17 Manfaat Asam Gelugur untuk Diet dan Kesehatan

Asam gelugur atau yang disebut juga dengan asam keping selama ini dikenal sebagai salah satu bumbu dapur yang digunakan dalam bentuk yang sudah dikeringkan. Biasanya dimasukkan dalam gulai atau asam pedas untuk memberikan rasa asam, menyedapkan masakan, serta menghilangkan amis pada ikan yang diolah. Sementara pucuknya yang masih muda juga enak dikonsumsi sebagai campuran dengan sambal terasi. Ya, asam gelugur memang lebih banyak dimanfaatkan sebagai bumbu atau campuran masakan oleh masyarakat melayu.

Baca juga: manfaat garcinia cambogia extract – manfaat daun asam

manfaat asam gelugur

Namun tahukah anda bahwa buah yang bentuknya mirip dengan labu ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan menurunkan berat badan. Buah ini dapat dikenali dari warnanya yang hijau serta rasanya yang sangat asam dan sedikit manis. Saat sudah tua buahnya akan terlihat berwarna kuning keemasan. Untuk mengeringkannya asam gelugur diiris tipis dan dijemurnya selama kurang lebih seminggu hingga 12 hari. Setelah itu warnanya akan berubah menjadi coklat.

Baca juga: manfaat labu kuning – 15 manfaat labu siam bagi kesehatan

Bagian asam gelugur yang biasanya dimanfaatkan sebagai obat alami untuk menjaga kesehatan dan mengatasi berbagai penyakit adalah bagian daun, bunga, dan buah. Dengan kandungan berbagai vitamin, mineral, serta senyawa-senyawa penting seperti HCA atau acid hydroxyl citric, serat, hidroksi sitrik, flavonoid, asam askorbat, dan asam tartarat ada banyak manfaat yang bisa kita peroleh diantaranya:

1. Menurunkan berat badan

Mengonsumsi air rebusan asam gelugur dapat membantu menurunkan berat badan sehingga cocok menjadi salah satu menu diet anda. Bahkan di Eropa ekstrak asam gelugur digunakan dalam produk penurun berat badan. Kandungan HCA yang tinggi pada asam gelugur dapat membantu menekan nafsu makan serta mencegah pembentukan lemak dari asupan gula dan karbohidrat yang dikonsumsi.

Baca juga: manfaat kulit manggis untuk menurunkan berat badan

2. Mengatasi hipertensi

Kadar tekanan darah yang berada di atas normal sangat berbahaya bagi kesehatan karena dapat menyebabkan timbulnya penyakit-penyakit lainnya seperti serangan jantung dan sindrom metabolik. Selain menggunakan manfaat daun seledri bagi penderita hipertensi kita juga dapat menggunakan asam gelugur untuk mengatasinya.

3. Mengatasi kencing manis

Penyakit lain yang juga bisa diatasi dengan mengonsumsi asam gelugur adalah kencing manis atau diabetes melitus. Dengan mengonsumsi buah yang rasanya sangat asam ini dapat membantu menghambat pembentukan gula sederhana dari karbohidrat yang kita konsumsi sehingga tidak langsung menaikkan kadar gula dalam darah.

Baca juga: manfaat daun ceri untuk diabetes

4. Meningkatkan nafsu makan

Asam gelugur juga baik ditambahkan pada makanan sehingga dapat meningkatkan nafsu makan. Apalagi pada anak-anak yang malas makan sehingga kebutuhan nutrisinya tetap terpenuhi.

Baca juga: manfaat daun adas

5. Baik untuk kesehatan jantung

Asam gelugur juga sangat baik bagi kesehatan jantung karena ia mencegah jantung dari berbagai masalah kesehatan sehingga jantung menjadi sehat dan dapat menjalankan tugasnya dengan baik.

Baca juga: manfaat daun kelor


6. Mencegah pertumbuhan tumor

Dengan mengonsumsi asam gelugur dapat membantu mengontrol sel-sel tubuh agar tidak berkembang secara abnormal sehingga menjadi tumor. Meskipun tumor tidak seganas kanker namun tetap saja tumor lah yang menjadi cikal bakal berkembangnya sel kanker.

Baca juga: manfaat daun sirsak untuk tumor

7. Mengatasi cacingan

Kurang terjaganya kebersihan pada diri seseorang dapat menimbulkan berbagai penyakit salah satu cacingan. Dimana di dalam tubuhnya hidup dan berkembang cacing seperti cacing pita dan cacing tambang yang masuk atau terbawa ke dalam tubuh. Meskipun telah tersedia manfaat obat cacing namun kita juga dapat menggunakan cara alami untuk mengatasi cacingan yaitu dengan mengonsumsi asam gelugur.

