6 Manfaat Senam Lansia Bagi Kesehatan

Manfaat senam lansia bagi kesehatan sudah merupakan rahasia umum. Olahraga ini mudah dilakukan dan tidak memberatkan tertutama pada lansia. Aktivitas senam lansia sangat memberikan manfaat bagi tubuh terutama tetap menjaga fungsi jantung bekerja secara optimal.

Senam lansia tidak hanya menyehatkan fisik tetapi juga dapat menjaga mental dan emosi. Aktivitas ini setidaknya dapat mempertahankan emosi lansia tetap stabil, senantiasa bahagia, tidur lebih nyenyak serta mengkondisikan pikiran tetap segar. Senam lansia menghindari gerakan yang berlebihan seperti loncat, melompat dimana gerakan pada senam lansia merupakan gerakan-gerakan ringan tetapi masih dapat memacu kerja paru-paru dan jantung dengan intensitas sedang.  Komponen kebugaran kardio-respirasi dapat ditingkatkan dengan senam lansia dimana meliputi kekuatan dan ketahanan otot serta kelenturan dan gerak tubuh yang seimbang.

Senam lansia terdiri dari senam kebugaran lansia, senam otak, senam osteoporosis, hipertensi, senam diabetes melitus dan jalan santai. Senam lansia memiliki prinsip dimana gerakan yang bersifat dinamis, sifatnya progresif, pemanasan dan pendinginan pada setiap latihan, frekuensi yang baik dalam seminggu dilakukan sebanyak 3-5 kali serta latihan ini berlangsung selama 15-60 menit.

Manfaat senam lansia, diantaranya:

1. Mengatasi Kram

Melakukan senam lansia secara rutin dan bertahap mampu mengurangi efek kram pada tubuh.

2. Mencegah Hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi dapat dicegah dengan melakukan senam lansia, berbeda jika anda melihat manfaat tidur bagi bayi dimana penelitian telah dilakukan untuk mengkaji manfaat senam lansia guna menurunkan tekanan darah tinggi. Hasilnya adalah lansia dengan latihan 3-5 kali seminggu mengalami perubahan terhadap tekanan darah sistolik pada lansia.

3. Mencegah Diabetes Melitus

Senam memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Usahakan selalu melakukan olahraga ini secara rutin agar tubuh tetap terasa bugar dan semangat dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Senam lansia memiliki berbagai jenis salah satunya ialah senam diabetes, sebenarnya senam ini tidak diperuntukkan pada penderita diabetes saja melainkan dapat dilakukan dari berbagai kalangan guna menghindari penyakit diabetes.

Tidak seperti pada senam kebugaran jasmani yang sangat energik dengan musik yang menghentak, senam diabetes memiliki kadar sedang dimana tidak terlalu kuat maupun low impact. Senam diabetes mampu membakar kalori dan dapat menurunkan kadar gula darah. Gerakan senam diabetes melibatkan seluruh bagian tubuh dari kepala hingga ujung kaki. Gerakan yang bervariasi juga melatihotak untuk tetap mengingat dan membiasakan otak untuk tetap berpikir guna meningkatkan daya ingat dan mencegah pikun.

4. Memperlancar proses degenerasi

Pada usia 40 tahun keatas perubahan pada tubuh mulai terjadi, dimana hal ini merupakan sifat dari degenerasi. Degenerasi merupakan suatu perubahan keadaan secara fisika dan kimia dalam sel, jaringan, atau organ yang bersifat menurunkan efisiensinya. Degenerasi dapat diakibatkan dari penuaan dan disebabkan oleh penyakit. Proses penuaan dapat terjadi akibat dari paparan radikal bebas. Berbeda dengan manfaat sit up untuk kesehatan tubuh senam lansia dapat memperlancar proses ini dimana kebugaran dan kesegaran tubuh yang tetap terjaga akibat rutin melakukan olahraga akan memberikan efek yang positif terhadap perubahan yang terjadi pada tubuh baik dari segi emosi, hormon dan berbagai perubahan lain yang signifikan seiring dengan bertambahnya umur.

5. Meningkatkan Sistem Imun

Senam lansia merupakan olahraga yang sangat bermanfaat. Manfaat olahraga ini ialah kondisi badan yang akan lebih segar bugar, fit dan sehat mampu menangkal berbagai gangguan dari luar, dimana rutin melakukan aktivitas olahraga ini memiliki manfaat guna meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan dapat melindungi diri dari berbagai radikal bebas dan penyakit yang akan menyerang.


6. Merilekskan Otot

Berbagai gerakan pada senam lansia mampu merilekskan otot-otot tubuh yang kaku, selain itu fungsi kerja jantung akan semakin baik dengan lancarnya peredaran arah yang mengalir keseluruh tubuh hal ini juga memiliki manfaat dalam mencegah penyakit jantung.

 

Lakukan senam lansia dengan didampingi tenaga profesional serta latihan secara teratur guna mendapatkan hasil yang maksimal. Selamat mencoba.

 

, ,
Oleh :
Kategori : Olahraga