9 Manfaat Relaksasi Otot Progresif Bagi Tubuh

Pernahkah anda mendengar mengenai relaksasi otot progresif ? Relaksasi otot progresif merupakan salah satu dari berbagai macam jenis  teknik relaksasi yang seringkali digunakan dalam proses teurapetik, baik secara medis maupun psikologi. Pada relaksasi otot progresif ini, maka seseorang yang mengikuti kegiatan ini akan diberikan suatu kesempatan dan juga sesi tersendiri untuk menegangkan otot, lalu kemudian melepaskan tegangan otot tersebut. Kegiatan ini ditujukan untuk membantu klien atau pasien untuk memperoleh informasi dan juga pemahaman bagaimana perbedaan sensasi yang muncul antara kondisi otot yang menegang dan juga otot yang rileks.

Gerakan dari teknik relaksasi otot progresif ini dilakukan secara bertahap, yaitu:

  1. Gerakan pertama dimulai pada bagian tangan
  2. Gerakan kedua dilanjutkan untuk melakukan relaksasi pada bagian tulang belakang
  3. Selanjutnya dilakukan untuk merelaksasikan otot pada bagian otot biceps
  4. Keempat dilakukan gerakan pada otot-otot bahu
  5. Gerakan kelima hingga delapan difokuskan pada gerakan bagian wajah
  6. Gerakan ke Sembilan dan juga sepuluh ditujukan pada bagian otot leher depan dan juga otot leher belakang
  7. Gerakan ke sebelas ditujukkan untuk melatih otot punggung
  8. Gerakan keduabelas mulai masuk ke bagian otot dada
  9. Gerakan ke tiga belas ditujukan untuk melatih bagian otot perut
  10. Gerakan yang terakhir difokuskan pada otot-otot paha

Saat ini di Indonesia sudah banyak sekali penelitian dan juga praktek dari penggunaan relaksasi otot progresif ini terhadap klien dan juga pasien dan ternyata memiliki banyak sekali manfaatnya.

Manfaat dari relaksasi otot progresif

Apa saja sih manfaat relaksasi otot progresif? Berikut ini adalah beberapa diantaranya :

1. Meredakan stress dan depresi

Manfaat pertama dari relaksasi otot progresif yang paling sering dirasakan adalah dapat menurunkan tingkat stress dan juga depresi. Stress danjuga depresi meruapakan salah satu ancaman yang dapat membahayakan diri anda, karena dapat menyebabkan berbagai macam penyakit muncul, seperti pusing dan juga sakit kepala. Maka dari itu, relaksasi otot progresif ini terbukti sangat efektif dalam membantu meredakan dan juga menurunkan tingkat stress dan juga depresi. Maka dari itu, relaksasi otot progresif juga merupakan salah satu acuan dalam pemberian terapi secara psikologis.

Relaksasi untuk meredakan stress juga bisa melakukan :

2. Dapat meredakan kecemasan dan phobia

Tidak hanya dapat menurunkan tingkat stress, namun relaksasi otot progresif juga ternyata memiliki manfaat yang sangat baik dalam menurunkan tingkat kecemasan dan juga phobia pada diri seseorang. Dan, apabila kondisi terapi relaksasi otot progresif ini dilakukan secara terus menerus, bukan tidak mungkin kecemasan dan juga phobia yang dirasakan oleh klien dan juga pasien tersebut menjadi hilang dan tidak terasa lagi.

Untuk meredakan kecemasan lainnya juga bisa menggunakan :

3. Baik untuk penderita hipertensi

Beberapa penelitian baru-baru ini juga memperoleh kesimpulan, yang menyebutkan bahwa manfaat relaksasi otot progresif ini ternyata mampu mengatasi gangguan yang dialami oleh penderita tekanan hipertensi. Ya, bagi yang mungkin memiliki gejala hipertensi dan tidak tahu cara yang tepat untuk mengurangi bahkan menyembuhkan gejala ini, maka dapat mencoba menggunakan teknik relaksasi otot progresif ini untuk membantu menurunkan tekanan darah.

