14 Manfaat Energi Angin dalam Kehidupan Sehari-hari

manfaat energi anginEnergi angin merupakan salah satu jenis energi yang mungkin tidak pernah kita sadari. Sesuai dengan namanya, energi angin memanfaatkan kekuatan dan tenaga angin untuk menggerakan sesuatu. Angin sendiri merupakan udara yang bergerak, sehingga dapat menimbulkan gaya. Energi angin sebenarnya dapat muncul setiap saat dan setiap waktu, namun intensitasnya tidak tentu, kadang besar dan juga kadang kecil, sehingga sulit diprediksi. Namun demikian ada beberapa daerah yang sering berangin, sehingga sering dimanfaatkan energinya.

Energi angin dimanfaatkan tidak hanya oleh manusia, namun juga semua makhluk hidup yang ada di bumi. Apa saja manfaat dari energi angin? Berikut ini adalah beberapa diantaranya :

1. Pembangkit listrik

Manfaat yang pertama dari energi angin ialah sebagai salah satu sumber pembangkit listrik. Energi angin dapat menggerakan alat yang sering kita kenal dengan istilah kincir angin sebagai pembangkit listrik. Dengan menggunakan energi angin sebagai pembangkit listrik, maka kita akan dapat mengurangi pencemaran dan polusi udara, serta menjaga keutuhan cadangan bahan bakar .

2. Penggerak kapal layar

Saat ini, masih ada beberapa kapal nelayan yang melaut dengan memanfaatkan energy angin. Dengan menggunakan kapal layar, maka kapal yang mereka tumpangi dapat bergerak, tanpa menggunakan mesin sekalipun. Manfaat energi angin bagi nelayan sebagai penggerak dari kapal layar ini adalah :

  • Ekonomis, dan hemat biaya
  • Desain kapal yang lebih simpel
  • Tidak menimbulkan pencemaran udara
  • Tidak berisik
  • Pesawat terbang

Pesawat terbang dan benda-benda lain yang terbang dengan menggunakan mesin juga memanfaatkan energy angin untuk bergerak dan terbang. Dengan memanfaatkan energI angin dan juga mesin, maka pesawat dapat terbang dan mempertahankan posisinya di udara.

3. Olahraga angin dan udara

Jangan mengira bahwa olahraga hanya dapat dilakukan di udara saja. Beberapa olahraga dapat memanfaatkan energi angin untuk dilakukan berikut ini adalah beberapa jenis olahraga yang membutuhkan energy angin :

  • Terjun payung
  • Paralayang
  • Paragliding
  • Gantole

Beberpa olahraga tersebut dapat dilakukan dengan memanfaatkan energy angin, yang membantu pengaturan arah ketika melakukan olahraga tersebut.

4. Permainan dan hiburan

Energi angin juga dapat dimanfaatkan sebagai hiburan sederhana, yang pastinya sudah pernah anda lakukan di masa kecil. Bermain layangan dan pesawat-pesawatan dari kertas membutuhkan energi angin agar dapat dimainkan. Apabila tidak ada energi angin, maka pastinya kedua permainan tersebut tidak dapat dimainkan.

5. Relaksasi

Manfaat energi angin bagi manusia seringkali berguna sebagai salah satu metode relaksasi. Angin memberikan efek yang menyejukkan dan dapat menyegarkan, sehingga dapat menyebabkan seseorang merasa rileks ketika berhadapan dengan angin. Angin, selain terbentuk secara alami, dapat juga dibuat dengan cara menggunakan kipas angin.

6. Pemanfaatan dalam irigasi

Saluran irigasi sering memanfaatakn kincir angin untuk mendistribusikan air ke saluran-saluran irigasi. Kincir angin yang digunakan untuk mendistribusikan air untuk irigasi tersebut juga bekerja dengan menggunakan energy angin.

7. Untuk menentukan arah

Manfaat lain dari angin ialah dapat menentukan arah angin. Biasanya dengan menentukan arah angin ini, kita dapat menyimpulkan arah mata angin, utara, barat, timur, dan selatan. Selain itu dengan mengetahui arah angin, maka kita dapat mencari jalan, seperrti kata pepatah ‘gone with the wind’ yang artinya pergilah mengikuti arah angin.

8. Penggunaan dalam prinsip aerodinamika

Prinsip aerodinamika wajib hukumnya memanfaatkan energy angin. Prinsip aerodinamika ini adalah suatu prinsip yang menggabungkan desain modeling suatu benda yang dipadukan dengan gerakan dan arah dari energy angin. Jadi manfaat energi angin bagi kehidupan, prinsip aerodinamika dapat bekerja secara sempurna. Prinsip aerodinamika ini biasanya diaplikasikan pada :

  • Mobil balap
  • Kendaraan bermotor
  • Pesawat terbang
  • Rudal dan peralatan perang

9. Perkembangbiakan tumbuhan

Tumbuhan juga memanfaatkan energi angin ini. Tumbuhan biasanya secara alami memanfaatkan energi angin untuk melakukan penyebaran benih untuk kepentingan perkembangbiakan mereka. ada banyak sekali jenis tanaman yang berkembang biak dengan cara melepaskan spora dan benih ke udara. Kemudian manfaat energi angin bagi tumbuhan secara alami akan membawa spora dan benih tersebut ke suatu tempat untuk kemudian tumbuh dan berkembang biak.

10. Sebagai ventilasi

Pada pabrik-pabrik industri besar, yang tidak memungkinkan untuk menggunakan AC atau pendingin ruangan untuk menjaga sirkulasi udara. Maka sering memanfaatkan ventilasi bullat yang berputar dan memberikan sirkulasi udara dengan memanfaatkan energi angin. Biasanya ventilasi ini berbentuk bulat, seperti kubah masjid, dan memiliki sirip-sirip yang terbuat dari bahan aluminium ringan, sehingga dapat berputar dan menjaga sirkulasi udara.

11. Pembentukan batuan

Angin juga berperan penting dalam prosis abrasi dan pembentukan batuan-batuan yang kita kenal saat ini.beberapa jenis batuan memiliki bentuk alami yang disebabkan oleh abrasi karena pengaruh energi angin, yang akhirnya membentuk batuan tersebut.

12. Sebagai media pembersih

Halaman rumah dan pekarangan anda kotor oleh debu dan dedaunan? Tenang saja, anda dapat memanfaatkan energy angin buatan untuk membersihkannya. Blower, merupakan suatu alat penghasil energy angin yang efektif membantu membersihkan pekarangan rumah anda dari debu – debu serta kotoran yang mengganggu pemandangan.

13. Mengeringkan pakaian dan rambut

Ini merupakan manfaat energi angin yang sering kita gunakan sehari-harinya. Untuk mengeringkan pakaian dan rambut. Dengan memanfaatkan energi angin alami, pakaian yang baru anda cuci bisa menjadi kering apa bila digantung di luar dan diterpa angin. Begitu pula dengan rambut anda, bisa kering dengan memanfaatkan energy angin.

14. Pendingin mesin

Ketika mendengar pendingin mesin, mungkin anda akan mengatakan radiator. Salah. Sebelum adanya radiator, dan hingga saat ini, energy angin masih dimanfaatkan guna mendinginkan mesin atau perangkat elektronik. Pengaplikasiannya antara lain :

  • Bentuk sirip-sirip pada bagian mesin, yang ditujukan untuk memberikan angin segar agar mesin tidak menjadi panas
  • Sirip-sirip pada peralatan elektronik
  • Kipas yang menghasilkan energi angin, untuk mendinginkan perangkat elektronik.

, , ,
Oleh :
Kategori : Alam