5 Manfaat Binahong Merah Pada Kesehatan

Indonesia adalah negara yang sangat kaya akan keaneragaman hayati termasuk pada tumbuhan herbalnya. Sudah tidak bisa terhitung lagi ada berapa banyak tumbuhan yang bisa dijadikan sebagai obat herbal. Salah satunya adalah daun binahong. Apakah anda asing dengan nama daun binahong? Itu mungkin karena anda mengetahuinya dengan nama daun gondola. Ya memang ada sebagian daerah di Indonesia yang menyebut daun binahong sebagai daun gondola. Apapun sebutannya anda harus mengetahui lebih dalam apa itu daun binahong karena anda tidak akan merasa rugi. Ada banyak manfaat dari daun binahong ini.

artikel terkait manfaat daun herbal:

Ciri-ciri tumbuhan binahong

Berikut ini adalah ciri-ciri tumbuhan binahong yang perlu anda ketahui supaya ketika anda ingin mencarinya anda mudah mengenalinya.

  • Tumbuhan binahong adalah tanaman yang merambat yang bisa merambat di tumbuhan lainnya, di tembok, pagar dan lainnya.
  • Batang tumbuhan binahong cukup lunak sehingga sangat fleksibel dan saling membelit dengan mudahnya. Jadi meskipun tumbuhan binahong ini merambat namun cukup kuat.
  • Batangnya memiliki tekstur halus namun keras jika ditekan dan juga memiliki warna kemerahan.
  • Namun jika usianya sudah cukup tua, warna batang akan berubah menjadi keputihan.
  • Batang tumbuhan binahong mampu berukuran sampai 20 hingga 30 meter.
  • Diameter pada pangkal batangnya kira-kira sebesar 3,5 cm.
  • Usia dari tumbuhan binahong ini cukup singkat dimana hanya sampai 3 bulan saja namun tumbuhan ini akan membentuk umbi atau rimpang yang terbentuk di ketika daun.
  • Bentuk dari umbinya ini bertekstur agak kasar dan terdapat bulu-bulu halus yang panjangnya sekitar 1 hingga 3 cm.
  • Daunnya berbentuk seperti hati dengan tangkainya berada di bagian paling melengkung.
  • Warna daun binahong ini ada yang hijau ada yang merah tergantung pada jenisnya.

Nah, karena usia dari tumbuhan binahong ini cukup singkat maka ketika terdapat umbi atau rimpang dari daun ini sebaiknya ditanam lagi supaya bisa tumbuh kembali.

artikel terkait: manfaat rebusan daun seledrimanfaat daun sirsak untuk diabetesmanfaat rebusan daun kemangi

Kandungan daun binahong merah

Apa saja kandungan dalam daun binahong merah mengapa sangat baik bagi kesehatan? Kandungan daun binahong merah ini diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Di dalam daun binahong merah terdapat aktivitas yang muncul dan digunakan sebagai penangkal radikal bebas atau digunakan sebagai antioksidan. Selain itu juga menghasilkan asam karbonat, asam fenolik dan senyawa lainnya yang sangat baik untuk membunuh bakteri gram baik yang negatif maupun positif yang biasanya ada di dalam penderita penyakit seks menular (PMS).
  • Kandungan lainnya dalam daun binahong merah adalah asam oleanolic yang memiliki fungsi sebagai anti inflamasi atau anti peradangan yang juga bisa meredakan infeksi dari adanya luka bakar.
  • Daun binahong merah juga mengandung protein tinggi dimana mampu merangsang pertumbuhan antibody atau daya tahan tubuh sehingga jika mengonsumsi daun binahong merah maka tubuh tidak akan mudah sakit. Protein juga bermanfaat sebagai hormone perangsang pertumbuhan sehingga bagi remaja yang sedang dalam masa pertumbuhan akan sangat baik jika mengonsumsi daun binahong merah ini.
  • Selain itu kandungan lainnya yang ada di dalam daun binahong merah ini adalah saponin. Saponin bermanfaat sebagai zat pembersih dan pembentuk kolagen sehingga kulit akan menjadi lebih sehat, bersih dan lebih cerah. Saponin juga berkhasiat untuk mengurangi kadar kolesterol tinggi dalam tubuh dan bisa mencegah terjadinya penyakit jantung koroner.

artikel terkait: manfaat daun sirih untuk wajahmanfaat daun sirsak untuk asmamanfaat daun alpukat untuk hiperntensi

Manfaat daun binahong merah

Manfaat daun binahong untuk kesehatan ini sangatlah banyak dan bisa anda dapatkan dengan mudah. Apa saja manfaat dari daun binahong ini? simak selengkapnya berikut ini:

  1. Mengatasi jerawat

Kecantikan sering kali direpresentasikan dengan kecantikan wajah. Wajah memang menjadi garda utama pada masalah penampilan. Salah satu masalah pada wajah yang cukup banyak dialami oleh orang adalah tumbuhnya jerawat. Jerawat disebabkan oleh berlebihannya minyak di dalam pori-pori wajah yang tercampur dengan bakteri atau kuman sehingga mengalami pembengkakan dan jadilah sebuah jerawat. Jerawat dialami oleh berbagai usia dan jenis kelamin namun paling banyak dialami oleh remaja yang baru dalam masa pubertasnya.

