4 Manfaat Daun Ciplukan untuk Payudara Wanita

Ciplukan, tanaman asli dari Amerika ini sudah sering dijadikan untuk pengobatan herbal. Tanaman ini memang berhabitat di daerah tropis. Karena itu, di Indonesia ciplukan mudah untuk berkembang biak. Hampir semua bagian ciplukan punya khasiat untuk mengobati. Namun diantaranya adalah bagian daun yang dikenal punya banyak kandungan senyawa aktif. Daun ciplukan memiliki kandungan glikosida flavonoid yang masuk ke golongan luteolin.

Daun ciplukan juga mengandung banyak Vitamin C. Kandungan kloforil pada daun ciplukan juga mempengaruhi pengobatan lebih cepat. Selain itu, dalam daun ciplukan terdapat asam malat, tannin, alkanoid, kriptoxantin, gula, acid, sitrun, fisain, dan masih banyak lagi.

Daun ciplukan memang punya banyak kandungan yang berkhasiat. Meskipun kecil dan belum banyak dibudidayakan, ciplukan sudah dikenal sebagai tanaman pengobatan herbal. Untuk pengobatan banyak sekali yang bisa dilakukan daun ciplukan ini. Siapa sangka dari bentuk tanaman yang unik ia mampu mengobati penyakit mulai dari borok hingga kanker. Kemampuan daun ciplukan ternyata bisa mengobati beragam masalah payudara.

Baca juga :

Payudara sebagai bagian penting wanita memang terkadang dianggap punya masalah. Payudara sebagai aset wanita harus selalu dijaga. Apalagi payudaralah yang menjadi aset seumur hidup wanita. Saat belum menikah, setelah melahirkan, dan juga saat tua payudara masih menjadi bagian yang selalu menjadi perhatian. Seringkali masalah yang ada di payudara membuat wanita pusing untuk mencari solusinya.

Tak perlu pusing, daun ciplukan dengan segala kandungannya bisa membuat payudara lebih terjaga. Apa saja manfaat daun ciplukan untuk payudara? Simak pembahasannya di bawah ini:

  • Mengencangkan Payudara

Seiring dengan bertambahnya usia, volume payudara akan semakin berkurang. Hal ini karena pengaruh berkurangnya lemak yang ada di sekitar payudara. Kulit adalah bagian yang elastis. Ketika lemak di sekitar payudara berkurang, kulit sekitarnya tidak ikut menyusut. Hal ini lah yang membuat payudara terlihat lebih kendur. Ditambah lagi payudara akan berubah setelah menyusui. Selain itu, mengendurnya payudara bisa akibat dari penggunaan bra yang salah dan aktivitas olahraga. Mengoleskan ramuan ciplukan akan membuat payudara kembali kencang.

Baca juga :

  • Memperbesar Payudara

Penampilan fisik wanita sangat mempengaruhi rasa percaya diri. Banyak wanita yang tidak percaya diri karena memiliki payudara yang berukuran kecil. Kadang malah wanita merasa malu karena ukuran payudaranya. Untuk mengatasinya bisa menggunakan ramuan ciplukan yang dioles di sekitar payudara. Selain membuat payudara lebih kencang, daun ciplukan bermanfaat juga untuk membuat payudara lebih berisi. Ramuan ciplukan ini mampu memberikan nutrisi pada payudara dan menjaganya agar bentuknya tetap. Ciplukan memberi dua manfaat sekaligus untuk membuat wanita lebih percaya diri.

Baca juga: Manfaat Daun Keji Beling.

  • Mengobati Kanker Payudara

Menjadi wanita memang tidak mudah. Apalagi ada kekhawatiran bagian penting yang dimilikinya terkena kanker. Kanker yang paling sering menyerang wanita adalah kanker payudara dan kanker leher rahim. Namun, untuk kanker payudara sudah ada penelitian yang menunjukkan bahwa daun ciplukan berkhasiat untuk mengobati kanker. Kandungan yang ada dalam daun ciplukan dipercaya mampu menjadi agen kemopreventif. Bahkan berdasarkan hasil penelitian secara in vitro ekstrak daun ciplukan bisa menekan pertumbuhan sel kanker hingga 20%.

Baca juga: Manfaat Sari KedelaiManfaat Sabun Gove.


