12 Manfaat Tidak Merokok Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat tidak merokok bagi kesehatan atau berhenti Merokok tentu dapat berdampak luar biasa bagi tubuh manusia. bisa merusak kesehatan tentunya semua orang setuju akan hal tersebut. Di dalam satu batang rokok setidaknya terdapat 4000 jenis racun yang mengintai nyawa anda yang diantaranya memiliki efek yang tidak baik bagi tubuh bahkan menyebabkan berbagai penyakit serius seperti penyakit kanker. Bisa anda bayangkan bagaimana keadaan tubuh jika racun tersebut secara terus menerus tertumpuk di dalam tubuh?

Tentu bisa anda bayangkan apa saja dampak dari merokok ini terutama jika dilakukan dalam jangka panjang. nah, oleh karena itu sangat penting bagi anda yang sedang merokok untuk berhenti melakukan kebiasaan tersebut. Berhenti merokok memang sulit dilakukan karena di dalam rokok terdapat zat nikotin yang bersifat candu sehingga membuat para penggunanya akan sangat sulit ketika mencoba berhenti merokok. Namun apabila anda sudah mulai mencobanya untuk berhenti, percayalah bahwa apa yang sedang anda lakukan tersebut merupakan hal yang sangat baik dan banyak manfaatnya.

Anda mungkin harus tersiksa dalam beberapa waktu karena tidak bisa merokok, namun apabila dibandingkan lagi dengan segudang manfaat yang akan anda dapatkan maka anda pasti tidak akan menyerah. So, sebenarnya apa saja sih manfaat dari berhenti merokok ini? selengkapnya, simak berikut ini:

  1. Awet Muda

Jadi jika anda merokok sebenarnya hal itu sama saja dengan menghalangi oksigen masuk ke dalam kulit sehingga membuat kulit menjadi tampak lebih tua dari pada usia anda yang sesungguhnya. Sebaliknya, jika anda berhenti merokok asupan oksigen akan kembali mengalir lancar menuju jaringan di kulit sehingga kulit akan terlihat semakin muda dan tidak mudah muncul keriput.

  1. Tidak Stres

Mungkin selama ini banyak orang yang beranggapan bahwa dengan merokok bisa menghilangkan stress padahal hal yang terjadi justru sebaliknya. orang yang merokok akan merasa lebih tenang saat dirinya merokok karena adanya zat putus dari nikotin. Zat ini hanya bisa berpengaruh saat digunakan saja, jadi setelah anda tidak merokok anda justru akan mendapatkan masalah yang lebih kompleks lagi. Bahkan menurut penelitian yang sudah dilakukan menunjukkan hasil bahwa orang yang berhenti merokok akan merasakan ketenangan di dalam diri lebih tinggi serta tidak mudah terkena stress.

  1. Meningkatkan Kesuburan

Bagi anda wanita yang merokok tentu sudah jelas efeknya pada bagian kesuburan anda yang berkaitan dengan rahim. Rahim akan menjadi sehat dengan kualitas sel telur yang lebih sehat jika anda memutuskan untuk berhenti merokok. Bagi anda para pria juga demikian, jika anda memutuskan untuk berhenti merokok maka kualitas dari sperma anda akan menjadi lebih sehat serta kesuburannya akan meningkat. Jadi, jika anda sulit mendapatkan anak mungkin anda harus chek kebiasaan anda yang satu ini karena sangat mungkin berpengaruh.

  1. Meningkatkan Peforma Seks

Berhenti merokok akan memicu peredaran darah dalam tubuh menjadi lebih lancar sehingga akan meningkatkan tingkat sensivitas baik itu pria maupun wanita. Kualitas anda di ranjang akan jauh lebih baik, untuk anda pria akan mendapatkan ereksi yang maksimal sedangkan bagi para wanita akan mendapatkan orgasme dan rangsangan yang terbaik.

  1. Senyum yang Lebih Menawan

Kebiasaan merokok akan membuat gigi menjadi kuning dan bau bahkan dalam beberapa kasus dapat membuat gigi berlubang dan sebagainya. Sebaliknya orang yang tidak merokok akan cenderung memiliki gigi yang lebih putih, oleh karena itu senyum mereka ini akan jauh lebih menawan dibandingkan dengan senyum orang yang merokok. Selain itu nafas juga akan menjadi lebih segar karena tidak ada lagi bau asap I di dalam mulut. Tentunya hal ini akan membuat anda jauh lebih percaya diri bukan?

  1. Terhindar dari Berbagai Penyakit

Bukan rahasia lagi kalau mengkonsums rokok itu bisa menyebabkan berbagai jenis penyakit dari yang ringan seperti batuk dan pilek hingga yang mematikan seperti jantung, kanker dan tumor. Saat ini beberapa jenis kanker sudah bermunculan akibat adanya kebiasaan merokok diantaranya adalah kanker lidah, kanker bibir, kanker tenggorokan dan kanker mulut.

  1. Mendapatkan Keluarga yang Lebih Sehat

Jika anda merokok walaupun anda tidak pernah merokok di dalam rumah namun ternyata ini sangat berbahaya bagi anggota keluarga anda. Hal ini disebabkan asap yang menempel pada pakaian anda masih mengandung racun dari rokok yang anda konsumsi. Racun tersebut pastinya akan membuat keluarga anda mudah terkena penyakit dan tidak sehat.

  1. Badan Tidak Bau Asap

Manfaat tidak merokok bagi kesehatan tubuh mungkin sudah umum, nah kali ini untuk badan anda. Mungkin salah satu yang bisa dijadikan alat deteksi apakah anda merokok atau tidak bisa dilihat dari cara bau badannya, jika bau badan didominasi oleh bau khas asap maka bisa dipastikan anda adalah orang yang perokok. Tentunya bau asap di badan ini menjadi poin negatif untuk anda bukan? Karena bisa jadi partner anda tidak suka dengan baunya dan akhirnya pergi meninggalkan anda. Hmmm, jangan sampai ini terjadi ya, makanya cepat berhenti merokok!

