9 Manfaat Paprika Kuning untuk Kesehatan

Sebagian kita pasti sudah tidak asing lagi dengan buah paprika. Berbentuk seperti tomat namun memiliki rasa manis dan agak pedas seperti cabai meskipun tentu saja rasa pedasnya tidak sengeri dan sedahsyat cabai. Berwarna terang dan sangat cantik dengan 3 variasi warna yaitu hijau, merah, dan kuning atau orange serta berwana ungu hingga coklat ketika sudah membusuk. Buah yang memiliki nama latin capsicum annuum L ini termasuk suku terong-terongan dan sering diolah sebagai sayuran dalam tumisan atau campuran salad, bisa juga diolah dengan cara lain seperti dipanggang, dikukus, direbus, atau dibakar.

Baca juga:

Paprika kuning merupakan jenis buah paprika yang dipetik saat pertengahan masa panen ketika buahnya belum matang betul sehingga rasanya tidak semanis paprika merah dan kandungan nutrisinya juga lebih sedikit dari paprika merah namun masih lebih banyak dari paprika hijau. Karena dipetik pada pertengahan masa panen maka daging buahnya cukup tebal sehingga lebih enak dikonsumsi daripada paprika hijau.

artikel terkait: manfaat paprika merah untuk diet

Kandungan Paprika Kuning

Seperti buah pada umumnya paprika kuning memiliki kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan yang diperlukan oleh tubuh. Diantaranya vitamin C, vitamin E, vitamin B6, vitamin K1, vitamin A, kalium, dan folat. Dari warnanya yang terang terlihat bahwa buah paprika kuning mengandung karotenoid, pigmen alami yang menyebabkan tumbuhan memiliki warna kuning hingga merah. Salah satu jenis karotenoid yang umum terdapat pada paprika kuning adalah jenis violaxanthin. Karotenoid ini berperan sebagai antioksidan yang dapat mencegah timbulnya kanker, penuaan dini, atau penyakit degeneratif lainnya.

artikel terkait:

Manfaat Paprika Kuning

Dengan kekayaan nutrisinya tidak diragukan lagi berbagai manfaat yang diperoleh dari mengonsumsi buah paprika kuning, diantaranya :

1. Meningkatkan sistem imun

Tanpa kita sadari ada berbagai macam kuman penyakit, bakteri, dan virus di sekitar kita. Meskipun sudah berupaya hidup sebersih dan sehigienis mungkin tetap saja selalu ada kemungkinan kita terkontaminasi berbagai sumber penyakit tersebut. Sehingga cara paling efektif menjaga kesehatan adalah dengan meningkatkan sistem imun. Dengan sistem imun yang baik maka tubuh kita akan memiliki daya tahan yang lebih baik sehingga tidak mudah terserang penyakit. (Baca Juga: manfaat vitamin K  , manfaat vitamin A)

2. Menangkal radikal bebas

Dengan kandungan antioksidan dan vitamin C yang dimilikinya konsumsi buah paprika kuning dapat membantu tubuh kita menangkal berbagai radikal bebas di sekitar kita yang berpengaruh buruk bagi kesehatan seperti kanker, serangan jantung, serta penurunan fungsi ginjal. (Baca juga: manfaat vitamin E , manfaat vitamin B6)

3. Mencegah penuaan dini

Berbagai faktor seperti polusi dan gaya hidup yang tidak sehat dapat menyebabkan terjadinya penuaan dini. Untuk mencegah hal tersebut dibutuhkan antioksidan yang cukup oleh tubuh yang bisa kita dapatkan dari buah paprika kuning.

artikel terkait: manfaat olahraga untuk awet muda

4. Membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah

Berbagai informasi kesehatan sering menyebutkan efek buruk dari tingginya kadar kolesterol dalam darah. Untuk menjaga kestabilan kadar kolesterol dalam tubuh kita bisa memanfaatkan buah paprika kuning, sudah enak menyehatkan pula.

artikel terkait: manfaat daun kelor untuk menurunkan kolesterol

5. Mencegah diabetes

Meskipun meiliki rasa manis namun paprika kuning tidak mengandung gula yang berlebihan sehigga aman dari diabetes.

artikel terkait: manfaat bengkoang untuk penyakit diabetes

6. Kesehatan mulut

Dengan kandungan vitamin C nya yang tinggi buah paprika kuning sangat baik bagi kesehatan mulut, baik lidah, gigi, kulit di dalam mulut, dan gusi sehingga kita akan terhindar dari berbagai penyakit mulut seperti sariawan dan abses gusi.

artikel terkait: manfaat air garam untuk mulut  – manfaat buah jeruk bagi kesehatan gigi

7. Kesehatan mata

Vitamin A yang terdapat dalam paprika kuning juga sangat baik untuk kesehatan mata sehingga penglihatan kita semakin baik dan tajam.

artikel terkait: manfaat wortel untuk mata – manfaat tomat untuk mata

8. Merilekskan syaraf

Dengan mengonsumsi paprika kuning juga dapat membuat syaraf-syaraf dalam tubuh lebih rileks sehingga menghindarkan kita dari berbagai penyakit syaraf.

Baca juga:

9. Membantu menyehatkan kulit

Konsumsi buah paprika kuning juga dapat membantu menyehatkan kulit. Kulit akan terlihat sehat dan indah serta tidak kusam dan kering.

artikel terkait: manfaat bawang putih bagi kesehatan dan kulit

Untuk mendapatkan seluruh manfaat paprika kuning secara maksimal sebaiknya kita lebih cermat dalam memilih buah yang akan dikonsumsi. Pilihlah paprika yang kulitnya masih kencang dan bercahaya, tidak ada cacat, batang buah masih utuh, serta sesuai antara bobot dan ukurannya. Agar paprika kuning tahan lebih lama dapat dilakukan dengan memasukkannya ke dalam kulkas. Sebelum dimasukkan ke dalam kulkas pastikan paprika kuning dalam keadaan kering dan dibungkus dalam kantong plastik.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Monday 13th, March 2017 / 12:54 Oleh :
Kategori : Buah Buahan