20 Manfaat Tahu Goreng untuk Tubuh

Tahu adalah makanan sederhana berbahan dasar kedelai yang merakyat dan mudah didapat di pasar atau tempat lain dengan harga yang relatif bersahabat. Namun tahu memiliki kandungan gizi yang baik bagi penunjang kesehatan tubuh sehari hari.

kandungan gizi yang terdapat pada tahu antara lain:

  • Energi 32 kilo kalori
  • Protein nabati bebas lemak 1,4 gr
  • Klsium 21,2 mg
  • Zat  besi 0,13 mg
  • Karbohidrat utuh hanya 0,3 gr
  • Lemak tak jenuh 2,8 gr
  • Vitamin B komplek, vitamin E,
  • serat pangan,
  • Mengandung keratin.

Beberapa jenis minyak yang menyehatkan untuk menggoreng tahu

  1. Minyak kelapa sawit
  2. Minyak zaitun (olive oil)
  3. Minyak jagung

Ketiga jenis minyak adalah minyak sehat yang rendah kalori. Minyak kelapa sawit, zaitun dan minyak jagung tersebut tidak meningkatkan kadar kolesterol dalam darah dan tidak mengakibatkan penyumbatan pada pembukuh darah, karena minyak minyak tersebut memiliki kandungan minyak tak jenuh dan omega 3 yang baik untuk kesehatan.

Gunakan minyak tersebut dengan sekali pakai dan tidak digunakan untuk menggoreng beberapa bahan masakan yang berbeda yang berulang ulang kali. Hindari pemakaian minyak bekas yang sudah berhari hari disimpan, karena minyak bekas telah mengandung kolesterol jahat, minyak trans dan telah terkontiminasi radikal bebas.

Berikut ini sejumlah manfaat tahu goreng :

1. Mengurangi kadar kolesterol dalam darah

Tahu mempunyai kandungan asam linoleat dan bertindak sebagai sumber lesitin yang dapat melingdungi metabolisme dari kerusakan akibat serangan radikal bebas.

2. Bersifat Anti kanker Endometrium

Didalam tahu terkandung kedelai yang mampu menghambat pertumbuhan sel kanker endometrium pada wanita lansia pasca menoupause sehingga  walaupun dalam keadaan menoupause wanita akan tetap terlihat bugar dan sehat.

3. Dapat mencegah dan menyembuhkan asam urat

Tahu mempunyai zat protein yang dapat menurunkan kadar zat purin yang ada dalam tubuh dan memperbaiki jaringan asam urat agar tetap sehat dan seimbang.

4. Mencegah Anemia pada orang dewasa

Tahu mempunyai kadar manfaat zat besi yang tinggi yang mampu menjaga dan meningkatkan sel-sel darah merah pada orang dewasa. Misalnya kesehariannya kurang tidur, kelelahan, perjalanan jauh, kurang asupan gizi karena pekerjaan yang menyita banyak tenaga karena tuntutan kerja dan lain lain.

5. Memperpanjang umur

Mengkonsumsi tahu setiap hari sangat baik. Karena dapat mengalami peningkatan kesehatan paru-parunya dan memperpanjang umurnya karena kualitas hidupnya menjadi lebih baik.

6. Menyehatkan jantung

Kedelai yang ada pada tahu mempunyai kemampuan menekan dan menghancurkan gumpalan kolesterol. Sumbatan lemak jenuh di dalam pembuluh arteri menuju jantung, sehingga dapat terhindar dari penyakit  jantung atau kardiovaskular.

7. Memperlancar masuknya Oksigen dalam tubuh

Kandungan kedelai yang tinggi protein dan Vitamin B kompleknya dapat menyehatkan hemoglobin. Mampu mengangkut serta mengedarkan oksigen dalam jumlah yang memadai ke dalam semua jaringan tubuh. Selain itu, manfaat tahu goreng memiliki kandungan zat besi dimana hemoglobin dalam darah dapat terbentuk karena zat besi itu sendiri.

8. Memperlambat proses penuaan

Tahu memiliki kandungan Isoflavon yang ampuh dalam menghambat efek buruk radikal bebas yang ada didalam aliraan darah. Pada kolagen kulit  dan permukaan kulit sehingga mampu mencegah penuaan dini pada wanita .

9. Dapat mencegah kanker payudara

Kandungan nutrisi yang ada pada tahu dapat meningktakan hormon estrogen pada wanita. Kandungan isoflavon yang ada didalamnya mengandung hormon estrogen yang kuat yang dapat mencegah tumbuhnya sel kanker payudara.

10. Mengurangi resiko penyakit gula

Protein yang bebas lemak yang ada pada kedelai dapat bermanfaat mengurangi resiko tubuh terserang diabetes. Karena manfaat protein tersebut mampu menekan laju jalan kadar gula berlebih didalam darah.

11. Mencegah serangan Osteoporosis

Kedelai mempunyai kandungan kalsium tinggi yang dapat menperkuart tulang, memadatkan tulang dan memperbaiki massa tulang agar terap sehat dan terhindar dari pengeroposan. Tahu sangat baik dikonsumsi sejak usia dini agar kasus osteoporosis dapat dicegah lebih awal.

12. Sebagai energi cadangan

Ketika tubuh kelelahan karena aktifitas rutin yang menuntut bayak tenaga dan pikiran maka energi akan banyak yang terbuang sehingga tubuh kehilangan stamina dan kebugarnnya, untuk mempertahankan tubuh agar tetap fit bertenaga, karbohidrat sehat yang ada pada tahu dapat memberikan energi cadangan yang dibutuhkan tubuh.

