26 Manfaat Daun Cocor Bebek Untuk Kesehatan dan Keseleo

Manfaat daun cocor bebek telah melegenda dapat mengatasi berbagai keluhan penyakit di Indonesia, ia dikenal sebagai tumbuhan herbal. MASYARAKAT mengenalnya sebagai cucur bebek, cocor bebek atau suru bebek (Kalanchoe pinnata). Daunnya berdaging tebal dan mengandung banyak air (sukulen). Tanaman berwarna hijau kebiruan ini memiliki batang yang lunak dan beruas.  Sesuai namanya, sekilas tanaman ini memang mirip dengan paruh bebek.

Tanaman ini tumbuh liar di kebun dan pinggir parit atau tebing yang berbatu. Ia dikenal sebagai tanaman hias. Tanaman ini mudah sekali tumbuh. Tunas daun yang ditanam begitu saja akan tumbuh tunas dan akar baru dari pangkal daun. Akar dan tunas inilah yang akan menjadi tanaman cucur bebek yang baru.

daun cocor bebekSayangnya, masyarakat hanya mengenal cucur bebek sebagai tanaman hias, padahal beberapa literatur memasukkannya sebagai obat tradisional yang mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit. Para peneliti Universitas Osaka, Jepang, menyebutnya sebagai tanaman yang mengandung senyawa yang sangat efektif untuk memusnahkan sel-sel mutan penyebab kanker (Bryopgikkian A).  Semua bagian dari daun cucur bebek ini bisa dipakai sebagai obat, namun orang lebih banyak memanfaatkan  daunnya.

Daun cucur bebek memiliki sifat farmakologi sebagai anti radang, menghentikan pendarahan, mengurangi pembengkakan, dan mempercepat penyembuhan pada luka-luka memar. Daun cucur bebek mengandung damar, zat lendir, magnesium malat, kalsium oksalat, asam formiat, vitamin C, tannin, asam lemon, asam apel, dan glucoside.

Manfaat cocor bebek memang telah dikenal luas, secara khusus, masyarakat dapat memanfaatkan cucur bebek sebagai obat tradisional untuk :

1. Obat Penyakit Wasir. Cucur bebek dapat menghentikan perdarahan pada penyakit wasir. Daun ditumbuk halus, dianginkan dan dikeringkan seperti bubuk teh. Cara menggunakaannya, satu sendok bubuk teh dicampur dengan satu sendok teh madu, kemudian disedu dengan air panas. Minumlah secara teratur seduan tadi 3 (tiga) kali sehari selama beberapa hari.

Baik juga untuk wasir :

2. Obat Atasi Amandel. Siapkan 10 helai daun cucur bebek kemudian dilumatkan. Air perasan yang keluar ditampung dan dibuat untuk berkumur.

Baik untuk amandel:

3. Obat Penyakit Nyeri Lambung. Siapkan 5 helai daun cucur bebek, kemudian diblender menjadi juice dengan ditambah air biasa secukupnya. Tambahkan sedikit garam agar tidak berasa anyir. Air juice kemudian disaring menjadi 2 gelas dan siap diminum. Penyakit lambung seperti nyeri atau maag, akan hilang.

Baik untuk nyeri lambung:

4. Obat Muntah Darah. Cucur bebek bisa untuk menghentikan pasien yang muntah darah. Siapkan 7 – 8 helai daun cucur bebek, dan kemudian lumatkan. Tampung air lumatan, tambahkan dengan gula merah dan campurkan dalam segelas air hangat. Minumkan ke pasien selagi hangat.

Baik untuk obat muntah darah :

5. Obat Kompres Demam. Bila anak-anak demam, lumatkan 2 – 4 helai daun cucur bebek, dan tempelkan di dahi / kepala sebagai kompres untuk menurunkan panas. Airnya bisa juga dibalurkan sebagai kompres badan.

Baik untuk kompres demam:

6. Obat Herbal Penyakit Asma. Potong kecil-kecil daun cucur bebek, dan kemudian keringkan. Sedu dengan air hangat dan tambahkan madu secukupnya seperti kalau kita membuat air teh. Minum secara rutin dan teratur untuk obati penyakit asma.

Baik untuk penyakit asma:

7. Obat Sakit Gigi. Siapkan 4 – 6 helai daun cucur bebek, kemudian lumatkan. Tempelkan di atas pipi gigi yang sakit. Lakukan sesering  mungkin sampai hilang rasa sakit giginya.

Baik untuk obat sakit gigi:

8. Obat Anti Bakteri. Daun cucur bebek dapat digunakan sebagai obat antibakteri. Luka memar dan luka terbuka (seperti luka karena jatuh) dapat ditempel dengan daun cucur bebek yang sudah dilumatkan. Ganti setiap sore hingga luka mengering.

