10 Manfaat Uap Nasi untuk Kecantikan

Terlihat cantik dan menawan selalu menjadi keinginan wanita. Penampilan yang cantik tidak hanya ditunjukkan dengan kulit yang sehat dan mulus. Tapi kecantikan alami lebih banyak disukai. Ada berbagai cara untuk mendapatkan kecantikan seperti melakukan perawatan di salon atau dokter kecantikan. Tapi, tahukah Anda bahwa, cantik alami sebenarnya bisa didapatkan dengan cara yang mudah dan murah.

Rahasianya adalah uap nasi. Uap nasi menjadi salah satu bahan kecantikan yang sudah digunakan sejak jaman nenek moyang.

Mengapa Uap Nasi Bermanfaat Untuk Kecantikan?

manfaat uap nasi untuk kecantikanUap nasi adalah salah satu terapi alami untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit kulit dan membuat kulit menjadi lebih cantik. Beras yang dimasak dalam air akan menghasilkan uap berupa asap dan butiran air dalam bentuk partikel yang sangat kecil. Dalam setiap uap yang keluar dari beras mengandung bahan-bahan antioksidan yang tinggi.

Selain itu, uap nasi juga mengandung senyawa allantonin yang berfungsi sebagai anti peradangan. Bahkan dalam uap nasi juga mengandung beberapa senyawa lain hasil dari perpecahan vitamin, minerl dan protein yang terkandung dalam beras.

Berikut ini adalah beberapa manfaat uap nasi yang bisa Anda dapatkan.

1. Mengobati Jerawat

Jerawat adalah masalah yang sangat mengganggu bagi semua wanita. Bahkan remaja sering merasa frustasi jika terkena jerawat karena akan merusak rasa kepercayaan diri. Untuk menghilangkan jerawat dan merawat kulit berjerawat maka bisa menggunakan uap nasi. Uap nasi yang hangat akan membantu membersihkan pori-pori sehingga semua kotoran dan bakteri dapat keluar semua.

Setelah itu maka jerawat akan mengecil atau mengeluarkan kotoran. Terapkan uap nasi ke bagian wajah yang berjerawat. Jaga kondisi hangat agar sesuai dengan kondisi jerawat. Jika sudah selesai maka bersihkan wajah dengan air dingin. Lakukan cara ini selama tiga kali dalam seminggu.

2. Mengatasi Kulit Kusam Menjadi Lembut

Kulit kusam akan membuat penampilan tidak terlalu menarik. Kulit yang kusam akan terlihat seperti kulit yang kekurangan nutrisi. Kondisi ini biasanya sering menyebabkan kulit menjadi lebih kering dan tidak cerah. Untuk mengatasi hal ini maka bisa menggunakan terapi atau spa dengan uap nasi.

Manfaat uap nasi untuk kecantikan bisa melancarkan peredaran darah di bagian wajah. Jika peredaran darah lancar dan sirkulasi udara pada pori-pori berjalan dengan baik maka kulit akan terlihat lebih lembut dan kenyal.

3. Memelihara Kelembapan Alami Kulit

Kulit wajah yang kurang lembab akan terlihat lebih kering. Beberapa wanita juga mengeluh tentang kulit yang keriput pada bagian mata dan sekitar bibir. Kulit yang kurang lembab juga sulit untuk diperlakukan dengan kulit yang sehat seperti untuk pemakaian tata rias. Jadi remaja dan wanita akan memakai bahan krim pelembab. Namun jika bahan pelembab yang dipakai tidak sesuai dengan jenis kulit maka bisa menyebabkan penyakit atau keluhan lain.

Untuk itu Anda bisa memakai uap nasi untuk memberikan kelembapan alami. Uap nasi mengandung suhu panas yang sesuai dan mengalirkan beberapa senyawa dari beras yang berfungsi untuk membantu menjaga kelembapan.

4. Mengatasi Kulit Berminyak

Kulit wajah yang berminyak juga lebih sulit untuk di rawat. Kulit yang berminyak cenderung lebih mudah terkena beberapa masalah wajah seperti jerawat, flek hitam dan berbagai masalah lain. Produksi minyak pada bagian kelenjar di bawah jaringan kulit biasanya sangat berlebihan sehingga minyak terus keluar dari pori-pori.

Kotoran pada wajah juga menyebabkan sumbatan sehingga kulit menjadi lebih sensitif. Untuk mengatasi hal ini maka bisa memakai uap nasi yang bisa melancarkan peredaran darah dan mendukung proses kerja kelenjar pada bagian bawah kulit. Produksi minyak yang berlebihan bisa dihentikan dan kulit menjadi lebih cantik.

5. Mengatasi Efek Penuaan Dini

Efek penuaan dini biasanya akan muncul pada wanita atau pria yang sudah berusia lebih dari 30 tahun. 30 tahun awal biasanya akan muncul flek hitam, jerawat, keriput dan kulit yang tidak kencang. Kondisi ini dipengaruhi oleh produksi hormon dan kulit yang sering terkena zat radikal bebas.

Manfaat uap nasi untuk kecantikan memiliki peran untuk membantu mengatasi efek penuaan dini. Uap nasi mengatasi sel-sel mati yang menumpuk pada kulit sehingga efek penuaan dini bisa diatasi lebih awal. Terapi atau spa dengan uap nasi sangat disarankan untuk mengatasi masalah penuaan dini ini.

6. Membersihkan Wajah

Membersihkan wajah menjadi rutinitas yang sangat penting untuk mencegah berbagai jenis masalah kulit. Namun menggunakan pembersih dan bahan pelembab yang tidak sesuai dengan jenis kulit atau terlalu banyak mengandung bahan kimia bisa menyebabkan jerawat, noda dan flek hitam.

Anda bisa mengatasi masalah ini dengan cara membersihkan wajah dari uap nasi. Letakkan bagian wajah dengan uap nasi yang baru dimasak. Kandungan pati alami dan senyawa pada uap nasi bisa menghilangkan kotoran secara alami dan bisa membuat kulit menjadi lebih halus.

7. Mengencangkan Kulit

Uap nasi memiliki manfaat yang sangat baik untuk mengencangkan kulit. Kulit wajah yang kurang kencang akan terlihat kusam dan mudah terkena jerawat. Sementara itu uap nasi yang dihasilkan dari beras yang dimasak mengandung aroma pati yang kuat dan berkhasiat untuk membuat jaringan kulit menjadi lebih kencang. Selain itu juga bisa membantu mengatasi menipisnya lapisan kolagen pada kulit wajah.

8. Memperkecil Pori Pori

Pori-pori wajah yang terlalu besar biasanya akan membuat seseorang menjadi tidak percaya diri. Bahkan pori-pori yang besar biasanya akan semakin terlihat apabila memakai riasan padat maupun tabor. Untuk mengatasi masalah pori-pori yang besar maka bisa memakai uap nasi.

Manfaat uap nasi untuk kecantikan akan memancing sistem peredaran darah sehingga bisa membantu penutupan pori-pori yang terlalu terbuka. Uap nasi juga membantu mengatasi peradangan kulit sehingga mencegah infeksi kulit dari pori-pori.

9. Membuat Awet Muda

Uap nasi mengandung bahan antioksidan yang sangat baik untuk menjaga kulit agar terlihat lebih awet muda. Protein, mineral dan vitamin yang menghasilkan senyawa dari uap nasi juga bisa mengatasi masalah kulit.

Bahkan kulit yang keriput akan menjadi salah satu masalah bagi semua wanita. Uap nasi mampu membuat kulit menjadi lebih lembut dan kenyal.

10. Menyembuhkan Eksim

Khasiat lain dari uap nasi adalah untuk mengobati eksim. Eksim adalah salah satu masalah kulit yang paling sering menyerang pada bagian tangan dan kaki terutama pada bagian sendi. Tapi semua wanita selalu merasa malu ketika terkena eksim dan biasanya eksim juga menyebabkan rasa gatal yang parah.

Untuk mengobati eksim dengan uap nasi maka tempatkan handuk khusus untuk menyerap uap yang keluar dari pemanci pemasak nasi. Setelah handuk menjadi hangat dan lembab maka tempelkan pada bagian kulit yang terkena eksim. Lakukan terapi ini selama beberapa kali hingga eksim menjadi lebih baik.

Petunjuk Terapi dengan Uap Nasi

Untuk mendapatkan manfaat uap nasi secara maksimal, maka anda bisa mengikuti beberapa tips di bawah ini :

  • Gunakan beras yang alami tanpa memakai obat agar uap yang dihasilkan juga tidak mengandung senyawa kimia.
  • Gunakan panci pemasak nasi agar uap yang dihasilkan lebih stabil.
  • Masak satu hingga dua gelas beras setiap melakukan terapi uap nasi.
  • Pastikan suhu dan letak wajah sesuai dengan posisi sehingga hasilnya lebih maksimal.
  • Lakukan terapi selama satu hingga tiga kali seminggu sesuai dengan tingkat keluhan.
  • Bersihkan wajah dengan handuk yang telah di rendam dalam air dingin setelah proses terapi selesai.

Khasiat uap nasi yang sangat baik untuk kecantikan memang sudah dibuktikan sejak lama. Bahkan pada jaman dahulu orang tua menggunakan masker dari air rendaman beras untuk memelihara kecantikan kulit. Potensi uap nasi tidak mengandung bahan kimia sehingga bisa membuat kulit cantik putih alami tanpa menyebabkan efek samping.

,
Oleh :
Kategori : Makanan