13. Dapat mengontrol berat badan

Tahu mempunyai nutrisi yang rendah kalori yang dapat dijadikan sebagai asupan makanan untuk program diet seimbang atau diet rendah kalori. Tahu sangat cocok dikonsumsi oleh orang orang yang memiliki berat badab over besar atau obesitas.

14. Sebagai obat sembelit

Untuk bayi atau balita yang kesulitan buang air besar, sebaiknya memberikan asupan tahu lebih sering untuk menu makanannya sehingga mereka dapat terhindar dari sembelit yang berkepanjangan. Manfaat tahu goreng yang sehat, mengandung serat pangan yang baik yang mampu mengatasi masalah sembelit pada anak anak.

15. Meningkatkan kesehatan janin

Tahu mempunyai kandungan asam folat yang baik bagi perkembangan tubuh janin selama berada dikandungan. Asam folat dapat meningkatkan kinerja jantung dan memadatkan tulang bayi sehingga massa tulangnya selama masa kehamilan menjadi lebih sehat dan terhindar dari kecacatan.

16. Dapat mencegah pendarahan pada sendi

Tahu mempunyai zat asam linoleat yang kuat yang dapat mencegah pendarahan padaa sendi yang menjadi penyebab munculnya penyakit rematik.

17. Kulit tubuh semakin sehat

Asam linoleat pada kedelai dapat mencegah kekeringan dan kulit kusam karena tubuh yang sering terpapar sinar matahari siang. Mampu menjaga air alami yang ada dibawah kulit, sehingga kulit tubuh tetap lembab dan sehat.

18. Mencegah kuku terserang kerapuhan

Asam linoleat yang bekerja sama dengan zat kalsium pada tahu dapat memperbaiki struktur kuku kaki dan tangan agar senantiasa lembab dan terhindar dari kerapuhan. Hal ini mudah terjadi hanya karena paparan sinar matahari dan akibat pemakaian cat kulit yang salah.

19. Menyehatkan jaringan otak

Asam linoleat dan omega 3 serta kalsium dapat bergabung untuk memperbaiki jaringan otak yang tidak sehat akibat benturan, hantaman atau karena asupan gizi yang tidak memadai.

20. Baik bagi kesehatan jaringan mata

Omega 3 yang ada pada tahu dapat mempertahankan intensitas penglihatan mata menjadi lebih baik dan sekaligus melindungi kerusakan pada retina dan kornea mata karena serangan cahaya yang mengandung radiasi elektromagnetik dari layar komputer atau televisi.

Cara Sehat Penyimpanan dan Pengolahan Tahu

  1. Jangan pernah biarkan tahu disimpan terlalu lama pada lemari es , karena dapat mengurangi zat protein dan serat pagannya ketika diolah menjadi menu makanan. Sebaiknya letakkan pada ruangan yang mempunyai udara alami (diluar lemari es )
  2. Tahu lebih sehat jika dimasak dengan cara dipepes,  mengukus atau dipanggang dengan menggunakan wajan yang berisikan beberapa tetes minyak zaitun dengan besar  api yang sedang.
  3. Untuk bayi dan anak anak yang masih dalaam masa pertumbuhan hendaknya memepes tahu yang ditambahkaan dengan sayuran , telur, daging yang disuir suir atau sebagai lauk dari gandum.
  4. Tidak memberi tambahan garam yang berlebih pada tahu didalam pengolahannya karena dapat mengurangi manfaat Vitamin B komplek yang ada pada tahu itu sendiri sehingga kandungan nutrisi lain dapat ikut berkurang.
  5. Jangan biarkan tahu diletakan pada tempat yang dekat toilet, alam terbuka ataaun lantai karena dapat terkontiminasi dengan radikal bebas disekitarnya. Tahu mempunyai sifat cepat menyerap partikel halus yang dihasilkan dari udara termasuk menyerap asap , debu dan lain lain.
  6. Kualiitas tahu tergantung pada pemakaian ragi, jika ragi yang digunakan adalah kualitas terbaik maka tahu yang dihasilkan juga akan baik, maka jangan biarkan tahu terpapar sinar matahari terlalu lama karena dapat merubah ragi yang sebenarnya berkualitas baik didalam tahu tersebut menjadi tidak baik karena nutrisi yang ada didalamnya akan menguap ke udara bersama sinar matahari yang bersifat menyerap.

Tahu adalah makanan yang termasuk tidak banyak disukai masyarakat karena rasnya yang cenderung tawar. namun mengingta gizinya aayang tinggi layak dimasukkan sebagai menu makanan harian untuk pemenuhan protein harian. agar tahu menarik minat untuk dikonsumsi lebih baik olahlah tahu menjadi makanan dalam bentuk yang berbeda dengan citarasa yang lebih nikmat, misalnya dibuat menjadi pepes tahu yang telah dicampurkan dengan daging ikan, daging ayam atau telur.

, ,
Oleh :
Kategori : Makanan
Doctors Talks

Gigi berlubang bagian atas bisa menyebabkan Penyakit meningitis, Gigi berlubang bagian bawah bisa menyebabkan penyakit yang menyebabkan kematian mendadak, apa itu ? Simak penjelasan Drg. Albertus Andika berikut ini.