  • Mengobati Tumor Payudara

Sebelum terdeteksi sebagai kanker, wanita harus waspada akan benjolan yang muncul disekitar payudara. Apalagi jika benjolan yang muncul membuat bagian sekitar payudara terasa nyeri. Wanita sebaiknya rutin mengecek setiap bulan apa ada benjolan disekitar ketiak sampai payudara yang terasa nyeri. Kadang wanita mengabaikan tanda-tanda ini. Padahal benjolan atau disebut tumor yang jika termasuk tumor ganas berpotensi kanker. Jika mengobati kanker saja bisa, maka ciplukan juga dipercaya bisa mengobati tumor. Menurut peneliti steroids, daun ciplukan bisa mengobati tumor ganas bahkan kanker.

Baca juga :

Setelah melihat berbagai manfaat ciplukan untuk payudara, mulai tertarik untuk mengolahnya? Banyak cara yang dapat digunakan untuk membuat ramuan herbal dengan bahan dasar daun ciplukan. Beberapa cara di bawah ini bisa coba dibuat di rumah:

Masker Ciplukan

Cara membuat masker ciplukan cukup mudah. Pertama, carilah tanaman ciplukan yang biasa tumbuh liar di sekitar semak. Ambil kurang lebih 10 lembar daunnya. Cuci bersih semua daun tersebut dengan menggunakan air. Lalu langkah berikutnya sebagai berikut:

  1. Siapkan 2 buah pinang muda. Pisahkan antara sabut dan dagingnya.
  2. Ambil daging pinang dan tumbuk hingga halus.
  3. Masukkan daun ciplukan yang sudah dicuci bersih. Tumbuk sampai halus.
  4. Tambahkan sesendok garam. Campur dengan cara diremas. Lalu, aduk sampai semua bahan tercampur rata.
  5. Masker ciplukan sudah siap dipakai.
  6. Cara pakainya oleskan masker ke payudara. Hindari mengoles sampai ke bagian puting.
  7. Tunggu hingga masker mengering.
  8. Bilas dengan air hangat sampai bersih.
  9. Gunakan masker ini  setiap 3 hari sekali untuk mendapatkan hasil maksimal. Setelah 2 minggu maka akan terlihat perubahannya di payudara.

Baca juga:


Minuman Anti Kanker Daun Ciplukan

Berdasarkan pengalaman seorang mantan penderita kanker payudara. Membuat ramuan ini hanya perlu air dan daun ciplukan. Berikut cara pembuatannya:

  1. Siapkan 7 lembar daun ciplukan. Jika tidak menanamnya di rumah, cobalah cari di sekitar semak belukar karena ciplukan banyak tumbuh secara liar.
  2. Cuci sampai bersih dengan menggunakan air.
  3. Kemudian, siapkan 2 gelas air untuk merebus.
  4. Rebus daun-daun tersebut hingga air yang tersisa tinggal 1 gelas.
  5. Sebagai kombinasi, bisa diselingi dengan umbi temulawak. Caranya parut 2 umbi temulawak lalu saring ke dalam segelas air.

Ramuan ini diminum setiap pagi. Jika bersama dengan temulawak bisa diselingi tiap satu hari. Jika rajin mengonsumsinya maka tumor ganas dan kanker bisa berkurang. Bahkan menurut pengalaman orang yang mengonsumsinya, benjolan sebesar kedelai di payudaranya tidak terasa lagi.

Baca juga:

Nah, itulah manfaat daun ciplukan untuk payudara dan juga cara membuat ramuan herbalnya. Jika Anda mengalami masalah seperti yang disebutkan diatas bisa mencoba memanfaatkan kehebatan daun ciplukan. Cara membuatnya pun mudah dan tidak repot. Anda bisa mulai menanam ciplukan di rumah.

Sebagai kombinasi ciplukan untuk pengobatan, jangan lupa tetap mengkonsumsi makanan yang bergizi. Agar payudara Anda tetap ternutrisi. Olahraga dengan benar pun penting demi menjaga keindahan payudara. Pola hidup sehat sangat penting untuk tubuh. Jadi, kapan Anda akan mulai mencoba khasiat ciplukan? Semoga bermanfaat.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Tuesday 11th, July 2017 / 07:58 Oleh :
Kategori : Herbal