48 Manfaat Daun Kelor Kering Untuk Kesehatan

Berbagai jenis sayuran diketahui memiliki berbagai kandungan gizi yang dapat menutrisi tubuh sehingga dapat menyehatkan. Salah satu jenis sayuran yang kini mulai populer yakni daun kelor. Daun kelor mulai populer ketika ada sumber yang menyatakan bahwa daun kelor dapat mengatasi berbagai jenis penyakit. Daun kelor banyak dimanfaatkan seperti daun bayam yang dapat dijadikan sayur bening dan juga ‘kulupan’. Cara menanam tanaman kelor juga sangat mudah, karena kelor merupakan jenis tumbuhan yang mudah hidup, asalkan kadar air pada tanah mencukupi. artikel terkait:

Kandungan Gizi Daun Kelor

Jenis tumbuhan dengan nama latin Moringa oleifera ini memiliki berbagai kandungan di dalamnya. Oleh sebab itu, daun kelor sangat populer dan dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan yang dialami oleh banyak orang. Banyak yang menyatakan bahwa, setelah mengkonsumsi daun kelor, tubuh menjadi lebih sehat dan penyakit yang dialami berangsur membaik. Kandungan nutrisi yang ada di dalam daun kelor tersebut yang menjadikan daun kelor dapat membantu mengatasi beberapa masalah kesehatan. Beberapa kandungan dalam daun kelor diantaranya:

  • Arginin
  • Leusin
  • Metionin
  • Vitamin
  • Fosfor
  • Kalsium,
  • Protein
  • Kalium
  • Zat Besi
  • Potassium

artikel terkait: manfaat daun kelor untuk jantung

Manfaat Daun Kelor Kering Jenis sayur seperti daun kelor banyak diolah ketika masih dalam keadaan daun segar. Beberapa produk olahannya biasanya berupa sayur bening maupun sayur ‘kulupan’ yang kemudian ditambahkan sambal untuk menikmatinya. Akan tetapi, ternyata memanfaatkan daun kelor untuk kesehatan tidak hanya saat daun kelor masih segar saja. Daun kelor juga dapat dikeringkan, dan tetap memiliki khasiat untuk tubuh. Daun kelor kering ini tidak kalah dengan daun kelor yang diolah ketika masih dalam keadaan segar. Dalam keadaan kering, daun kelor juga memiliki berbagai manfaat di dalamnya. Beberapa manfaat daun kelor kering diantaranya:

  1. Mengatasi Batuk

Batuk memang dianggap sebagai penyakit ringan, namun batuk yang tidak segera diobati dapat menyebabkan batuk berkepanjangan. Tidak hanya dengan meminumobat batuk, mengatasi batuk dapat dilakukan dengan menggunakan daun kelor kering.

artikel terkait: manfaat daun kelor untuk diabetes

  1. Mengatasi Muntah Darah

Muntah darah sangat membahayakan bagi tubuh apabila tidak segera diatasi. Gunakan daun kelor kering untuk mengatasi muntah darah yang dialami.

  1. Menyembuhkan Kencing Manis

Penderita yang mengalami kencing manis biasanya mengatasinya dengan mengkonsumsi obat agar kencing manis yang dialami segera teratasi.

  1. Sebagai Obat Patah Tulang

Patah tulang merupakan jenis penyakit yang memang memerlukan tenaga medis untuk mengatasinya. Untuk menyatukan tulang yang patah, biasannya dilakukan operasi dan memakan biaya yang sangat mahal. Cara alami yang dapat dilakukan penderita patah tulang yakni mengkonsumsi daun kelor kering.

artikel terkait: manfaat daun kelor untuk mata

  1. Meningkatkan Hemoglobin Darah

Apabila hemoglobin rendah, maka akan tubuh akan  mudah terkena anemia. Tubuh akan menjadi lemas dan mudah sakit. Mengkonsumsi daun kelor kering dapat membantu meningkatkan hemogobin darah, karena kandungan zat besi dalam daun kelor kering lebih banyak dibandingkan dengan bayam.

