya layu hingga mati. Sedangkan temperature yang tinggi akan membuat penguapan tumbuhan menjadi cepat sehingga menjadi kering.

artikel terkait: manfaat minum klorofil

12. Membantu mengatur masa hidup manusia

Telah disebutkan diatas bahwa matahari sangat berperan penting dalam kehidupan manusia. Melaui siklusnya, cahaya matahari secara tidak langsung mempengaruhi genom manusia untuk menentukan berapa lama ia akan hidup.

13. Membantu pertumbuhan bunga dan daun

Untuk tanaman, energi matahari juga dapat membantu dalam pertumbuhan Bunga dan daun. Warna merah yang menjadi salah satu panjang gelombang matahari ini dapat diserap oleh tumbuhan guna pertumbuhan bunga serta pelebatan daun.

14. Sebagai sumber nutrisi terbaik tumbuhan

Cahaya matahari dapat menjadi sumber nutrisi terbaik bagi tumbuhan. Hal ini ini berdasarkan sebuah percoban dengan menyimpan tumbuhan pada ruangan tertutup dengan cahaya buatan. Meskipun tumbuhan masih dapat tetap tumbuh dengan cahaya buatan tersebut, namun ia tidak mendapatkan energy sebaik energy dan nutrisi yang berasal dari cahaya matahari.

15. Membantu mengeringkan tanah

Beberapa jenis tumbuhan seperti bunga matahari sangat membutuhkan cahaya matahari dalam proses pertumbuhannya. Penanaman bunga matahari ini memerlukan tanah yang kering ketika persebaran biji dikrenakan ia akan mudah layu dan mati apabila tumbuh dalam tanah yang lembah. Nah dalam pengeringan tanah untuk menanam bunga matahari ini diperlukan cahaya matahari.

artikel terkait: manfaat kotoran puyuh

Demikian merupakan informasi yang dapat kami sampaikan mengenai manfaat energy matahari di bumi. Setelah membaca mengenai artikel ini, semoga hal ini dapat menambah pengetahuan Anda ya para pembaca setia.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Tuesday 24th, January 2017 / 03:01 Oleh :
Kategori : Alam