14 Manfaat Kentang Hitam yang Luar Biasa Bagi Tubuh

Seperti namanya, kentang hitam memiliki warna kulit hitam dengan ukuran sekitar ibu jari kaki orang dewasa. Kentang hitam ini biasa dikonsumsi dengan cara kukus atau campuran dalam makanan dengan rasa yang tidak jauh berbeda dengan kentang biasa. Meski memiliki rasa yang hampir serupa dengan kentang biasa, namun kandungan gizi dan kegunaan dari kentang ini ternyata lebih besar jika dibandingkan dengan jenis kentang lainnya. Dalam kentang hitam mengandung sumber antioksidan antiproliferasi yang sangat tinggi serta beberapa senyawa lain seperti flavonoida, saponin dan juga polifenol. Sedangkan untuk bagian kulitnya mengandung 4x gizi lebih tinggi dibandingkan dengan daging umbi. Kentang hitam ini juga sangat cocok dijadikan pengganti nasi karena mengandung karbohidrat yang sangat tinggi. Untuk mengetahui apa saja manfaat kentang hitam untuk tubuh, berikut kami punya informasi menarik yang penting untuk anda ketahui.

  1. Sumber Energi

Dalam kentang hitam mengandung karbohidrat tinggi sehingga sangat cocok dijadikan pengganti nasi sebagai variasi. Tingginya kandungan karbohidrat dalam kentang hitam membuat umbi ini bisa digunakan sebagai sumber energi tubuh dalam aktivitas dan menjalankan fungsi tubuh sehari hari.

  1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Kandungan kalori dalam kentang hitam ini berguna untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam tubuh. Agar hasilnya bisa lebih maksimal, maka disarankan untuk mengkonsumsi kentang hitam ini secara teratur.

  1. Meningkatkan pH Tubuh

Manfaat potasium yang terkandung dalam kentang hitam bahkan lebih tinggi 2 kali lipat jika dibandingkan dengan 1 buah pisang. Kandungan potasium dalam kentang hitam ini sangat penting karena bisa meningkatkan pH dalam tubuh agar tetap seimbang.

  1. Mengontrol Tekanan Darah

Untuk para penderita tekanan darah tinggi atau hipertensi juga bisa mengkonsumsi kentang hitam ini sebab bisa dijadikan makanan alternatif untuk menjaga kestabilan tekanan darah. Selain itu, kentang hitam juga sangat dianjurkan bagi seseorang yang sedang menjalani program diet karena masuk dalam daftar makanan yang mengandung rendah kalori.

  1. Membantu Perkembangan Otak

Tidak hanya orang dewasa saja yang disarankan untuk mengkonsumsi kentang hitam, namun anak anak yang masih dalam masa pertumbuhan juga bisa mengkonsumsi umbi unik ini untuk mendukung perkembangan sel saraf otak. Hal ini bisa terjadi karena di dalam kentang hitam mengandung lysine yang bisa membantu pertumbuhan otak agar lebih maksimal.

  1. Mengatasi Peradangan

Apabila seseorang sedang mengalami peradangan baik di bagian dalam atau luar tubuh, maka mengkonsumsi kentang hitam juga sangat dianjurkan. Tekstur kentang hitam yang sangat lembut dan mudah dicerna nantinya bisa mengurangi rasa sakit serta peradadangan dalam sistem pencernaan dan juga usus.

  1. Pencegahan Terhadap Memar

Jus dari kentang hitam bahkan sangat ampuh digunakan untuk mempercepat proses penyembuhan luka bakar, keseleo, memar dan juga bisul. Beberapa penyakit ini nantinya bisa sembuh dengan cepat karena kemampuannya dalam mengatasi segala gangguan yang terjadi di kulit.

  1. Mengatasi Batu Ginjal

Batu ginjal bisa terjadi karena kadar asam urat yang meningkat di dalam aliran darah sehingga menumpuk dan berubah menjadi kristal. Dokter nantinya akan menyarankan penderita untuk lebih banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung manfaat zat besi dan kalsium seperti yang terkandung di dalam kentang hitam.

  1. Menurunkan Stres Berlebihan

Dalam kentang hitam juga mengandung vitamin B6. Zat ini dibutuhkan tubuh agar bisa meningkatkan proses pembaharuan sel sehingga stres pada tubuh dan juga pikiran bisa dikurangi. Mengkonsumsi kentang hitam nantinya juga bisa membantu hormon adrenalin agar bisa merespon stress dengan baik dan hasilnya pikiran anda bisa lebih tenang.

  1. Membantu Proses Detoksifikasi

Zat flavonoid dan serat tinggi dalam kentang hitam menjadi kombinasi super yang bisa mendukung manfaat detoksifikasi dalam tubuh. Kandungan dalam kentang hitam bisa mengeluarkan racun dari dalam tubuh secara maksimal lewat air seni, buang air besar dan juga keringat.

  1. Mencegah Kanker

Kentang hitam juga sudah melewati beberapa penelitian dan terbukti menjadi salah satu solusi kanker yang sangat baik dikonsumsi karena kandungan antioksidan seperti phenol dan juga flavonoid. Dari penelitian yang dilakukan di Malaysia terbukti jika ekstrak kentang hitam yang diolah dan ditambahkan dengan pelarut klorofom bisa menghasilkan senyawa yang bisa digunakan sebagai anti tumor. Sedangkan dalam studi berbeda dibuktikan jika dalam kentang hitam mengandung senyawa asam ursolat dan asam oleanolat yang bisa dijadikan anti tumor alami.

  1. Mencegah Penyakit Jantung

Seperti yang kita ketahui, darah tinggi sangat berbahaya dan menjadi penyebab beberapa penyakit seperti diabetes, gangguan pencernaan, masalah keseimbangan nutrisi, penyakit kardiovaskular dan sebagainya. Selain mengandung vitamin B Kompleks dan C, dalam kentang hitam juga mengandung manfaat serat dan mineral serta beberapa zat tertentu yang disebut dengan karotenoid untuk menjaga kesehatan jantung serta fungsi organ internal lain.

  1. Mengatasi Diare

Kentang hitam sangat baik dikonsumsi karena bisa dijadikan sumber energi sekaligus sebagai solusi diare alami karena sangat mudah dicerna dan mengandung serat halus. Namun meskipun bisa mengatasi diare, dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi berlebihan karena bisa memperburuk diare akibat mengkonsumsi pati terlalu berlebihan.


  1. Mengatasi Rematik

Manfaat magnesium dan kalsium dalam kentang hitam bisa membantu seseorang yang menderita rematik. Air dari rebusan kentang hitam ini sangat ampuh untuk meredakan rasa sakit dan juga peradangan rematik.

Meski warna hitam pekat pada kulit kentang ini terlihat sedikit menyeramkan dan masih terbilang jarang dikonsumsi masyarakat Indonesia, namun ternyata kandungan nutrisi dalam kentang hitam sangatlah tinggi yang bahkan melebihi dari jenis jenis kentang lainnya.

, , ,
Oleh :
Kategori : Makanan