11 Manfaat Olahraga Back Up Untuk Tubuh

Anda suka berolahraga ? beberapa orang memiliki hobi untuk berolahraga. Bahkan tidak sedikit diantara mereka yang melakukan olahrga hampir setiap hari dan menjadikan olahraga sebagai jadwal wajib mereka. Namun ada juga yang tidak memiliki waktu untuk berolahraga karena kesibukan dan aktifitas yang banyak. Contoh tipe orang yang tidak punya waktu untuk berolahraga adalah karyawan kantoran. Namun begitu kesehatan tetaplah penting untuk di jaga. Beberapa jenis olahraga memungkinkan anda untuk melakukannya di sela – sela waktu senggang. Contohnya olahrga back up ini. Jenis olahraga back up ini merupakan olahraga atletik yang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh dan juga kebugaran fisik. Olahraga ini mudah dilakukan sehari – hari karena tidak membutuhkan alat – alat untuk mengeluarkan biaya yang banyak. Beberapa cabang olahraga atletik ini berupak sit up, push up baru kemudian back up. Berikut ini manfaat yang di dapat dari olahraga back up adalah sebagai berikut :

1. Mengecilkan perut bagian bawah

Pertama kali melakukan gerakan untuk olahraga back up maka perut bagian bawah yang sebelumnya buncit akan perlahan – lahan mengecil dan terlihat lebih rata. Ini karena olahraga back up menjadikan perut sebagai tumpuan untuk mengangkat badan dari rentang hingga tegak berdiri. Bagi anda yang sebelumnya kesulitan untuk menggunakan jeans maka tidak perlu lagi mengalami kesulitan untuk itu semua.

Artikel terkait :

2. Mengecilkan perut bagian samping

Selain mengecilkan perut bagian bawah olahraga back up ini juga berfungsi untuk mengecilkan perut bagian samping. Beberapa keuntungan dari mengecilkan perut bagian samping adalah mengecilkan ukuran pinggang anda. Dengan bentuk perut yang rata bahkan mendekati six pack ini akan membuat anda lebih tampil percaya diri di depan publik. Karena olahraga tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan anda dalam jangka waktu yang panjang namun juga berguna untuk menunjang penampilan anda di luar rumah.

3. Menjaga kebugaran tubuh

Selanjutnya manfaat yang terasa adalah kebugaran tubuh setelah bangun tidur. Jika anda bangun tidur badan terasa sakit – sakit atau kurang bersemangat cobalah untuk berolahraga secara teratur. Tidak perlu melakukan olahraga yang berat – berat. Cukup pilih olahrga back up karena olahraga ini bermanfaat untuk menjaga kualitas dan kuantitas dari tidur anda. Sehingga anda akan tersenyum indah saat melihat matahari pagi menyinari kamar anda.

Artikel terkait :

4. Membakar lemak seluruh tubuh

Olahraga tidak hanya menghilangkan lemak beberapa bagian tubuh saja. Namun juga membakar lemak pada seluruh tubuh. Pembakaran lemak yang ada di tubuh dilakukan karena gerakan – gerakan yang dilakukan selama berolahraga seperti olahraga back up. Lemak bersumber dari makanan yang dimakan. Secara umum tubuh memang memerlukan lemak namun dalam jumlah yang pas. Jika jumlah lemak yang disimpan di dalam bagian kulit lebih banyak dari yang dibutuhkan tentu tidak baik untuk kesehatan dan penampilan. Jadi untuk menghilangkan lemak ini diperlukan latihan dan gerakan yang banyak agar perlahan lemak dihilangkan dari tubuh anda melalui pembakaran metabolisme dari dalam tubuh.

Artikel terkait :

5. Membentuk otot – otot tubuh

Jika anda ingin terlihat lebih macho khusus bagi laki – laki jenis olahraga back up ini paling di gemari. Otot – otot tubuh yang terbentuk ada di bagian tangan dan juga dada beserta perut yang sangat menarik untuk di pandang. Apalagi jika bentuk otot – otot tubuh anda dipergunakan untuk menunjang kinerja anda sehari – hari. Pembentukan oto – ototo tubuh mungkin tidak bisa dilakukan dalam beberapa minggun saja. Namun memerlukan waktu yang cukup lama dengan latihan yang terus menerus tanpa kehilangan semangat.

