14 Manfaat Jamur Dipo Untuk Kesehatan

Jamur dipo, biasa juga disebut dengan jamur kombucha. Jamur dipo ini merupakan sejenis jamur yang dihasilkan dari proses fermentasi larutan teh dengan gula. Jenis jamur yang menggunakan mikroba Acebactor xylium sebagai starternya ini dapat mudah tumbuh pesat dan sehat. Meskipun banyak tersebar di Jerman, jamur dipo berasal dari Asia Timur dan biasa dikonsumsi dalam bentuk minuman teh jamur dipo, atau biasa disebut dengan teh kombucha. Teh yang berasal dari jamur dipo merupakan salah satu jenis ramuan minuman kuno pada abad ke 20. Selain sebagai minuman kuno, ternyata minuman ramuan jamur dipo dapat dimanfaatkan untuk kesehatan tubuh.

artikel terkait:

Kandungan Jamur Dipo

Jamur yang berasal dari fermentasi teh dan gula ini dapat memproduksi berbagai macam zat yang sangat beragam. Beberapa zat hasil produksi hasil fermentasi teh dan gula tersebut diantaranya asam glukuronat, asam laktat, vitamin, asam amino, antibiotik, dan beberapa jenis zat lainnya yang dapat dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan. Beberapa kandungan dalam amur dipo tersebut dipercaya dapat digunakan untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan.

artikel terkait: manfaat jamur ascomycota

Manfaat Jamur Dipo

Tidak hanya dimanfaatkan sebagai teh kombucha dan dijadikan minuman saja, jamur dipo memiliki berbagai zat di dalamnya yang baik untuk tubuh. Dari beberapa penelitian yang telah dilakukan, bahwa jamur dipo ini memiliki zat yang dapat digunakan untuk mengatasi beberapa jenis masalah kesehatan yang dapat menimbulkan penyakit. Beberapa penyakit atau masalah kesehatan yang dapat diatasi dengan jamur dipo diantaranya:

  1. Menyembuhkan Sakit Kepala

Di beberapa negara, meyakini bahwa jamur dipo ini dapat menjadi obat berbagai jenis penyakit. salah satu jenis penyakit yang dapat diatasi dengan jamur dipo adalah sakit kepala. Sakit kepala terjadi karena adanya rasa nyeri pada kepala. Zat yang terkandung dalam jamur dipo dapat membantu menyembuhkan sakit kepala.

artikel terkait: toko obat herbal mulai menjamur di indonesia

  1. Mengatasi Sembelit

Kekurangan minum dan juga mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan serat rendah dapat menyebabkan sembelit. Mengalami sembelit akan menjadi masalah karena kotoran yang seharusnya dikeluarkan menjadi tertahan di tubuh dan dapat menyebabkan masalah kesehatan lain. Mengatasi sembelit dapat dilakukan dengan mengkonsumsi obat anti sembelit. Salah satu obat tradisional yang dapat digunakan untuk mengatasi sembelit adalah jamur dipo.

  1. Menjaga Kesehatan Sistem Penceraan

Tidak hanya dapat mengatasi sembelit, jamur dipo  juga dapat mengatasi masalah kesehatan sistem pencernaan lainnya. Zat aktif dalam jamur dipo dapat membantu menyeimbangkan cairan dalam sistem pencernaan dan juga mengatasi beberapa masalah seperti sembelit dan diare.

artikel terkait: manfaat jamur kombicha

  1. Membunuh Sel Kanker

Jamur dipo juga memiliki kandungan vitamin di dalamnya. Kandungan vitamin dalam amur dipo yang sangat beragam dapat membantu mencegah perkembangan sel kanker. Tidak hanya mencegah perkembangan sel kanker, akan tetapi juga membunuh sel kanker dalam tubuh. Sehingga tubuh dapat terhindar dari penyakit kanker, karena zat yang terkandung dalam jamur dipo ini dapat membantu menghancurkan sel kanker.


  1. Menetralkan Racun Dalam Tubuh

Berbagai jenis racun dapat masuk ke dalam tubuh dengan mudah. Racun yang masuk ke dalam tubuh bisa dari makanan maupun lingkungan udara sekitar. Penetral racun yang sudah terlanjur masuk ke dalam tubuh adalah organ hati. Namun, apabila racun yang masuk terlampau banyak, maka hati akan bekerja dengan berat untuk menetralkan racun tersebut. Untuk membantu menetralkan racun yang masuk dalam tubuh, dapat dengan mengkonsumsi jenis jamur dipo. Karena kandungan dalam jamur dipo dapat membantu fungsi hati dengan membantu menetralkan racun dalam tubuh.

artikel terkait: manfaat jamur tiram

  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Menjalani banyak aktivitas dapat menyebabkan tubuh lelah dan mudah terkena penyakit. hal ini juga dpaat terjadi karena kekebalan tubuh yang rendah. Mengkonsumsi makanan atau minuman yang bernutrisi seperti jamur dipo dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh sehingga tubuh tidak rentan terserang berbagai jenis penyakit.

  1. Mengatasi Asam Urat

Beberapa jenis makanan dapat menyebabkan produksi asam urat dalam tubuh meningkat. Namun ada juga jenis makanan maupun minuman yang dapat menurunkan kadar asam urat dalam tubuh, salah satunya dengan jamur dipo. Mengkonsumsi jamu dipo dapat membantu menurunkan kadar asam urat berlebih pada tubuh.

artikel terkait: manfaat jamur kuping

  1. Bersifat Antiinflamasi

Sifat antiinflamasi yang dimiliki oleh jamur dipo dapat membantu mengurangi peradangan yang terjadi pada tubuh.

  1. Menjaga Kesehatan Ginjal

Manfaat lain dari jamur dipo, yakni dapat membantu melancarkan diuresis atau pengeluaran urine dengan lancar. Pembuangan zat yang tidak dibutuhkan oleh tubuh dapat berjalan dengan lancar, sehingga kerja ginjal dapat lebih ringan dan tubuh tidak menimbun zat yang tidak bermanfaat.

artikel terkait: manfaat jamur kuping hitam putih

  1. Meredakan Nyeri Haid

Tidak hanya dapat menyembuhkan nyeri pada kepala, akan tetapi, kandungan zat yang terkandung di dalam jamur dipo dapat membantu meredakan nyeri haid yang sering dialami oleh beberapa wanita yang mengalami masalah saat sedang haid.

  1. Menjaga Kesehatan Tulang

Jamur dipo memang dihasilkan dari hasil fermentasi, akan tetapi, memanfaatkan jamur dipo dapat digunakan untuk menjaga kesehatan tulang. Serta dapat menceah tulang terkena beberapa jenis penyalit tulang seperti osteoporosis.

artikel terkait: manfaat jamur kuping

  1. Mengatasi Insomnia

Meskipun berasal dari fermentasi teh, jamur dipo juga dapat dijadikan teh dalam bentuk lain yang berasal dari jamur dipo itu sendiri. Memanfaatkan teh yang berasal dari jamur dipo ini dapat membantu mengatasi insomsia atau sulit tidur bagi beberapa orang.

  1. Mencegah Diabetes

Kelebihan gula darah dalam tubuh dapat menyebabkan penyakit gula atau diabetes. Mengkonsumsi teh yang berasal dari jamur dipo dapat membantu menurunkan gula darah dalam tubuh, sehinga tubuh akan terhindar dari penyakit diabetes.

artikel terkait: manfaat jamur zygomycota

  1. Meningkatkan Imunitas

Memberikan jamur dipo secara teratur pada anak yang sedang dalam masa pertumbuhan dapat membantu meningkatkan imunitas anak tersebut. Dengan sistem imunitas yang baik, pada masa perkembangannya, daya tahan tubuh anak juga dapat meningkat sehingga tidak mudah terserang penyakit.

artikel terkait: manfaat jamur

Jamur dipo lebih banyak dikenal dengan sebutan jamur kombucha yang dapat pemanfaatannya disajikan dalam bentuk teh. Teh yang berasal dari jamur dipo ini dipercaya sejak lama menjadi minuman tradisional kuno yang dapat membantu mengatasi berbagai jenis penyakit. Biasanya, beberapa jenis jamur dapat menyebabkan orang yang mengkonsumsinya keracunan, akan tetapi jamur dipo ini tidak menyebabkan keracunan, malahan dapat menjadi obat untuk berbagai jenis penyakit.

,
Oleh :
Kategori : Herbal