  1. Mengatasi Masalah Paru-paru

Lingkungan udara yang kotor, banyak perokok dan jalanan yang banyak polusi dapat menyebabkan masalah pada paru-paru seperti bronkhitis. Untuk mengatasinya, mengkonsumsi daun kelor kering dapat membantu kembali menyehatkan paru-paru.

  1. Menyembuhkan Peradangan Pada Ginjal

Mengkonsumsi daun kelor kering dapat membantu mengurangi peradangan yang terjadi pada ginjal. Sehingga ginjal dapat bekerja sesuai dengan fungsinya kembali.

artikel terkait: manfaat biji kelor

  1. Memulihkan Gagar Otak Ringan

Benturan maupun trauma dapat menyebabkan gagar otak ringan. Untuk memulihkannya, mengkonsumsi daun kelor kering dapat membantu proses pemulihan gagar otak ringan.

  1. Mencegah Terjadinya Penyakit Liver

Liver atau hati sangat rentan terhadap penyakit. Untuk itu, harus dilakukan pencegahan agar liver tetap sehat salah satunya dengan memanfaatkan daun kelor kering.

  1. Menyembuhkan Penyakit Gatal

Gatal dapat terjadi karena berbagai hal. Cara mengatasinya biasanya dengan bedak obat gatal, selain itu dapat menggunakan daun kelor kering.

artikel terkait: manfaat kayu les kelor

  1. Mengatasi Disentri

Ketika mengalami disentri, tubuh dapat menjadi banyak kekurangan cairan apabila tidak segera diatasi. Apabila tidak sempat untuk membawanya kepada tim medis, cara alami yang dapat dilakukan yakni memberikan enderita disentri daun kelor kering.

  1. Mengatasi Mimisan

Mengatasi mimisan biasanya dengan daun sirih. Selain itu, mimisanjuga dapat diatasi dengan menggunakan daun kelor kering.

  1. Mengecilkan Ambeien

Ambeien dapat menyebabkan rasa tidak nyaman bahkan rasa sakit pada penderitanya ketika duduk. Ambeien dapat berangsur membesar apabila tidak segera diatasi. Daun kelor kering dapat membantu mengecilkan ambeien dan menghilangkannya.

artikel terkait: manfaat daun kelor

  1. Menyembuhkan Luka Bakar

Yang dirasakan ketika mengalami luka bakar adalah panas, gatal dan perih. Untuk mengatasinya, dapat memanfaatkan daun kelor kering.

  1. Menyembuhkan Luka Sayat

Ketika terkena pisau atau luka sayat lainnya, biasanya akan diatasi dengan menempelkan handsaplast pada bagian luka. Selain itu, cara alami yang dilakukan yakni dengan daun kelor kering.

  1. Mempercepat Penyembuhan Setelah Operasi

Setelah mengalami operasi, masa penyembuhan sangatlah penting agar tubuh dapat cepat pulih. Nutrisi dan kandungan dalam daun kelor kering dapat membantu mempercepat penyembuhan setelah operasi.

artikel terkait: manfaat daun kersen untuk kolesterol

  1. Memulihkan Kondisi Ibu Melahirkan

Sama halnya dengan pasen pasca operasi, ibu yang habis melahirkan juuga harus dipulihkan kondisinya sehingga dapat optimal menjaga bayinya. Dengan daun kelor kering, kondisi ibu setelah melahirkan dapat cepat pulih.

  1. Membantu Melancarkan Haid

Haid yang tidak lancar dapat menyebabkan rasa sakit dan pegal pada sekujur tubuh. Tidak hanya mengkonsumsi obat, memanfaatkan daun kelor kering juga dapat membantu melancarkan haid.

