7 Manfaat Gerakan Berayun dan Memutar Bagi Keseimbangan Tubuh

Salah satu gerakan olahraga dasar adalah melakukan gerakan berayun dan memutar. Mungkin beberapa dari Anda masih mengingat bahwa kombinasi kedua gerakan tersebut pernah dipelajari di sekolah tapi pasti tidak banyak dari Anda mengingat apa yang guru olahraga Anda katakan mengenai manfaat gerakan berayun dan memutar bagi kesehatan.

Manfaat Gerakan Berayun dan Memutar

Walaupun terlihat atau terdengar sederhana namun ternyata gerakan berayun dan memutar tidak mudah dilakukan bagi orang yang tidak terbiasa berolahraga atau melakukan aktifitas fisik secara teratur. Namun jika Anda melakukannya secara teratur sebagai bagian dari olahraga rutin maka akan banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan.

  1. Menjaga Keseimbangan Tubuh

Melakukan gerakan berayun dan memutar ternyata dapat membantu menjaga keseimbangan tubuh. Keseimbangan tubuh sangatlah penting karena akan mendukung performa atau kinerja Anda. Tubuh yang memiliki keseimbangan yang baik akan didukung dengan kondisi dan kesehatan otot yang maksimal. Oleh karena itu sangatlah penting bagi Anda untuk selalu menjaga keseimbangan tubuh.

  1. Meningkatkan Fleksibilitas Tubuh

Salah satu keuntungan yang juga bisa Anda dapatkan ketika memiliki keseimbangan tubuh yang baik adalah memiliki fleksibilitas tubuh yang baik pula. Jika Anda memiliki fleksibilitas tubuh yang baik bergerakpun akan lebih mudah. Apalagi jika Anda senang melakukan kegiatan fisik, fleksibilitas tubuh yang baik dan seimbangan sangatlah penting karena dapat membantu mengoptimalkan performa Anda.

  1. Melatih Kelenturan Tubuh

Gerakan berayun dan memutar sangatlah sederhana dan bisa dilakukan oleh siapa saja dan dimana saja tapi manfaatnya sangat banyak dan salah satunya adalah dapat melatih kelenturan tubuh. Jika Anda suka melakukan aktifitas fisik, misalnya suka menari atau berolahraga, memiliki kelenturan tubuh yang baik sangatlah penting. Lakukan gerakan ini secara rutin dapat membantu Anda memiliki kelenturan tubuh yang maksimal.

  1. Mengurangi Risiko Kram atau Otot Kaku

Ketika tubuh Anda lentur dengan fleksibilitas yang baik serta keseimbangan yang maksimal maka ketika melakukan kegiatan fisik, risiko kram atau kaku otot dapat dikurangi secara signifikan. Jadi tidak heran jika gerakan berayun dan memutar ini seringkali dimasukkan kedalam rangkaian gerakan untuk melakukan peregangan atau pemanasan sebelum melakukan olahraga inti.

  1. Memperkuat Otot Lengan

Salah satu gerakan utama dari gerakan berayun dan memutar adalah Anda harus memutar lengan Anda sampai ke bagian bahu kemudian diikuti dengan gerakan melompat ke arah yang sama. Gerakan ini secara langsung akan melatih otot-otot lengan Anda secara optimal mulai dari lengan sampai otot bahu. Jika Anda sering menggunakan otot lengan Anda untuk bekerja atau beraktifitas tidak ada salahnya untuk melatih otot-otot tersebut agar kuat hanya dengan melakukan gerakan berayun dan memutar setiap hari secara teratur.

  1. Solusi Olahraga Ringan

Melakukan gerakan berayun dan memutar tidaklah sulit dan bisa dilakukan oleh siapa saja dan dimana saja bahkan oleh mereka yang tidak memiliki banyak waktu untuk berolahraga. Jika Anda sulit menemukan waktu untuk berolahraga, cukup dengan menyisihkan beberapa menit di antara jam-jam sibuk Anda untuk berdiri dan melakukan gerakan dan memutar sudah cukup memberikan manfaat yang sangat banyak bagi kesehatan Anda.

  1. Mengatasi Penyakit Punggung dan Leher

Jika Anda adalah pekerja kantoran yang menghabiskan lebih banyak waktu di balik meja dari pada di luar kantor mungkin masalah sakit punggung atau sakit leher sudah menjadi keseharian Anda. Walaupun saat ini sudah banyak obat-obatan yang bisa Anda konsumsi untuk mengatasi penyakit punggung dan leher namun melakukan gerakan berayun dan memutar bisa menjadi solusi alami dan jauh lebih aman untuk dilakukan. Kapanpun Anda merasa lelah karena pekerjaan sampai-sampai merasa punggung dan leher tegang, cobalah berdiri dan lakukan gerakan berayun dan memutar maka sakit punggung dan leher akan otomatis hilang. Ulangi ketika sakit berulang.

Cara Melakukan Gerakan Berayun dan Memutar yang Tepat

Beberapa dari Anda mungkin sudah mulai membayangkan bagaimana bisa dua gerakan seperti berayun dan memutar bisa dikombinasikan. Ternyata memang walaupun terdengar sederhana mengkombinasikan kedua gerakan tersebut tetap memerlukan latihan kalau tidak akan sulit menjaga keseimbangan.

  • Berdiri tegak dengan posisi tangan di kedua sisi tubuh.
  • Buka kaki selebar bahu dengan pandangan lurus kedepan.
  • Gerakkan kedua tangan searah dimulai dari arah kanan satu kali.
  • Kemudian ke arah kiri satu kali.
  • Kembali lagi ke arah kanan lalu putar lengan sampai bagian bahu.
  • Diikuti dengan lompatan ke arah kanan seirama dengan putaran tangan.
  • Ulangi gerakan dimulai dari arah berlawanan.

Melakukan gerakan berayun dan memutar tidaklah sulit jika Anda sudah paham dasar-dasarnya. Selain itu manfaat gerakan berayun dan memutar juga sangat baik untuk keseimbangan serta fleksibilitas terutama bagi Anda yang sering mengalami sakit punggung atau leher.

, ,
Oleh :
Kategori : Olahraga