Artikel terkait :

6. Mengencangkan otot

Jika dalam berat badan yang semula besar kemudian anda tiba – tiba kehilangan berat badan dalam jumlah yang banyak yang ada hanya kulit yang mengendur karena kehilangan cadangan lemaknya selama ini. Untuk itu jika anda melakukan program penurunan berat badan imbangi juga dengan olahraga. Salah satu olahraga yang dapat mengencangkan otot tubuh adalah olahrga back up. Jadi meskipun kehilangan berat badan dalam satuak kilogram yang besar namun kulit anda tetap kencang dan sehat.

7. Mencegah osteoporosis

Osteoporosis merupakan salah satu penyakit yang berhubungan dengan kepadatan tulang. penyakit osteoporosis ini terasa menjelang mendekati usia yang sudah tua. Namun pencegahan terhadap penyakit osteoporosis ini dapat dilakukan dengan rajin berolahraga sehari – hari. Karena saat berolahraga tubuh memproduksi hormon testoteron yang berfungsi untuk menjaga kepadatan tulang sedari muda. Sehingga kepadatan tulang dapat terjaga hingga sudah tua nanti.

Artikel terkait :

8. Meningkatkan metabolisme

Peningkatan metabolisme tubuh diperlukan untuk menjaga kinerja dari organ – organ tubuh secara keseluruhan. Dengan meningkatnya metabolisme tubuh prose pembakaran lemak yang sempurna dapat terpenuhi dengan baik. Metabolisme yang berjalan lambat kadang mempengaruhi lamanya proses pembakaran lemak sehingga tubuh lama dalam menurunkan berat badan sesuai dengan yang diinginkan.

Artikel terkait :

9. Memperbaiki postur tubuh

Postur tubuh yang baik diperlukan untuk menjaga kesehatan fisik yang terdapat pada tubuh. Postur tubuh yang baik juga memerlukan kepiawaian dari tubuh dalam melakukan geraka – gerakan sehari – hari. Ini penting karena posisi tubuh yang salah bisa mengakibatkan nyeri pada bagian tubuh tertentu. Perbaikan postur tubuh yang salah dapat dilakukan salah satunya adalah dengan melakukan olahraga back up. Namun jika ingin memperbaiki postur tubuh anda memerlukan isntruktur yang berpengalaman untuk membantu anda melakukan gerakan – gerakan yang benar dalam olahrga back up ini.

10. Keseimbangan tubuh

Kesimbangan tubuh yang baik perlu di jaga untuk kesehatan fisik dan kebugaran tubuh. Tubuh yang baik perlu dijaga keseimbangan agar kondisi tubuh tetap fit. Salah satu akibat dari kurangya keseimbangan dari tubuh adalah rasa pusing dan tubuh terasa ringan. Padahaln untuk menjaga keseimbangan tubuh fungsi organ – organ sseperti mata, telinga, jantung, pembeluruh darah haruslah berjalan dengan normal sesuai dengan fungsinya. Cobalah untuk rutin melakukan olahrga back up agar tubuh kembali dapat menjaga keseimbangannya.

11. Melancarkan peredaran darah

Peredaran darah yang lancar menjadikan kulit nampak sehat, kenyal dan bercahaya. Saat peredaran darah lancar tubuh akan terlihat sehat dan baik dalam melakukan aktifitas – aktifitas sehari – hari. Melancarkan peredaran darah karena saluran peredaran darah yang tidak terdapat gumpalan lemak akan menyehatkan tubuh.

Artikel terkait :

Itulah beberapa manfaat yang anda dapatkan dengan melakukan geraka – gerakan back up dalam olahraga.

Gerakan Back Up

Dalam melakukan olahraga back up ini ada beberapa langkah – langkah yang perlu anda ikuti dengan sangat hati – hati, ini langkah – langkahnya :

  • Posisi awal tidur dengan posisi tengkurap.
  • Kemudian dengan kaki dirapatkan dan tangan dirapatkan di depan dagu.
  • Perlahan mulai angkat tangan keatas hingga dada tidak lagi menyentuh lantai.
  • Lalu turun kembali keposisi awal.

Gerakan tersebut di lakukab berulang kali sampai anda merasa sudah tidak bisa lagi melakukannya. Lakukan dengan perlahan dan hati – hati agar terhindar dari cedera saat melakukan gerakan dari olahraga back up ini.