  1. Mengatasi Terjadinya Bengkak pada Usus

Pembengkakan pada usus dapat menyebabkan penyerapan makanan terganggu. Kandungan dalam daun kelor kering dapat membantu mengatasi terjadinya bengkak pada usus.

artikel terkait: manfaat daun sukun untuk jantung

  1. Mengatasi Masalah Gusi Berdarah

Kekurangan vitamin bisa jadi menjadi salah satu penyebab gusi berdarah. Meskipun dalam keadaan kering, daun kelor tetap memiliki berbagai kandungan vitamin di dalamnya yang dapat menutrisi tubuh dan mengatasi gusi berdarah.

  1. Mengatasi Lemah Syahwat

Daun kelor kering dapat menjadi salah satu obat herbal untuk mengatasi lemah syahwat pada kaum lelaki.

  1. Menyembuhkan Jerawat

Bagi wanita, memiliki jerawat sangatlah mengganggu penampilan. Selain menggunakan obat jerawat, meggunakan daun kelor kering dapat membantu menyembuhkan jerawat.

artikel terkait: manfaat daun mengkudu muda

  1. Menjaga Stamina Tubuh

Berbagai aktivitas memerlukan stamina tubuh yang prima. Agar aktivitas dapat berjalan dengan baik, tubuh memerlukan daun kelor kering untuk mengembalikan stamina tubuh.

  1. Menghangatkan Tubuh

Dalam keadaan dingin, tidak hanya rempah saja yang dapat menghangatkan tubuh. Kandungan dalam daun kelor ternyata juga dapat membantu menghangatkan tubuh.

  1. Mencegah Perkembangan Sel Kanker

Daun kelor dijuluki sebagai daun ajaib karena dapat menyembuhkan daun mematikan sekalipun. Bahkan dalam dauan kelor yang sudah dikeringkan, kandungan dalam daun kelor kering dapat mencegah perkembangan sel kanker.

artikel terkait: manfaat semangka untuk penderita asam lambung

  1. Bersifat Antiinflamasi

Daun kelor kering memiliki difat antiinflamasi sehingga dapat membantu mengatasi berbagai peradangan dalam tubuh.

  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Mengkonsumsi daun kelor kering dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga tubuh dapat lebih terjaga dari berbagai penyakit yang menyerang.

  1. Menguatkan Jantung

Jantung haruslah kuat agar darah dapat dipompa ke seluruh tubuh dengan lancar. Memanfaatkan daun kelor kering dapat membantu menguatkan jantung.

artikel terkait: manfaat pisang muli

  1. Membersihkan Racun Dalam Tubuh

Daun kelor kering mengandung antioksidan dan dapat membantu menangkal radikal bebas serta racun yang masuk ke dalam tubuh.

  1. Mengatasi Diabetes

Kandungan dalam daun kelor kering dapat membantu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

  1. Mengatasi Cacingan

Anak cacingan biasanya dapat tandai dengan badan yang kurus dan selalu terlihat lesu. Tidak hanya obat cacing, daun kelor kerong juga dapat berperan untuk membunuh cacing dalam perut.

artikel terkait: manfaat tahu putih

  1. Meningkatkan Produksi ASI

Sayuran hijau memang sangat dianjurkan untuk ibu menyusui. Seperti daun kelor, yang meskipun dalam keadaan kering dapat membantu meningkatkan produksi ASI.

  1. Menghaluskan Wajah

Tidak hanya masker dari produk kecantikan, masker alami juga dapat dibuat sendiri. Menjadikan daun kelor kering menjadi bubuk, bubuk daun kelor dapat dijadikan masker yang dapat menjadikan wajah menjadi halus.

  1. Mengatasi Herpes

Daun kelor kering juga bersifat antivirus, dan dapat mengatasi beberapa masalah penyakit yang disebabkan karena virus, seperti penyakit herpes.

artikel terkait: manfaat kayu agathis

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A pada daun kelor kering dapat membantu menjaga kesehatan mata agar terhindar dari berbagai masalah kesehatan mata, seperti miopi, silindris, hipermetropi, katarakdan berbagai jenis penyakit mata lainnya.

