10 Manfaat Daun Salam Bakar Bagi Kesehatan

Umumnya daun salam banyak digunakan untuk menambah cita rasa di dalam masakan. Namun ternyata daun salam juga memiliki fungsi lain yaitu sebagai zat aromaterapi yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Daun salam dapat dapat memberi efek aromaterapi dengan cara membakarnya. Hal ini belum banyak dilakukan oleh masyarakat, karena manfaat yang diberikan oleh daun salam bakar ini juga belum banyak diketahui. Berikut adalah beberapa manfaat daun salam bakar yang dapat kami ulas :

Baca Juga:

1. Membantu meringankan stress

Aroma yang dihasilkan dengan membakar daun salam di dalam ruangan dapat memberikan sensasi relaxasi untuk tubuh sehingga rasa lelah ataupun stress yang drasakan setelah beraktivitas seharian dapat berkurang. (Baca juga : Manfaat minyak zaitun, Manfaat minyak akar wangi, Manfaat minyak biji rami, Manfaat minyak zatun afra ekstra).

2. Meringankan sakit kepala

Bagi sebagian orang, menghirup aroma daun salam yang dibakar juga dapat membantu mengurangi rasa sakit kepala atau rasa nyeri lainnya. (Baca juga : Manfaat daun oregano, Manfaat daun singkong arab, Manfaat daun bengang, Manfaat daun sirih merah).

3. Menghilangkan kecemasan berlebih

Daun salam memiliki kandungan senyawa linalool yang memiliki fungsi utama menghilangkan kecemasan. Sehingga cukup dianjurkan bagi anda yang sering mengalami kecemasan berlebih untuk menggunakan aroma hasil pembakaran daun salam. (Baca juga : Manfaat tanaman cendana, Manfaat daun jambu air, Manfaat doa Nabi Yusuf, Manfaat kayu albasia).

4. Mengatasi insomnia

Insomnia atau gangguan susah tidur ini dapat mengurangi produktifitas anda saat bekerja. Hal ini dapat diatasi salah satunya dengan membakar daun salam di ruangan anda saat akan tidur. Maka aroma daun salam tersebut akan memberi efek relaksasi yang dapat mengurangi gangguan insomnia. (Baca juga : Manfaat jamur dipo, Manfaat akar bahar, Manfaat daun sirih hitam).

5. Menyehatkan sistem pernapasan

Kandungan senyawa kimia di dalam daun salam sendiri cukup beragam. Beberapa diantaranya seperti eugenol dan myrcene yang dipercaya memberi khasiat sebagai zat antiinflamasi. Saat mengalami gangguan pernapasan atau penyakit seperti batuk maka menghirup uap dari daun salam yang dibakar ini dapat menjadi alternatif. Zat anti inflamasi yang ada di dalam daun salam akan masuk ke saluran pernapasan dan membantu menghilangkan dahak atau lendir yang menempel di paru-paru. (Baca Juga: Manfaat Kunyit untuk Paru paru , Manfaat Madu untuk Paru paru)

6. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Beberapa penelitian medis menyatakan bahwa senyawa-senyawa anti bakteri, anti jamur, dll yang ada dalam daun salam dapat membantu menghindarkan anda dari berbagai macam penyakit. (Baca juga : Manfaat methi untuk kecantikan, Manfaat jus rumput gandum, Manfaat jus mengkudu, Manfaat batang talas).


7. Menambah energi / semangat

Salah satu cara untuk menambah energi selain dengan mengkonsumsi obat-obatan / suplemen juga bisa dengan menghirup uap yang dihasilkan dari daun salam yang dibakar. Hal ini tentu lebih murah dan tanpa efek samping.

Baca Juga:

8. Melancarkan sirkulasi darah

Uap daun salam yang dibakar juga mampu membantu melancarkan sirkulasi darah di dalam tubuh. Namun pastikan bahwa anda tidak menghirup asap hasil pembakarannya secara langsung. (Baca juga : Manfaat wall sit, Manfaat olahraga terjun bebas, Manfaat olahraga angkat barbel).

9. Memperbaiki mood
10. Membantu proses penyembuhan, dll.

Artikel terkait : Manfaat daun kelor kering , Manfaat daun salam koja, Manfaat daun binahong, Manfaat daun sukun untuk darah tinggi, Manfaat daun kemangi, Manfaat daun jambu biji ungu, Manfat minyak lavender, Manfaat bunga arum dalu

, ,
Oleh :
Kategori : Herbal