21 Manfaat Daun Jambu Biji Merah Untuk Kesehatan

Siapa yang tidak mengenal buah jambu biji merah? Rasanya yang manis dan kandungan vitamin C nya yang cukup tinggi tentu menjadikan buah ini menjadi salah satu buah favorit. Tapi apakah anda tahu, bahwa selain buahnya memiliki banyak manfaat di bidang kesehatan, daun jambu biji juga diketahui mengandung banyak manfaat bagi kesehatan. Beberapa zat bermanfaat yang terkandung di daun jambu biji diantaranya adalah antioksidan, antiseptik, vitamin C dan flavonoid yang berupa quercetin. Selain bermanfaat bagi kesehatan, daun jambu biji ini memiliki manfaat di bidang kecantikan.

artikel terkait:

Berikut adalah ulasan mengenai menfaat daun jambu biji merah bagi kesehatan:

  1. Sebagai Obat Diare

Manfaat yang cukup terkenal pada daun jambu biji adalah dibidang kesehatan. Salah satunya sebagai obat diare. Rebusan daun jambu biji diyakini dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab penyakit diare. Pada penderita diare, meminum rebusan daun jambu biji dapat mengurangi nyeri perut serta dapat memulihkan dengan cepat. Sehingga jika ada anggota keluarga yang menderita diare, jangan buru-buru menggunakan obat kimia. Anda dapat mencoba merebus daum jambu biji sebagai obatnya.

artikel terkait: manfaat jambu madu

  1. Sebagai Obat Diabetes

Senyawa lain yang terkandung di dalam daun jambu biji diketahui memiliki peran menjaga kadar gula dalam darah. Senyawa ini bekerja dengan menghambat kerja enzim yang mengubah karbohidrat menjadi glukosa. Sehingga proses penyerapan glukosa ke dalam darah menjadi lebih lambat. Mengkonsumsi rebusan daun jambu secara teratur dapat membantu menurunkan kadar gula dalam darah.

  1. Menurunkan Kolesterol

Makanan dengan kandungan lemak yang tinggi dapat menyebabkan kolesterol di dalam tubuh meningkat. Kolesterol tinggi merupakan penyebab timbulnya berbagai macam penyakit, diantaranya penyakit jantung, stroke, tekanan darah tinggi dan sebagainya. Air rebusan daun jambu biji dipercaya dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dan menurunkan kadar kolesterol jahat sehingga mengurangi resiko munculnya penyakit.

artikel terkait: manfaat jambu air merah

  1. Mengobati Luka

Daun jambu biji mengandung astringent yang dapat membantu menghentikan pendarahan dan baret pada kulit. Menurut peneitian yang telah dilakukan, selain dapat mempercepat menyembuhkan luka senyawa astringent juga berfungsi sebegai anti jamur, antibakteri dan meredakan iritasi kulit.

  1. Mengobati Sariawan

Sariawan merupakan infeksi pada lapisan mulut yang disebabkan oleh jamur Candica albicans. Penyakit ini biasanya menyerang  penderita yang kurang menjaga kebersihan mulut dan system kekebalan tubuh yang menurun. Penanganan yang biasa dilakukan untuk menyembuhkan sariawan adalah dengan obat anti jamur dan vitamin C. Daun jambu biji mengandung vitamin C yang cukup tinggi dan dapat berperan sebagai antimikrobia serta memperkuat kekebalan tubuh.

artikel terkait: manfaat jambu bol

  1. Melancarkan Pencernaan

Pencernaan yang bermasalah biasanya ditandai dengan frekuensi BAB yang jarang ataupun terlalu sering. Kondisi ini diakibatkan oleh bakteri atau toksik yang masuk melalui makanan. Kandungan atsiri pada daun jambu biji dapat membunuh bakteri atau racun yang berada di dalam usus dan saluran pencernaan. Sehingga mengkonsumsi daun jambu biji yang direbus secara teratur dapat memperbaiki dan menjaga kesehatan pencernaan.


  1. Mengobati Jerawat

Jerawat merupakan salah satu problematika kulit yang sangat mengganggu, terutama pada wanita. Jerawat disebabkan oleh bakteri bernama Propionabacterium acnes yang berkembang biak dengan cepat pada permukaan kulit yang pori-porinya tersumbat dan mengandung sebum (minyak wajah). Daun jambu biji mengandung antiseptic, yang diketahui dapat membunuh bakteri penyebab jerawat. Caranya yaitu dengan mengoleskan sari daun jambu biji ke daerah yang berjerawat. Jika dilakukan secara rutin, niscaya jerawat akan lebih mudah mengering dan bekas bekas jerawat akan memudar.

artikel terakit: manfaat pucuk daun jambu biji

  1. Anti Penuaan

Sinar UV dapat membahayakan kulit karena dapat mempercepat penuaan. Kandungan antioksidan yang terkandung di dalam daun jambu biji mampu melindungi kulit dari penuaan. Daun jambu biji dapat direbus sampai matang. Setelah itu, air rebusannya dapat digunakan untuk mencuci muka.

  1. Menurunkan Berat Badan

Daun jambu biji merah dapat membantu pemecahan karbohidrat kompleks menjadi gula sehingga membantu menurunkan berat badan. Anda dapat meminum teh atau jus daun jambu biji merah lalu rasakan sendiri manfaatnya!

artikel terkait: manfaat jambu biji muda untuk tubuh

  1. Menurunkan Resiko Kanker

Salah satu peneliti bernama Dr. Anju mengatakan bahwa daun jambu biji merah dapat menurunkan resiko kanker terutama kanker. Hal ini disebabkan karena daun jambu biji merah mengandung antioxidant lycopene. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa aktivitas lycopene dapat menurunkan resiko kanker.