8. Mengatasi sakit gusi

Asam gelugur juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati gusi yang sedang sakit. Caranya dengan menyelipkan potongan asam gelugur yang telah dicuci bersih pada sela-sela antara gusi dan pipi selama lebih kurang 15 menit. Setelah itu keluarkan dan buang asam gelugur tersebut serta kumur-kumur dengan air hangat.

Baca juga: manfaat air garam untuk gusi bengkak

9. Mengurangi kebuncitan

Selain menyebabkan kita sulit mencari pakaian yang sesuai memiliki perut buncit juga dapat mengganggu penampilan sehingga membuat seseorang tidak percaya diri. Untuk mengatasinya kita dapat memanfaatkan asam gelugur. Caranya dengan meminum air seduhan asam gelugur yang telah kering. Dengan mengonsumsinya dua kali sehari, pagi dan sore secara rutin, perut buncit anda berangsur-angsur akan berkurang.

Baca juga: manfaat menggunakan korset saat tidur

10. Sebagai obat reumatik

Reumatik yang menyerang sendi sungguh sangat menyiksa dan membuat anggota gerak tubuh dan persendian terasa pegal. Untuk mengatasinya bisa dilakukan dengan meminum air rebusan dari kulit buah asam gelugur. Dengan meminumnya secara rutin dapat membantu mengatasi reumatik yang menyiksa.

Baca juga: manfaat viostin ds

11. Mencegah aterosklerosis

Manfaat lain yang bisa dirasakan dari mengonsumsi asam gelugur adalah mencegah timbulnya penyakit aterosklerosis dimana pembuluh darah mengalami pengerasan dan penyempitan sehingga aliran darah menjadi tidak lancar dan tidak maksimal. Kondisi ini tentu sangat membahayakan dan dapat menimbulkan berbagai penyakit berbahaya lainnya.

Baca juga: manfaat daun serai

12. Menurunkan kadar kolesterol jahat

Asam gelugur yang belum dikeringkan juga dapat diolah menjadi jus yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Meskipun rasanya sangat asam namun setimpal dengan manfaat yang akan didapatkan.

Baca juga: manfaat daun sirsak untuk kolesterol

13. Mengatasi demam

Jika anda atau anggota keluarga ada yang terkena demam maka air rebusan asam gelugur dapat menjadi solusinya. Daripada menggunakan obat-obatan kimia yang belum tentu cocok untuk tubuh mengonsumsi asam gelugur dapat menjadi pilihan alami untuk mengatasi demam.

Baca juga: manfaat parasetamol

14. Mencegah kanker

Tidak hanya mencegah timbulnya tumor konsumsi asam gelugur juga bermanfaat untuk mencegah perkembangan sel-sel tubuh menjadi sel kanker sehingga dapat membahayakan kesehatan bahkan menyebabkan penderitanya meninggal dunia.

Baca juga: manfaat daun kelor untuk kanker

15. Melancarkan pencernaan

Pencernaan yang lancar merupakan salah satu kunci utama kesehatan. Untuk itu kita mesti memilah jenis makanan yang dikonsumsi yang baik bagi kesehatan pencernaan salah satunya asam gelugur. Konsumsi asam gelugur juga dapat mencegah timbulnya sembelit dan membersihkan pencernaan dari penumpukan racun yang berbahaya bagi kesehatan.

Baca juga: manfaat yakult

16. Mencegah penuaan dini

Selain manfaat wortel dan manfaat kunyit kita juga dapat memanfaatkan asam gelugur untuk mencegah timbulnya penuaan dini yang diakibatkan oleh perkembangan radikal bebas. Ini menjadikan kulit anda terhindar dari kerutan, terasa lebih halus, dan terlihat awet muda.

17. Mengatasi sakit telinga

Asam gelugur juga dipercaya dapat mengatasi sakit pada telinga. Caranya dengan merebus daun dan akar asam gelugur dan kemudian air rebusannya yang telah hangat diteteskan sedikit ke dalam telinga. Dengan menggunakan cara ini sakit pada telinga anda akan berangsur pulih.

Rupanya banyak sekali manfaat asam gelugur bagi kesehatan. Jika selama ini anda hanya memanfaatkan asam gelugur saat memasak maka kini asam gelugur dapat menjadi alterntif pengobatan untuk mengatasi berbagai penyakit. Selamat mencoba.

, ,
Oleh :
Kategori : Herbal