  1. Bentuk Tubuh Menjadi Lebih Seksi

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa merokok bisa mengunci aliran oksigen di dalam darah sehingga darah tidak bisa melakukan pembakaran maksimal pada lemak yang ada di dalam tubuh. jadi, jika anda berhenti merokok maka bentuk tubuh anda akan mejadi jauh lebih seksi dan penampilan anda akan lebih bersih dibandingkan dengan sebelumnya.

  1. Meningkatkan Tingkat Produktivitas

Anda pastinya akan memiliki tingkat produktivitas yang lebih baik lagi jika anda memutuskan untuk berhenti merokok. Hal ini disebabkan anda tidak lagi fokus pada rokok melainkan bisa fokus pada hal lain yaitu pekerjaan anda.

Baik juga untuk meningkatkan produktivitas

  1. Hemat

Coba hitung berapa banyak uang yang telah anda keluarkan untuk membeli rokok? Mungkin jika dijumlahkan sudah mencapai ratusan bahkan miliaran rupiah bukan? Coba bayangkan jika uang tersebut anda kumpulkan dan gunakan untuk hal-hal yang anda ingin lakukan misalnya jalan-jalan ke luar negeri. Selain sehat bagi anda, ternyata berhenti merokok juga bisa menyelamatkan kondisi keuangan anda supaya tidak boros dan bisa digunakan untuk menabung.

  1. Terhindari dari Penyakit Kanker

Penyakit kanker akan mudah menyerang anda jika anda merokok. Merokok merupakan salah satu kegiatan yang paling banyak membunuh manusia karena menimbulkan banyak penyakit serius walaupun terkadang tidak disadari oleh para pelakunya. Menurut sebuah survey di india mendapatkan hasil bahwa hampir 60 hingga 70 persen kasus kanker pada laki-laki disebabkan oleh tembakau di dalam rokok. Memang hal ini sudah banyak diketahui oleh para perokok namun masih banyak orang yang tidak mengindahkannya karena sudah kecanduan dan tidak tahu bagaimana caranya berhenti.

Top Untuk Kanker

  1. Manfaat keladi tikus
  2. Manfaat buah naga
  3. Manfaat paprika
  4. Manfaat mengkudu
  5. Manfaat kunyit putih
  6. Manfaat sari buah merah
  7. Manfaat bawang putih
  8. Manfaat air lemon
  9. Manfaat daun afrika
  10. Manfaat semut jepang

Cara Berhenti Merokok

Manfaat tidak merokok memang sangat banyak, bagi anda yang masih merokok, maka anda dapat mempelajari cara berhenti merokok di bawah ini. Berhenti merokok memang tidak mudah apalagi bagi mereka yang sudah merokok selama puluhan tahun. Namun jika tidak dicoba anda tidak akan pernah tahu apakah anda bisa berhenti merokok atau tidak. tidak ada kata yang mustahil jika memang anda memiliki tekad dan niat yang tinggi untuk berhenti merokok. Nah, berikut ini adalah beberapa tips bagaimana caranya berhenti merokok:

  1. Fokuslah pada Manfaat yang Akan Didapatkan

Sebaiknya anda fokus pada manfaat yang akan dapatkan setelah anda berhenti merokok seperti yang sudah dipaparkan di atas dibandingkan anda mengeluh bagaimana susahnya berhenti merokok. Anda juga bisa memberikan contoh baik bagi keluarga anda dan tidak membuat mereka gampang sakit lagi.

  1. Tetapkan Tanggal

Anda bisa mencoba memulai berhenti merokok dengan cara menetapkan tanggal kapan anda mulai tidak merokok. Hal ini akan membuat anda semakin terkendalikan ketika ada keinginan untuk merokok kembali. Anda mungkin akan stress namun itu hanya beberapa saat saja dan anda harus benar-benar mengontrol keinginan untuk merokok lagi. Jangan mencoba untuk menunda berhenti merokok karena semakin anda cepat berhenti merokok akan semakin cepat anda mendapatkan tubuh yang lebih sehat.

  1. Mintalah Dukungan

Ketika anda memutuskan untuk berhenti merokok cobalah untuk memberitahukannya pada orang terdekat anda seperti keluarga, teman dan rekan kerja. Mereka ini pasti akan mengerti dan membantu anda bagaimana caranya menghindarkan anda dari kebiasaan merokok. Mereka juga akan mengawasi anda jika anda mulai merokok lagi.

  1. Perbanyak Olahraga

Salah satu yang cukup efekti untuk menjauhkan anda dari bayangan merokok adalah dengan melakukan olahraga. Olahraga yang dilakukan tidak perlu yang berat namun bisa dilakukan yang ringan saja seperti misalnya lari di sekitar rumah, sit up, push up atau main trampoline atau olahraga lain yang anda sukai. Selain bisa menghindarkan anda dari rokok anda juga akan terlihat lebih sehat dan bugar.

  1. Gunakan Permen Sebagai Pengganti Rokok

Menggunakan permen sebagai pengganti rokok cukup efektif karena dengan menguyah permen akan membuat mulut anda tetap beraktivitas dan tidak ada keinginan untuk merokok. Jadi sebaiknya selalu siapkan permen pada kantong celana anda ya!

Demikian informasi mengenai manfaat dari berhenti merokok. Tentu saja manfaatnya sangat besar bukan? Jadi tunggu apalagi? Jangan sungkan untuk berhenti merokok ya.