Manfaat Susu Campur Mentega Bagi Tubuh

Siapa yang tidak mengenal susu? Minuman olahan dari hewani dan nabati ini memiliki banyak sekali kandungan-kandungan yang bermanfaat bagi tubuh. Sumber hewani biasanya berasal dari hewan-hewan menyusui sedangkan yang berasal dari sumber nabati biasanya dari jagung, kedele, dan lainnya. Namun susu yang banyak di pasaran biasanya yang berasal dari sapi dengan proses pemerahan. (baca juga: Manfaat Jeruk Asam , Manfaat Tepung Hunkwe)

Susu memiliki rasa yang manis dan bau yang khas, rasa manis ini dikarenakan adanya laktosa sedangkan bau nya berasal dari kandungan lemak yang ada di dalamnya. Susu tidak hanya baik dikonsumsi oleh anak-anak saja melainkan hingga kaum manula sekalipun. Selain dapat diminum langsung, susu juga dapat dikonsumsi dengan dicampurkan bahan-bahan tertentu untuk menambah kandungan nutrisi di dalamnya. (baca juga: Manfaat Markisa Merah , Manfaat Bubuk Kedelai)

Seiring dengan perkembangan teknologi, susu bisa diolah menjadi bahan makanan yang beraneka ragam seperti mentega. Mentega sendiri merupakan sejenis lemak yang terbuat dari susu ataupun bagian-bagian tertentu dari susu. Kandungan zat-zat di dalam mentega antara lain adalah vitamin A, vitamin D, lemak, air, garam, laktosa, dan lainnya. Mentega emiliki aroma yang begitu khas, hal ini dikarenakan kinerja starter Streptococcus cremoris ketika pemasakan. Zat yang menyebabkan aroma dari mentega sendiri adalah zat diasetil yang terbentuk setelah peragian dari asam laktat. (baca juga: Manfaat Minyak Akar Wangi , Manfaat Susu Untuk Paru Paru)

Baik mentega maupun susu merupakan bahan-bahan makanan dan minuman yang memiliki kandungan zat yang cukup baik untuk tubuh. Lalu bagaimana bila susu dicampurkan dengan mentega? Manfaat apa yang bisa anda dapatkan? Campuran susu dan mentega dapat anda jadikan sebagai bahan baku MODISCO. MODISCO adalah Modified Dico yang berarti makanan ataupun minuman yang memiliki gizi tinggi. Jenis makanan dan minuman ini snagat cocok dikonsumsi bagi anak-anak yang mengalami gangguan gizi ataupun jika anda ingin menambah berat badan. Selain itu, MODISCO juga sangat dianjurkan bagi penderita yang baru sembuh dari sakit berat dan kesulitan makan. Namun ada larangan tersendiri dalam pemberian MODISCO yaitu tidak dianjurkan untuk diberikan pada anak dibawah usia 6 bulan, penderita ginjal, jantung, hati, serta anak yang gemuk.

baca juga:

Bahan baku MODISCO antara lain adalah susu, gula, dan margarin atau minyak. Modisco ini mudah sekali untuk dibuat dan bahkan dapat diolah ke dalam berbagai resep makanan dan minuman. Selain itu MODISCO juga memiliki kalori yangc ukup tinggi yaitu sekitar 100 kalori. Lalu bagaimana cara membuatnya? berikut ini penjelasannya. (baca juga: Manfaat Tanah Organosol , Manfaat Gula Aren Untuk Asam Lambung)

MODISCO sendiri terdiri dari 3 macam , antara lain adalah:

1. Modisco I

  • 20 gram susu skim
  • 10 gram gula pasir
  • 200 cc air
  • 9.2 cc mentega atau minyak

(Baca Juga: Manfaat Alpukat Mentega , Manfaat Mentega)

2. Modisco II

  • 20 gram susu skim
  • 10 gram gula pasir
  • 11,2 gram mentega
  • 200 cc air matang

(Baca Juga: Manfaat Buah Mentega , Manfaat Susu Campur Jahe)

3. Modisco III

  • 200 cc susu segar
  • 14 gram gula pasir
  • 11 gram mentega

baca juga:

Untuk membuatnya, tentunya anda perlu menyiapkan bahan-bahan terlebih dahulu. Pertama kali campur susu bubuk dengan gula, kemudian panaskan mentega. Setelah itu tuangkan mentega yang sudah dicairkan ke dalam susu, tuang sedikit demi sedikit hingga semua bahan tercampur merata. Tambahkan air matang sedikit demi sedikit dan tim campuran tersebut kurang lebih selama 15 menit. (baca juga: Manfaat Bunga Kecombrang , Manfaat Air Hangat Untuk Diet)

Bila anda memiliki blender atau mixer di rumah, anda dapat menggunakannya untuk mempermudah pekerjaan anda. Campur semua bahan seperti susu, mentega, gula, dan air dan blender / mixer hingga semua tercampur dengan merata lalu tim campuran tersebut kurang lebih 15 menit. Selain itu, anda juga dapat menggunakan campuran susu dan mentega untuk dijadikan kreasi makanan lainnya yang digemari anak-anak anda seperti kue, minuman, puding dan lainnya. (baca juga: Manfaat Kopi Hijau)

Nah itu tadi manfaat susu campur mentega, semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi anda. Selamat mencoba.

baca juga: