8 Manfaat Beras Putih untuk Kesehatan dan Kecantikan

Beras putih merupakan jenis beras yang paling populer dan banyak dikonsumsi. Meskipun diketahui ada kelebihan beras-beras berwarna lain seperti manfaat beras merah, manfaat beras hitam, atau beras coklat namun beras putih masih menjadi primadona karena telah turun-temurun dikonsumsi sebagai makanan pokok. Bahkan sampai timbul kata-kata bahwa belum benar-benar makan jika belum makan nasi atau beras. Indonesia sendiri sebagai negara dengan dominasi penduduk yang mengonsumsi beras putih pernah menjadi negara swasembada beras.

Beras putih

Beras putih yang dimasak atau ditanak menjadi nasi merupakan makanan pokok yang dikonsumsi sehari-hari oleh sebagian besar masyarakat dunia termasuk Indonesia. Manfaat nasi yang mengandung karbohidrat menjadi sumber energi tubuh dalam melakukan berbagai aktivitas sehari-hari. Selain manfaat karbohidrat beras atau nasi putih juga mengandung manfaat lemak, manfaat protein, manfaat serat, serta vitamin dan mineral sehingga dapat menunjang berbagai kebutuhan nutrisi tubuh. Meskipun demikian kita tetap harus mengonsumsi berbagai makanan lain untuk mencukupkan kebutuhan nutrisi tubuh.

Selain dikonsumsi beras putih juga dimanfaatkan untuk merawat kecantikan kulit wajah dan tubuh sehingga banyak digunakan sebagai bahan pembuatan masker atau lulur. Dengan mengonsumsi dan menggunakan beras putih untuk perawaatan kulit ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan. Berikut beberapa manfaat beras putih yang sangat baik bagi kesehatan dan kecantikan:

1. Mencegah penggumpalan darah

Konsumsi beras putih dapat menjaga keenceran darah sehingga darah tidak mudah menggumpal atau membeku yang menyebabkan berbagai gangguan kesehatan. Jika terjadi penggumpalan darah maka dapat menghambat aliran darah sehingga oksigen dan sari makanan tidak dapat dibawa ke seluruh tubuh sehingga menimbulkan berbagai gangguan kesehatan seperti nyeri dada, nyeri kaki, hipertensi, hingga serangan jantung. Penggumpalan darah juga dapat dicegah dengan mengonsumsi manfaat mendol dan manfaat sagu.

2. Mencegah kanker

Sebagai penyakit yang berbahaya dan mematikan kanker sangat dihindari dan ditakuti banyak orang. Berbagai cara dilakuan untuk menghindari penyakit ini salah satunya dengan mengonsumsi makanan sehat seperti manfaat sawi, manfaat buah aprikot, manfaat buah melon, manfaat buah naga, dan tentunya beras putih. Ya, beras putih yang selama ini kita konsumsi ternyata turut berperan dalam melindungi sel-sel tubuh agar tidak berkembang menjadi sel kanker. Selain itu konsumsi beras putih juga turut meningkatkan kekebalan tubuh sehingga tubuh tidak mudah terinfeksi virus, bakteri, atau mikroorganisme lainnya yang menyebabkan penyakit.

3. Mencegah penyakit saraf dan otak

Manfaat beras putih lainnya yang tidak kalah penting adalah dapat mencegah timbulnya penyakit-penyakit yang berhubungan dengan saraf dan otak seperti alzheimer, parkinson, epilepsi, demensia, dan lain sebagainya. Tentu saja konsumsi beras putih harus dibarengi dengan konsumsi makanan atau buah-buahan lain seperti manfaat daun benalu, manfaat sup lobseter, serta manfaat daun antanan sehingga kesehatan saraf dan otak tetap terjaga dan terhindar dari berbagai penyakit.

4. Baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi

Mengonsumsi beras putih juga memberikan manfaat untuk pertumbuhan tulang dan gigi sehingga sangat baik dikonsumsi oleh segala usia terutama anak-anak. Ini ditunjang oleh kandungan kalsium yang didalamnya sehingga dapat membantu pertumbuhan tulang dan gigi serta mencegah osteoporosis. Meskipun demikian asupan kalsium juga harus dilengkapi dari sumber makanan lain seperti manfaat susu dan bila perlu mengonsumsi suplemen seperti manfaat cdr.


5. Mengecilkan pori-pori wajah

Pori-pori wajah yang besar tentu tidak diinginkan oleh semua wanita. Berbagai cara dilakukan agar pori-pori wajah terlihat lebih kecil diantaranya dengan menggunakan manfaat gluberry, manfaat daun sirih untuk wajah, serta beras putih. Ya, beras yang selama ini dikonsumsi bisa dimanfaatkan untuk perawatan kulit wajah diantaranya dengan mengolahnya menjadi masker atau memanfaatkan air cucian beras sehingga pori-pori wajah terlihat lebih kecil dan membuat anda semakin percaya diri.

6. Menghaluskan kulit

Menggunakan beras putih sebagai masker wajah atau lulur sudah dipercaya sejak lama dapat membantu menghaluskan kulit. Biasanya beras putih dicuci dan direndam terlebih dahulu kemudian dihaluskan dan dicampur dengan bahan lain seperti madu dan kunyit. Setelah menggunakan masker atau lulur beras putih kulit akan terasa lebih halus dan lembut. Anda juga dapat menggunakan bahan alami lainnya untuk menghaluskan kulit yaitu dengan menggunakan manfaat strawberry bagi kulit dan manfaat tomat bagi kecantikan kulit.

7. Memutihkan kulit

Memiliki kulit putih bersih merupakan dambaan semua wanita. Berbagai cara dan produk kecantikan akan dicoba untuk mendapatkan kulit putih idaman. Meskipun telah tersedia berbagai merek produk kecantikan seperti manfaat ponds white beauty dan manfaat sabun gove yang diklaim dapat membantu memutihkan wajah ada baiknya anda mencoba mengolah sendiri bahan-bahan alami yang ada di rumah. Salah satunya beras putih. Beras putih dapat diolah menjadi masker dan lulur yang bermanfaat untuk menjadikan kulit lebih putih dan bersih.

8. Mengangkat sel-sel kulit mati

Penggunaan beras putih sebagai lulur atau scrub wajah juga dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati sehingga wajah terlihat cerah dan terhindar dari kekusaman. Namun harus diperhatikan untuk menggunakan scrub beras putih yang cukup halus karena jika terlalu kasar justru dapat merusak kulit wajah.

Itulah diantara manfaat beras putih baik sebagai makanan konsumsi ataupun diolah menjadi produk kecantikan sehingga tidak hanya menyehatkan tubuh namun juga mempercantik penampilan. Meskipun disebutkan bahwa jenis beras berwarna lainnya lebih bernutrisi dan lebih baik bagi kesehatan namun beras putih tetap memiliki banyak manfaat dan masih menjadi pilihan bagi banyak orang.

, , ,
Oleh :
Kategori : Makanan