Baik untuk anti bakteri:

9. Obat Radang Telinga Luar. Gunakan air perasan daun cocor bebek yang telah dilumatkan dan kucurkan ke telinga sebagai obat tetes telinga.

Baik untuk radang telinga luar:

10. Obat Bisul. Cucur bebek bisa untuk mengeringkan bisul. Siapkan 7 – 8 helai daun cucur bebek, dan lumatkan jadi satu. Campur dengan madu, dan air hangat, dan minum sebagai antiseptik. Sisa lumatannya ditempelkan ke bisul. Lama kelamaan bisul akan pecah dan mengering.

Baik untuk obat bisul:

11. Obat Gigitan Nyamuk. Lumatkan 5 – 10 helai daun cucur bebek dan peras airnya. Gunakan airnya sebagai pengoles luka gigitan nyamuk. Lakukan pengolesan setiap hari sampai bekas luka gigitan menghilang.

Baik untuk gigitan nyamuk:

12. Obat Keseleo. Siapkan 10 helai daun cucur bebek, lalu lumatkan. Tempelkan ke bagian tubuh yang keseleo dan diamkan selama 30 menit. Lakukan setiap hari sampai benar-benar sembuh.

Baik untuk keseleo:

13. Mengatasi Gangguan Kencing. Mengobati kandung kemih adalah dengan membuat tanaman jus daun cocor bebek. Jus ini sangat baik dan efektif untuk menyembuhkan gangguan kandung kemih. Untuk masalah urin pria, buat 40-60 ml rebusannya dengan 2 gm. Madu dicampur di dalamnya. Konsumsilah ramuan ini dua kali sehari.

14. Mengatasi Batu Ginjal. Mengobati batu ginjal membuat ramuan dengan 40-50 ml tanaman ini dan bercampur dengan madu murni. Gunakan untuk pagi dan sore hari. Ramuan Ayurveda ini bisa mengobati batu empedu dengan mudah.

15. Leukemia. Berikan 5-10 tetes ekstrak daun ajaib ini, lakukan dua kali sehari. Hal ini bermanfaat bagi kanker darah.

16. Mengobati masalah vagina. Jika wanita mengalami aliran di vagina maka segera gunakan kebesaran dan manfaat tanaman kehidupan. Berikan rebusan 40-60 ml dengan 2 gm. Madu dicampur di dalamnya dan berikan dua kali sehari.

17. Menyembuhkan sakit kepala. Selanjutnya, manfaat kesehatan dari tanaman kehidupan adalah mengobati sakit kepala. Hancurkan dedaunan dan tempelkan di dahi. Obat dapat membantu Anda menyingkirkan sakit kepala.

18. Mengobati sakit mata. Buat ekstrak tumbuhan hidup dan oleskan ke lingkaran mata. Ramuan ini akan mengobati rasa sakit di mata putih Anda.

19. Mengobati perdarahan diare. Berikan jus daun 3-6 gm dan dengan biji jintan dan masukkan juga ghee. Berikan ramuan ini dua kali sehari untuk pasien. Dia akan mengontrol darah saat diare.

20. Sembuhkan keputihan. Selanjutnya, manfaat kesehatan dari tanaman kehidupan adalah mengendalikan keputihan. Buat ramuan dari daun tanaman magis ini dan minum dua kali sehari. Hal ini akan menunda aliran darah di pembuluh darah.

21. Bagus untuk hati. Daun cocor bebek bermanfaat bagi kesehatan hati. Jadi, tanaman ini bisa menyembuhkan penyakit dengan cepat.

22. Membantu kesehatan jantung. Ramuan dari tanaman magis ini juga sangat baik untuk meningkatkan kesehatan jantung. Hal ini akan menjaga kesehatan organ yang paling penting ini.

23. Mengobati batuk dan pilek. Jika Anda menderita batuk dan pilek biasa, cukup gunakan jus dari daun tanaman kehidupan. Selain itu, ramuan ajaib ini juga bisa mengobati asma.

24. Manfaat Diuretik. Salah satu manfaat kesehatan tanaman hidup adalah sebagai diuretik. Jus daun Bryophyllum pinnatum bisa menyembuhkan masalah kencing. Minum jus daun ini dua kali sehari dan kelainan urin akan segera sembuh.

25. Bermanfaat untuk penderita diabetes. Manfaat Bryophyllumpinnatum bisa mengendalikan diabetes. Rebus ramuan daun ajaib ini dan minum dua kali sehari. Obat tradisional ini bisa menurunkan gula darah Anda.

26. Mengobati sembelit . Daun kering Bryophyllum pinnatum bisa dijadikan teh. Manfaat teh ini efektif untuk menyembuhkan sembelit.

Meski belum banyak dikenal, namun cucur bebek telah dipakai sebagai obat herbal tradisional untuk mengobati berbagai macam penyakit. Ia bisa menjadi alternatif pertama dalam penanganan penyakit sebelum ditangani dokter.