Cara menggunakan daun binahong merah ini untuk mengatasi jerawat antara lain adalah dengan menumbuknya menjadi halus dan oleskan pada wajah atau digunakan seperti masker. Selain itu anda juga bisa membuat ramuan rebusan daun binahong merah dimana air rebusan ini nantinya digunakan untuk mencuci wajah secara teratur sebanyak 2 kali dalam sehari. Jika anda rutin mengenakannya selain mendapatkan wajah yang bebas dari jerawat, anda juga akan mendapatkan kulit wajah yang lebih kencang dan halus serta pori-pori tidak besar lagi.

Menggunakan daun binahong merah ini untuk mengatasi jerawat adalah cara yang sangat ampuh dan efektif dari herbal dari pada anda menggunakan obat kimia yang berpotensi menyebabkan efek samping pada kesehatan.

artikel terkait: manfaat acnolmanfaat batu es untuk wajah bopeng

  1. Mengatasi maag

Maag merupakan penyakit di dalam lambung karena kelainan produksi asam lambung yang membuat lambung menjadi terasa perih ketika telat makan. Solusi terbaik untuk mengatasi maag adalah dengan tetap menjaga asupan makan yang teratur. Hal ini sangatlah penting untuk mencegah maag kambuh karena jika maag sudah kambuh dan baru diberi makan maka akan menyebabkan lambung menjadi lebih tidak enak lagi nantinya.

Pada penyakit maag yang sudah kronis bahkan bisa membuat penderitanya muntah darah jika telat makan dan beresiko harus diopname karena kondisi lambung yang sudah tidak tertahankan lagi. Oleh karena itu anda harus mengobatinya dengan baik supaya maag bisa teratasi dan berangsur membaik. Salah satu obat herbal yang bisa anda gunakan untuk mengatasi maag ini adalah menggunakan daun binahong merah.

Cara membuat daun binahong merah ini menjadi obat maag adalah dengan merebusnya sampai mendidih, setelah itu saring dan biarkan agak dingin kemudian baru bisa anda minum secara rutin setiap harinya. Anda bisa merasakan hasilnya dari konsumsi ramuan rebusan daun binahong merah ini dalam beberapa bulan ke depan. Tentu saja anda akan merasaka perubahan besar pada gangguan maag yang anda alami.

artikel terkait: manfaat buah naga bagi penderita maagmanfaat puasa untuk penderita maag

  1. Mengatasi kolesterol

Masalah kesehatan lainnya yang saat ini sedang menjadi pembicaraan banyak orang adalah masalah kolesterol. Kolesterol yang berlebihan dalam tubuh bisa membuat terganggunya peredaran darah hal ini disebabkan karena kolesterol menyumbat aliran darah. dalam jangka panjang jika kolesterol dibiarkan bisa menyebabkan berbagai jenis penyakit berbahaya diantaranya adalah penyakit stroke, jantung dan tekanan darah tinggi dimana penyakit tersebut adalah termasuk dalam jenis penyakit yang mematikan.

Untuk membantu mengatasi kolesterol anda bisa menggunakan daun binahong merah. Caranya adalah dengan merebus beberapa lembar daun binahong yang telah dicuci bersih dan kemudian direbus dengan air besih. Biarkan sampai air menyusut dan menjadi kental. Setelah itu diamkan hingga agak mendingin dan kemudian bisa anda minum langsung. Jika anda tidak suka dengan rasanya anda bisa menambahkan gula jawa atau madu untuk membuat rasanya semakin enak.

artikel terkait: manfaat alupkat bagi penderita kolesterolmanfaat okra untuk kolesterol

  1. Mengurangi asam urat

Tubuh setiap hari memproduksi asam urat dimana seharusnya asam ini akan ikut terbuang melalui urin. Namun terkadang asam ini mengalami penumpukan atau pengendapan di bagian persendian yang berbentuk Kristal tajam sehingga memberikan rasa sakit yang tidak tertahankan bagi para penderitanya. Jika asam urat dibiarkan dan tidak diobati maka berpotensi menyebabkan kelumpuhan bagi penderitanya.

Mengobati asam urat bisa menggunakan daun binahong, caranya adalah dengan meminum ramuan rebusan dari daun binahong merah. Rebusan daun binahong merah ini akan sangat efektif dan aman bagi anda para penderita asam urat. Minumlah ramuan rebusan daun binahong secara rutin supaya bisa mendapatkan hasil yang maksimal. jika anda hanya meminumnya sekali atau dua kali saja maka hasilnya tidak akan bisa terlihat karena membutuhkan konsumsinya secara rutin.

artikel terkait: manfaat oatmeal untuk asam uratmanfaat jeruk nipis untuk asam urat

  1. Obat pasca operasi

Jika anda telah melakukan operasi pastinya menimbulkan bekas luka pasca operasi ini. luka bekas operasi terkadang tidak kunjung sembuh dan membuat para penderitanya menjadi susah untuk melakukan berbagai jenis kegiatan. Nah, untuk membantu mengatasi masalah luka bekas operasi maka anda bisa menggunakan bantuan dari daun binahong merah. Caranya sangat mudah saja, anda hanya harus menyiapkan 20 daun binahong yang masih muda dan pilih yang lebar ya, kemudian siapkan juga 3 gelas air bersih. Cuci daun binahong sampai bersih dan kemudian rebus dengan 3 gelas air tadi. Tunggulah sampai mendidih dan sampai air menyusut menjadi 2 gelas saja. setelah itu angkat dan biarkan sampai cukup hangat. Kemudian minumlah secara rutin 2 kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal pada penyembuhan luka operasi.

artikel terkait: 9 manfaat neraca pembayaranmanfaat bioseven

, , ,
Oleh :
Kategori : Herbal