  1. Menyembuhkan Batuk dan Demam

Daun jambu biji merah mengandung vitamin C dan besi yang kadar tinggi. Hal ini sangat bermanfaat untuk digunakan dalam menyembuhkan gejala batuk dan demam karena dapat membantu mengeluarkan cairan mukus. Di sisi lain, daun jambu biji meah dapat berperan sebagai disinfektan bagi saluran pernafasan, tenggorokan, dan paru- paru.

artikel terkait: manfaat biji jambu air

  1. Sebagai Antiinflamasi

Daun jaumbu biji merah dapat bersifat antiinflamasi dan membantu menjaga kesehatan mulut. Hal ini disampaikan sebelumnya oleh ahli gizi Anshul Jaibharat yang berasal dari Dlhi. Teh daun jambu biji merah juga sudah banyak digunakan sebagai obat rumah untuk mengobati sakit gigi, gusi bengkak, penyakit lainnya pada mulut karena kandungan antibakterinya sangat tinggi. Anda juga dapat mengubah daun jambu biji merah menjadi pasta dan mengaplikasikannya pada gusi dan gigi untuk menyembuhkan penyakit ini.

  1. Meningkatkan Kualitas Tidur Anda

Mengkonsumsi teh dari daun jambu biji merah secara teratur dapat meningkatkan kualitas tidur Anda. Hal ini pernah disampaikan oleh Dr. Ashutosh Gautam, seorang Manajer Operasional dan Kordinasi Klinik dari Baidyanath. Teh dari daun jambu biji merah dapat menenangkat sistem saraf dan pikiran Anda sehingga tidur Anda menjadi lebih berkualitas.

artikel terkait: manfaat jambu biji untuk anemia

  1. Baik Bagi Otak

Daun jambu biji merah mengandung vitamin B3 (niacin) dan vitamin B6 (pyridoxine) yang dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah di pada otak, menstimulasi fungsi kognitif, dan membuat sistem saraf Anda menjadi lebih rilex.

  1. Mengurangi Terjadinya Efek Samping Akibat Alergi

Daun jambu biji merah dapat mengurangi terjadinya efek samping akibat alergi karena dapat membantu menghentikan produksi hitmamin. Daun jambu biji merah juga dapat digunakan untuk menyembuhkan pembengkakan akibat gigitan serangga.

 artikel terkait: manfaat jambu biji muda

  1. Membantu Menjaga Kesehatan Fungsi Tiroid

Daun jambu biji merah dapat membantu memaksimalkan fungsi tiroid karena mengandung sejumlah tembaga. Kelenjar tiroid merupakan salah satu kelenjar paling penting untuk mengatur fungsi hormon dan sejumlah organ tertentu. Tembaga membantu tiroid melangsungkan metabolisme pengaturan produksi hormon dan penyerapannya mellaui tubuh.

  1. Menjaga Penglihatan Tetap Tajam

Kandungan vitamin A yang tinggi pada daun jambu biji merah dapat membantu meningkatkan ketajaman penglihatan. Daun jambu biji merah juga dipercaya dapat menurunkan potensi munculnya katarak dan degenerasi makula. Oleh karena itu, daun jambu biji merah sangat bagi untuk menjaga kesehatan mata.

artikel terkait: manfaat jambu biji untuk demam berdarah

  1. Mencegah Terjadinya Obesitas

Obesitas dapat terjadi karena gaya hidup seseorang yang tidak sehat. Obesitas dapat menjadi penyebab munculnya penyakit lain seperti diabetes dan serangan jantung yang menjadi penyebab kematian di sejumlah negara seperti United State. Daun jambu biji merah mengandung quarcetin untuk menghambat pembentukan lemak dan cathecin untuk membantu pembakaran lemak di dalam tubuh.

  1. Menjaga Kesehatan Liver

Daun jambu biji merah memiliki aktivitas hepatoprotektif yang dapat berperan untuk menyembuhkan luka pada liver akibat konsumsi parasetamol. Hal ini pernah disampaikan sebelumnya oleh penelitian Roy dan And. Daun jambu biji merah juga memiliki efek kuat untuk melindungi liver dari aktivitas enzim- enzim tertentu yang dapat membahayakan sel liver seperti aspartat aminotransferase, alanin aminotransferase, alkalin fosfatase, dan bilirubin. Sebagaimana kita tahu bahwa liver merupakan organ penting dalam proses detoksifikasi di dalam tubuh. Oleh karena itu, kesehatan liver harus tetap dijaga.
artikel terkait: manfaat jambu biji untuk diabetes

  1. Mencegah Dermatitis

Dermatitits adalah gejala inflamasi yang terjadi pada kulit. Sebuah studi menunjukkan bahwa senyawa etil asetat pada ekstrak daun jambu biji merah dapat menghambat ekspresi chemokine pada keratinosit yang dapat memicu dermatitis dan penyakit kulit lainnya.

  1. Pengobatan terhadap Demam Berdarah

Sejumlah studi melaporkan bahwa daun jambu biji merah juga dapat digunakan sebagai obat deman berdarah. Hal ini dikarenakan daun jambu biji merah berperan dalam meningkatkan trombosit atau jumlah platelet dalam serum darah. Oleh karena itu, daun jambu biji merah juga dapat digunakan sebagai alternatif pengobatan deman berdarah.

artikel terkait: manfaat jambu biji untuk diet

Sekian ulasan yang dapat penulis sampaikan mengenai manfaat daun jambu biji merah. Ternyata bukan hanya buahnya saja yang memiliki segudang manfaat tetapi juga daunnya. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan bagi pembaca. Apakah Anda mulai tertarik dengan manfaat daun jambu biji merah ini?

, ,
Post Date: Saturday 10th, June 2017 / 23:40 Oleh :
Kategori : Herbal