15 Manfaat Crunch Bagi Tubuh

Tidak dapat dipungkiri bahwa bentuk tubuh yang indah sangat membantu menunjang penampilan agar terlihat menarik. Salah satu bentuk tubuh yang perlu diperhatikan adalah bentuk perut. Siapa coba yang tidak ingin memilki bentuk perut yang indah? Hampir setiap orang mendambakan bentuk perut yang indah, namun tidak jarang mereka tidak memiliki waktu untuk membentuk perut yang indah. Salah satu solusi yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan olahraga crunch.

artikel terkait:

Apakah Anda pernah mendengar latihan jenis crunch? Bagi Anda penggemar olahraga, mungkin istilah ini sudah tidak begitu asing bagi Anda. Crunch merupakan salah satu jenis olahraga yang dilakukan bagi orang-orang yang ingin memiliki bentuk perut yang indah, terlebih rata atau six-pack. Olahraga ini sangat praktis dan dapat dilakukan di mana pun Anda mau.

Gerakan Crunch

Gerakan crunch ini sebenarnya sangat mirip dengan gerakan sit up, namun pada gerakan crunch Anda hanya perlu mengangkat punggung bagian atas saja. Makanya tidak jarang terkadang ada yang membandingkan mana yang lebih efektif antara gerakan crunch dan sit up. Secara sederhana gerakan crunch dasar dapat dilakukan dengan cara-cara berikut.

  • Baringkan tubuh Anda di lantai dengan santai. Agar lebih nyaman, silahkan gunakan permukaan karpet untuk berbaring.
  • Tekuk lutut Anda, kemudian silangkan lengan Anda di depan dada Anda. Anda pun dapat menaruh tangan dibelakang leher Anda maupun kepala Anda.
  • Angkat bahu menuju langit-langit dengan menggunakan otot perut Anda, dan berhentilah di saat puncak. Pada saat bahu terangkat dari lantai, berhenti dan tahan posisi tersebut selama satu detik penuh atau bahkan lebih. Namun ingat, jangan angkat seluruh punggung dari lantai hingga menyentuh atau sejajar dengan kaki.
  • Turunkan bahu secara perlahan-lahan sambil mengambil nafas, namun jangan langsung jatuh ke belakang.
  • Sebelum melakukan gerakan, lemaskan perut Anda terlebih dahulu.

Selain gerakan dasar tersebut, masih ada gerakan crunch lain seperti berikut.

1. Bicycle Crunch

Gerakan awal bicycle crunch hampir sama dengan gerakan dasar, namun kaki tidak menempel pada lantai namun diangkat. Selain itu, bengkokkan kaki kiri dan sentuhkan siku kanan ke lutut kiri.

2. Reverse crunch

Baringkan pungung di lantai dan angkat kaki dari lantai, dan tekuk lutut pada sudut 90 derajat. Turunkan kaki pada sudut 45 derajt namun tidak menyentuh lantai, tarik lutut kea rah dagu dan kembalikan posis kaki pada sudut 90 derajat.

3. Twist Crunch

Baringkan badan di lantai dan tekuk lutut, dan taruh tangan di belakang kepala dengan posisi menyiku horizontal. Angkat tubuh secara menyilang dan posisikan siku kiri ke lutut kanan. Tegakkan kepala searah dengan siku, ulangi dan lakukan secara seimbang antara kiri dan kanan.

4. Vertical Leg Crunch

Baringkan tubuh di lantai, angkat kak lurus ke atas dan silangkan kedua lutut. Selain itu, letakkan tangan secara lurus searah dengan pinggang. Angkat bahu secara perlahan, letakkan kembal dan ulangi gerakan.

artikel terkait: manfaat olahraga back up

Manfaat Crunch

Setelah mengetahui mengenai teknik melakukan gerakan crunch, berikut kami sajikan mengenai manfaat apa saja yang dapat Anda peroleh apabila melakukan gerakan crunch.

