5 Manfaat Handstand Push Up untuk Pembentukan Otot

Olahraga merupakan aktivitas yang sangat direkomendasikan untuk semua orang dan usia sebab olahraga bisa membuat tubuh semakin bugar. Bukan hanya itu saja, berolahraga juga bisa membantu anda untuk dapatkan bentuk tubuh yang lebih ideal. Ada banyak gerakan olahraga yang dapat dilakukan apabila anda ingin membentuk tubuh anda menjadi lebih atletis lagi. Misalnya saja gerakan push up yang telah ada sejak dahulu, dan sampai sekarang, push up masih terus dilakukan sebab manfaatnya yang luar biasa untuk pembentukan tubuh yang makin atletis dan juga dapat menjaga kebugaran. Maka tidaklah heran jika salah satu hal yang wajib dilakukan oleh mereka yang ingin dapatkan massa otot yang lebih berat adalah dengan push up.
Ada banyak faktor yang membuat push up ini tetap menjadi gerakan favorit dan terus dilakukan oleh banyak orang.

artikel terkait olahraga:

Apa sajakah faktor-faktor tersebut? Untuk anda yang penasaran, anda langsung simak saja ulasan singkatnya sebagai berikut.

  •  Murah
    Jika anda melakukan push up, tentu saja anda tidak harus pergi ke tempat fitnes karena di rumah pun anda bisa melakukannya. Tanpa harus mengeluarkan biaya mahal, anda bisa dapatkan manfaat dari push up.
  •  Mudah
    Faktor yang kedua ialah push up mudah untuk dilakukan. Tanpa harus menggunakan alat khusus, anda bisa lakukan push up dimanapun dan kapanpun anda mau. Anda bisa lakukan push up sendiri karena gerakannya yang tidak ribet.
  • Efektif
    Yang dimaksud dengan efektif disini ialah push up bisa membentuk beberapa bagian tubuh sekaligus seperti bagian dada, tangan, dan bahu pada saat bersamaan.

Handstand Push Up

Jika anda suka memilih push up untuk mendapatkan tubuh yang atletis, anda tentu saja harus paham jenis-jenis push up. Beberapa diantaranya ialah clap push up, knuckle push up, dive bomber push up, one hand push up, elevated push up, dan handstand push up. Khusus untuk jenis handstand push up ini, anda harus punya keahlian khusus melakukannya. Untuk lakukan handstand push up ini, disarankan anda bukanlah seorang pemula sebab keahlian dasar push up tidaklah cukup. Handstand push up yang dimana anda berdiri dengan tangan dan posisi kaki di atas sangat mengharuskan anda untuk mempunyai keseimbangan yang baik. Maka dari itu, untuk anda yang ingin lakukan handstand push up, anda haruslah seorang profesional yang biasa melakukan berbagai macam jenis push up agar anda bisa meminimalisir cedera karena tidak paham tips lakukan push up ini.

artikel terkait push up:

Manfaat Handstand Push Up

Jika anda melakukan handstand push up, ada beberapa manfaat yang akan anda dapatkan yaitu:

1. Membentuk tubuh bagian atas

Dengan melakukan handstand push up secara teratur, anda nantinya akan mendapatkan bentuk tubuh bagian atas yang lebih atletis. Tubuh bagian atas yang dimaksud ialah bagian dada, bahu dan lengan bagian belakang. Gerakan push up tersebut akan melatih otot pada tubuh bagian atas anda agar makin kuat.

artikel terkait: manfaat telur setengah matangmanfaat relaksasi otot progesif

2. Melatih otot inti

Bukan hanya otot pada tubuh bagian atas saja yang akan dapatkan manfaat push up ini. Otot inti adalah kumpulan otot yang akan melindungi tulang belakang yang artinya dengan push up, khususnya handstand push up, otot inti akan semakin kuat. Oleh karena itu, saat melakukan push up, apalagi handstand push up, posisi punggung anda harus seimbang atau stabil agar anda tidak cedera.

artikel terkait: menyehatkan otot dan sarafmanfaat memiliki kekuatan otot

3. Meningkatkan metabolisme

Manfaat selanjutnya ialah metabolisme tubuh anda akan semakin baik. Dengan melakukan handstand push up, anda telah melatih jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh dengan efektif sehingga metabolisme anda semakin baik.

artikel terkait: manfaat kratingdaengmanfaat daun seledri

4. Menguatkan tulang

Melakukan handstand push up juga akan menguatkan tulang, apalagi tulang bagian lengan yang menumpu berat badan saat lakukan push up yang satu ini. Latihan secara rutin tentu saja akan sangat membantu anda agar tulang anda makin kuat dan terhindar dari osteoporosis karena dengan push up inilah massa tulang akan makin padat.

artikel terkait: manfaat susu hilo activemanfaat olahraga bagi tulangmanfaat sumsum tulang sapi

5. Melatih keseimbangan

Karena handstand push up sangat memerlukan keahlian anda untuk seimbangakan badan, maka dengan melakukan push up jenis yang satu ini, anda bisa melatih keseimbangan anda sekaligus.
Itulah 5 manfaat dari handstand push up yang bisa anda dapatkan. Melakukan push up jenis ini dengan cara yang benar adalah hal yang harus anda lakukan jika ingin dapatkan semua manfaat yang disebutkan di atas.

artikel terkait: manfaat olahraga teraturmanfaat tidak merokokmanfaat olahraga untuk diet