Hipertensi sendiri apabila dibiarkan terus menerus dapat menyebabkan berbagai macam gangguan kesehatan yang tentu saja dapat membahayakan diri anda sendiri. Pengobatan herbal lainnya juga bisa dilakukan dengan :

4. Dapat meredakan gangguan psikosomatis

Psikosomatis merupakan salah satu gangguan kesehatan dan juga respon-respon fisik yang muncul karena adanya suatu tekanan atau gejala psikologis. Psikosomatis ini biasanya banyak sekali gejalanya, mulai dari penyakit ringan, seperti demam, mimisan, sakit perut dan sebagainya, hingga penyakit berat, seperti diabetes, dan juga kanker. Karena itu, gejala psikosomatis ini pun harus cepat disadari, dan kemudian diatasi. Salah satu teknik yang bisa membantu meredakan gejala psikosomatis ini adalah teknik relaksasi otot progresif.

5. Baik untuk kesehatan otot tubuh agar tidak menjadi kaku

Teknik relaksasi otot progresif juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk membantu menjaga kesehatan dan juga ketahanan otot anda. Teknik ini secara langsung membutuhkan kinerja otot dan juga dapat memberikan aktivitas tersendiri bagi otot, agar tidak kaku, dan juga terasa sakit ketika digunakan secara terus menerus.

Untuk mengoptimalkan kesehatan oto dapat diberikan oleh :

6. Dapat mencegah kram dan kesemutan

Kram dan juga kesemutan biasanya trjadi pada bagian tangan dan juga kaki. Salah satu hal yang dapat menyebabkan munculnya gejala kram dan juga kesemutan ini adalah kondisi otot yang merasa lelah dan juga tidak dapat bekerja dengan optimal. Karena itu, dengan manfaat relaksasi otot progresif ini, maka otot yang merasa lelah dan juga merasa sakit ini dapat teratasi dengan mudah, dan anda dapat terhindar dari rasa kram dan juga kesemutan yang seringmengganggu aktivitas anda.

Untuk mencegah kram dan kesemutan ini juga dapat dilakukan oleh :

7. Melenturkan otot dan juga persendian

Manfaat relaksasi otot progresif bagi kesehatan adalah dapat membantu melenturkan otot dan juga bagian persendian. Otot yang jarang digunakan, dan juga terlalu sering digunakan akan berdampak rasa sakit, karena terlalu tegang dan juga kaku. Hal ini tentu saja dapat menyebabkan rasa sakit pada otot. Karena itu, dengan menggunakan teknik relaksasi otot progresif ini, bagian persendian serta otot yang terasa kaku dapat kembali seperti semula dan merasa lebih rileks.

untuk melenturkan otot ini, bisa juga menggunakan :

8. Mencegah insomnia dan gangguan tidur

Relaksasi otot progresif juga memiliki manfaat yang efektif untuk mencegah terjadinya insomnia dan juga munculnya gangguan tidur. Dengan teknik relaksasi akan membuat tubuh terasa rileksa dan juga akan terasa lebih santai, sehingga akan mencegah terjadinya insomnia

9. Menghilangkan pegal dan juga sakit pada leher

Salah satu gerakan dalam tekni relaksasi otot progresif terdapat pelatihan pada bagian leher. Hal ini tentu saja akan sangat baik bagi anda yang sering mengalami keluhan sakit dan juga pegal pada bagian leher. Dengan mengaplikasikan teknik relaksasi otot progresif ini, amak rasa sakit dan juga rasa pegal pada bagian leher anda akan cepat sembut dan leher anda akan kembali normal lagi

Itulah manfaat relaksasi otot progresif bagi tubuh. Semoga artikel mengenai relaksasi otot progresif ini dapat menambah wawasan anda mengenai berbagai macam teknik relaksasi.

, ,
Oleh :
Kategori : Olahraga