1. Membantu membuat perut menjadi indah

Manfaat utama yang dapat diperoleh dari olahraga ini adalah untuk membantu mendapatkan perut yang indah, lebih tepatnya adalah six-pack atau rata. Dengan dibantu dengan konsumsi makanan sehat, gerakan crunch dipercaya efektif untuk mengatasi masalah otot perut yang kendor agar lebih kencang dan terlihat indah.

artikel terkait: manfaat olahraga untuk anak SD

2. Membantu mengencangkan otot dada, punggung dan bahu

Apabila dilakukan secara rutin, gerakan latihan crunch dapat membantu menencangkan otot pada dada, punggung maupun bahu. Namun bagi Anda penderita osteoporosis maupun nyeri punggung bawah, olahraga ini mungkin tidak cocok bagi Anda.

artikel terkait: manfaat olahraga untuk psikis

3. Membantu melancarkan pencernaan

Gerakan peristaltic yang rendah pada usus dapat menyebabkan terjadinya sembelit. Gerakan crunch dapat memicu usus agar kejang dan bangun sehingga dapat membantu melancarkan perncernaan. Menggabungkan crunch dengan jalan-jalan, aktivitas lain serta makanan makanan yang berserat juga efektif untuk meringankan sembelit pada usus.

artikel terkait: manfaat warming up sebelum olahraga

4. Membantu membakar kalori

Layaknya olahraga lainnya, olahraga crunch juga dapat membantu membakar kalori dan lemak. Apabila dilakukan secara teratur, melakukan gerakan crunch dipercaya efektif dapat membantu membakar lemak dan kalori pada perut.

artikel terkait: manfaat olahraga untuk anak usia dini

5. Membantu menurunkan berat badan

Meskipun gerakan yang dilakukan dalam olahraga ini relative sedikit, melakukan gerakan crunch juga dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan melalui pembakaran lemak dan kalori pada perut.

artikel terkait: manfaat olahraga untuk awet muda

6. Membantu membentuk pinggul

Gerakan crunch yang mengikutsertakan kerja otot pinggul dipercaya dapat membantu membentuk pinggul agar lebih indah. Olahraga ini sangat cocok untuk kaum hawa yang menginginkan pinggul yang indah.

artikel terkait: manfaat olahraga bagi wanita

7. Membantu mengencangkan kulit

Apabila Anda sedang melakukan program diet, biasanya terdapat kulit yang mengendur. Dengan olahraga crunch, kulit yang mengendur akibat penurunan berat badan yang berlebihan dapat teratasi.

artikel terkait: manfaat olahraga berseoeda bagi wanita

8. Membantu membentuk tubuh bagian Atas

Bagi Anda para wanita, melakukan olahraga crunch sangat membantu Anda untuk membantu membentuk tubuh bagian atas Anda agar lebih kencang dan indah.

artikel terkait: manfaat olahraga untuk diabetes

9. Membantu memperkuat otot perut

Dikarenakan gerakannya, melakukan olahraga ini secara teratur dapat membantu memperkuat otot perut Anda. Hal ini cocok bagi Anda yang memiliki otot perut kendur dikarekanan gaya hidup yang kurang sehat maupun setelah melahirkan.

artikel terkait: manfaat olahraga angkat barbel

1o. Membantu memperkuat otot kaki

Olahraga crunch juga berguna untuk membantu memperkuat otot kaki agar semakin kuat dan kencang.

artikel terkait: manfaat olahraga bagi tulang

Selain manfaat di atas, manfaat lain yang dapat Anda peroleh dari melakukan olahraga crunch antara lain sebagai berikut.

  1. Merupakan olahraga yang dinamis.
  2. Olahraga yang relative aman dan nyaman
  3. Olahraga yang praktis
  4. Olahraga yang dapat dilakukan kapan saja
  5. Olahraga ini dapat dilakukan secara mandiri

artikel terkait: manfaat olahraga untuk diet

, ,
Oleh :
Kategori : Olahraga