10 Manfaat Kulit Kentang untuk Kesehatan

Tubuh manusia memerlukan energi untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Berbagai kegiatan atau aktivitas manusia yang padat dari pagi hingga malam membuat tubuh manusia harus diberikan asupan zat yang dapat mendukungnya untuk beraktivitas. Beberapa zat dasar yang sangat diperlukan tubuh manusia adalah berbagai macam vitamin, protein, mineral, dan juga karbohidrat. Berbagai zat dasar tersebut dapat dengan mudah kita dapatkan jika kita mengkonsumsi makanan empat sehat lima sempurna. Makanan empat sehat lima sempurna ini terdiri dari makanan pokok, lauk pauk, sayur, buah dan ditambah pula dengan susu yang menjadi penyempurna.

Salah satu zat yang diperlukan tubuh sebagai pembangkit energi adalah karbohidrat. Manfaat karbohidrat ini dapat kita temukan pada makanan pokok. Makanan pokok bisa bermacam-macam dan berbagai jenis. Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, yang dianggap makanan pokok adalah nasi atau beras. Namun bagi masyarakat di Indonesia bagian timur, makanan pokok bukanlah nasi, namun sagu. Dan bagi beberapa masyarakat Indonesia lainnya, mereka mengkonsumsi makanan pokok berupa jagung, singkong, kentang atau lainnya. Makanan pokok ini mempunyai sebuah ciri khas, yaitu mengenyangkan.

Makanan pokok ini selain cepat membuat kenyang juga bisa memberikan energi bagi yang mengonsumsinya. Bahkan bagi sebagian masyarakat Indonesia rasanya belum bisa disebut makan apabila belum mengonsumsi makanan pokok, yaitu nasi. Bagi masyarakat di luar Indonesia, mungkin mengonsumsi roti yang terbuat dari gandum sudah disebut dengan makan, namun tidak bagi masyarakat Indonesia. Bagi masyarakat Indonesia, makan ya nasi, bukan makan namanya kalau bukan nasi. Hal itu karena budaya yang sudah tertanam dengan kuat.

Kandungan Gizi yang Terdapat pada Kentang

Kentang merupakan makanan sehat yang dapat digunakan alternatif makanan bagi penderita diabetes. Kentang ini mempunyai banyak kandungan zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan gizi yang terdapat di dalam kentang antara lain:

  • Kaya berbagai macam vitamin
  • Mineral
  • Serat

Kentang ini selain kaya akan zat gizi, juga merupakan bahan makanan yang baik untuk kesehatan. Berbagai manfaat akan kita temukan dalam kentang ini. Beberapa manfaat yang bisa kita peroleh dari kentang antara lain :

  • Sebagai sumber vitamin dan juga mineral
  • Sebagai sumber serat larut dan tidak larut yang baik
  • Membantu memperlancar sistem pencernaan
  • Membantu penderita diabetes untuk mendapatkan makanan yang baik
  • Sebagai sumber vitamin B kompleks
  • Sebagai sumber antioksidan
  • Sebagai sumber mineral
  • Sebagai sumber vitamin A
  • Sebagai makanan yang mengandung senyawa nati kanker
  • Sebagai makanan yang merupakan penawar racun alami
  • Sebagai sumber zat besi
  • Memutihkan dan melembutkan tangan
  • Membuat mata yang lelah menjadi bersinar kembali

Itulah beberapa manfaat kentang yang dapat kita rasakan. Tahukah Anda bahwa umbi kentang tidak hanya dagingnya saja yang bermanfaat? Kulit kentang ternyata juga mempunyai manfaat. Kulit kentang yang terkadang bertekstur ini merupakan bahan yang bermanfaat. Apa saja yang dapat kita peroleh dari manfaat kulit kentang ini? berikut ini diantaranya :

1. Menurunkan kolesterol jahat di dalam tubuh

Kentang mengandung kandungan mangan yang jumlahnya cukup, sehingga dapat menurunkan kolesterol di dalam tubuh.

2. Menurunkan tekanan darah tinggi

Kulit kentang mengandung kalium yang dapat mengendalikan tekanan darah dan menjauhkannya dari tekanan darah tinggi.

3. Mengatasi peradangan

Vitamin yang terdapat dlam kulit kentang juga dapat mengatasi peradangan.

4. Menurunkan tingkat stres

Kandungan vitamin B6 dalam kulit kentang ini dipercaya mampu menjadi pereda stress yang baik.

5. Menangkal radikal bebas

Kandungan manfaat vitamin C pada kulit kentang cukup menjadikannya sebagai antioksidan sebagai penangkal radikal bebas.

6. Sebagai makanan sehat bagi penderita diabetes

Kulit kentang bisa menjadi makanan yang sehat bagi penderita diabetes karena rendah lemak dan kaya serat.

7. Menenangkan mata yang tegang

Untuk memperoleh manfaat ini, bisa dengan cara menempelkan kulit kentang ini pada bagian mata selama 10 hingga 15 menit.

8. Mengurangi lemak berlebih dalam tubuh

Kulit kentang bisa mengurangi kadar lemak berlebih dalam tubuh dengan cara dibuat jus dan bisa menambahkannya dengan madu.

9. Mencegah terjadinya sembelit

Kandungan serat yang cukup tinggi membuat sistem pencernaan kita menjadi sehat dan terjauhkan dari sembelit.

10. Meningkatkan daya tanah tubuh

Kandungan vitamin B6 dalam kulit kentang ini meningkatkan daya tahan tubuh.

Kentang Sebagai Makanan Pengganti Nasi

Adanya barang subtitusi gunanya untuk menggantikan barang lain yang belum ada. Seperti halnya kentang. Diatas sudah dijelaskan bahwasannya makanan pokok adalah makanan yang mengandung karbohidrat dan membuat kenyang serta menimbulkan energi. Makanan pokok juga jenisnya bermacam- macam, salah satunya adalah kentang. Kentang ini bisa dijadikan makanan alternatif untuk menggantikan beras apabila di rumah Anda sedang kehabisan beras dan di toko beras juga tidak ada stok, atau kektika musim paceklik tiba dan harga beras menjadi mahal. Kentang ini bersifat mengenyakan. Mungkin bagi sebagian orang, sifat mengenyangkan dari kentang ini belum setara dengan beras, namun kentang ini juga sudah cukup untuk memenuhi jumlah kebutuhan karbohidrat kita.

Kentang merupakan sejenis umbi-umbian yang sifatnya seperti ubi. Bila direbus, struktur kentang ini mirip sekali dengan ubi. Perbedaannya adalah rasa ubi yang sedikit manis, sedangkan kentang ini cenderung lebih hambar. Kentang ini juga bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan. Selain bisa diolah langsung, kentang ini juga bisa dijadikan tepung terlebih dahulu. Kreasi dari kentang ini jauh lebih banyak daripada nasi, sehingga kita bisa bisa mencoba berbagai macam cara apabila kita takut bosan dengan satu olahan saja. Kentang bisa diolah langsung dengan cara direbus, digoreng, dipanggang, dibakar dan lainnya. Jika dijadikan tepung, kentang bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan, seperti kue dan aneka macam camilan.

, , ,
Oleh :
Kategori : Makanan