5 Manfaat Utama Sirih Hitam sebagai Obat Herbal

Daun sirih hitam, atau yang orang Jawa biasa menyebut dengan sirih ireng, sebenarnya tidak benar-benar berwarna hitam, namun hijau yang sangat gelap hingga cenderung seperti berwarna hitam. Sirih hitam sendiri tidak benar-benar ada dan merupakan mitos belaka.

Artikel terkait daun sirih:

Tapi jangan khawatir, kami akan tetap memaparkan manfaat daun “sirih hitam” ini untuk Anda karena ternyata, selain sebagai tanaman hias (karena tumbuhnya merambat), daun ini dapat digunakan pula sebagai obat herbal dan sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Berikut kami paparkan 5 manfaat utama sirih hitam ini bagi kesehatan dan cara pemanfaatannya sebagai obat herbal:

1. Baik untuk Pencernaan

Anda akan terkejut mengetahui betapa efektifnya daun ini untuk mengobati masalah pencernaan. Gunakan daun sirih yang berwarna hijau gelap ini dengan biji carom dan sejumput garam. Saat Anda kembung, yang biasanya terjadi akibat mengonsumsi makanan berminyak atau kebanyakan makan di luar, Anda akan sering bersendawa, merasa tidak nyaman di bagian perut, dan tidak lapar. Pengobatan dengan daun sirih ini akan menghilangkan semua gejala tadi. (Baca Juga: Manfaat daun sirih untuk wajah , Manfaat daun sirih untuk mata)

Biji carom dan daun sirih sangat baik untuk mengatasi masalah pencernaan bila dikombinasikan. Ambil sehelai daun sirih segar, tambahkan biji carom dan sejumput garam. Gulung daun dengan biji dan garam di dalamnya lantas kunyah dan telan dengan dibantu segelas air. Usahakan untuk menggunakan daun sirih yang segar. Pengobatan ini juga dapat digunakan pada anak-anak. Mengapa Anda meminum antacid bila pengobatan sesimpel dan seefektif ini juga bisa memberikan kelegaan di perut Anda?

Artikel terkait pencernaan:

2. Baik untuk Mengatasi Demam

Daun sirih sangat baik untuk mengatasi demam dan cara menggunakannya adalah dengan mengekstrak daun sirih. Anda masih harus menggunakan daun sirih yang masih segar untuk membuatnya. Tumbuk daun sirih dengan air mendidih dan ambil ekstraknya. Tambahkan bubuk merica dan sejumput bubuk jahe kering. Obat telah jadi dan siap digunakan!

Anak-anak di atas usia tiga tahun dapat meminum 1 sdt ramuan ini untuk melegakan sesak nafas, sedangkan orang dewasa dapat mengambil 2 sdt. Perhatikan bahwa daun sirih sendiri sudah terasa pedas, sehingga gunakan sedikit saja bubuk merica dan jahe.

Baik pula untuk mengatasi demam:

3. Baik untuk Sakit Kepala

Ternyata menggunakan daun sirih untuk mengatasi sakit kepala telah digunakan sejak dari dulu. Anda cukup menempelkan daun sirih segar, atau ekstrak daun sirih, di pelipis Anda, untuk mencegah/mengatasi sakit kepala. Untuk membuat ekstraknya, tumbuk daun sirih dengan sedikit air mendidih lalu peras dan ambil airnya. Tambah sedikit minyak esensial pada ekstrak tadi. Oleskan campuran ini di pelipis Anda untuk meredakan sakit kepala. Anda juga dapat merebus daunnya dan menghirup uap yang muncul dari didihan daun sirih tersebut.

Baik pula untuk sakit kepala:

4. Baik untuk Menangkal Racun

Daun sirih dan biji merica adalah kombinasi ajaib yang dapat digunakan untuk berbagai macam hal. Bila Anda disengat sesuatu saat Anda baru berada di luar, lantas bagian tubuh Anda gatal dan mulai bengkak, bisa jadi hal tersebut tidak berbahaya dan akan hilang dalam beberapa jam. Namun bila sengatan cukup parah, pengobatan herbal macam daun sirih ini bisa sangat membantu.

Daun sirih dan biji merica adalah antidot natural untuk racun serangga. Ambil selembar daun sirih dan letakkan 4-5 biji merica di tengahnya, gulung daun, lipat, dan kunyahlah. Pengobatan ini juga dapat dilakukan pada anak-anak. Anda dapat pula merebus dua bahan tadi dalam satu cangkir air hingga volume air berkurang separuh, saring, dan gunakan untuk mengatasi sembelit. (Baca Juga: Manfaat daun sirih bagi wanita , Manfaat daun sirih untuk maag)

5. Baik untuk Penggunaan Luar: untuk Jerawat, Kulit

Daun sirih juga merupakan antiseptik, sehingga dapat digunakan untuk merawat jerawat yang muncul di wajah, luka kecil, dan bahkan bisa digunakan untuk sakit perut pada bayi. Untuk merawat jerawat, buat tumbukan daun sirih dengan air mendidih, buat hingga menjadi pasta/kental, lalu oleskan pada bagian wajah yang berjerawat. Sebagai tindakan pencegahan, Anda juga dapat membuat air rebusan daun sirih, setelah air dingin, gunakan untuk mencuci wajah. Rebusan ini juga baik untuk dikumur untuk mengatasi sakit tenggorokan.

Baca juga:

Tumbukan daun yang kental tadi juga dapat digunakan untuk mengatasi penyakit kulit semacam psoriasis dan eksim. Daun sirih dapat digunakan untuk mengatasi sakit perut pada bayi. Pijat dengan lembut bagian bawah perut bayi dengan minyak castor, Anda juga dapat mengoleskan minyak castor pada daun sirih, lantas hangatkan daun tadi di bawah lampu, misalnya, lalu letakkan di abdomen bayi. Kompresan ini bisa membuat bayi merasa nyaman, tapi berhati-hatilah karena rasanya bisa menjadi panas. Periksa dulu seberapa panas daun sirih tadi sebelum meletakkannya di perut bayi Anda. (baca Juga: manfaat yoghurt)