  1. Menyembuhkan Nyeri Otot

Nyeri otot dapat membantu aktivitas karena otot akan terasasakit ketika digunakan untuk bergerak. Untuk mengatasinya, yakni dengan memanfaatkan daun kelor kering.

  1. Mengatasi Penyakit Kuning

Penyakit kuning dapat terjadi karena adanya masalah pada liver. Dengan mengkonsumsi daun kelor kering, kesehatan liver dapat terjamin sehingga dapat juga terhindar dari penyakit kuning.

artikel terkait: manfaat semangka tanpa biji

  1. Menurunkan Berat Badan

Bagi beberapa orang yang memiliki masalah pada berat badan, mengkonsumsi daun kelor kering dapat dijadikan solusi. Karena kandungan dalam daun kelor kering dapat membantu menurunkan berat badan.

  1. Menjaga Kesehatan Rambut

Rambut yan tidak sehat dapat menyebabkan rambut kering, lepek dan mudah rontok. Mengembalikan kesehatan rambut dapat dilakukan dengan daun kelor kering.

  1. Menurunkan Demam

Daun kelor kering dapat bekerja sebagai paracetamol yang dapat membantu menurunkan panas akibat demam yang terjadi.

artikel terkait: manfaat daun binahong untuk lovebird

  1. Membantu Proses Regenerasi Sel

Ketika sel tubuh mengalami kerusakan, sel seharusnya segera regenerasi sel agar sel yang rusak dapat tergantikan dengan sel yang baru. Agar proses regenerasi sel dapat berjalan dengan baik, nutrisi dalam daun kelor kering diperlukan.

  1. Menurunkan Kadar Kolesterol Dalam Tubuh

Kelebihan kolesterol dalam tubuh dapat menyebabkan berbagai penyakit. mengkonsumsi daun kelor kering dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

  1. Meningkatkan Nafsu Makan

Ketika kehilangan nafsu makan, cobalah mengkonsumsi daun kelor kering. Dengan begitu, nafsu makan dapat meningkat.

artikel terkait: manfaat daun sukun untuk asam lambung

  1. Mengatasi Borok

Borok biasanya terjadi pada kulit kepala. Cara mengatasinya bisa menggunakan daun kelor kering yang dihaluskan dan dibalurkan pada kulit kepala.

  1. Menyembuhkan Alergi

Alergi pada makanan, udara kotor, maupun pada cuaca dapat menyebabkan badan bentol, bersin dan berbagai masalah lainnya. Untuk mengatasinya tidak hanya dengan obat anti alergi tetapi juga dapat menggunakan daun kelor kering.

artikel terkait: manfaat daun salam koja

  1. Melancarkan Peredaran darah

Selain dapat menguatkan jantung dan meningkatkan hemoglobin, daun kelor kering juga dapat membantu melancarkan peredaran darah.

  1. Meningkatkan Kejantanan Pria

Daun kelor kering tidak hanya baik untuk mengatasi penyakit, tetapi juga dapat membantu meningkatkan kejantanan seorang pria.

  1. Menyehatkan Sistem Pencernaan

Mengkonsumsi daun kelor kering dapat membantu sistem pencernaan bekerja dengan baik. Sehingga sistem pencernaan dapat menjadi sehat dan terhindar dari masalah ganguan sistem pencernaan.

artikel terkait: manfaat daun sirih merah untuk mata

Sayuran hijau seperti daun kelor snaat baik untuk menjaga kesehatan. tidak hanya dapat dimanfaatkan dalam kedaan segar saja. Daun kelor yang kering juga tetap terjaga nutrisinya dan yang paling penting, dapat mengatasi berbagai masalah kesehatn yang terjadi.