Sponsors Link

77 Manfaat Wheatgrass Bagi Kesehatan Yang Luar Biasa

Sponsors Link

Wheatgrass adalah tanaman berbentuk rumput – rumputan yang dapat menyembuhkan penyakit karena mengandung klorofil, mineral, enzim , vitamin dan asam amino yang berfungsi untuk memberikan nutrisi yang di perlukan bagi tubuh manusia.

ads

Untuk menjalankan hidup sehat di zaman sekarang tidak perlu terlalu susah banyak bahan – bahan alami yang dapat digunakan untuk mengobati penyakit termasuk whatgrass ini. Wheatgrass telah lama digunakan oleh bangsa mesir untuk pengobatan tradisional. Di zaman canggih sekarang banyak olahan dari wheatgrass agar bisa dikonsumsi dimanapun berada.

Wheatgrass merupakan tanaman rumput yang mudah hidup dan dikembang biakkan, yang paling penting dari tanaman ini adalah perawatannya yang harus intensif agar memiliki kualitas yang segar. Berikut ini manfaat wheatgrass untuk bidang kesehatan antara lain adalah :

1.Flu

Salah satu manfaat wheatgrass adalah mengatasi flu yang menyerang tubuh.Di musim hujan yang dingin penting bagi anda untuk memperhatikan kesehatan karena lengah sedikit flu bisa saja menyerang tubuh anda. Jika terserang flu wheatgrass dapat anda gunakan untuk mengobati sakit flu ssebelum menganggu aktifitas harian anda.

Artikel terkait flu :

2. Anemia

Anemia adalah kondisi kadar hemoglobin di dalam darah yang berkurang sehingga kemampuan darah untuk mengikat oksigen menjadi berkurang. Anemia banyak disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya adalah kelelahan yang berlebih karena aktifitas yang banyak. Wheatgrass berfungsi untuk menaikkan kadar hemoglobin dalam darah.

Artikel terkait :

3. Demam

salah satu manfaat wheatgrass yang lain adalah untuk menurunkan demam panas yang tinggi.

Artikel terkait :

4. Radang tenggorokan

Radang tenggorokan dalam kondisi awal gejala mungkin tidak terlalu diperhatikan tapi satu yang harus anda tahu jika dibiarkan lama – lama radang tenggorokan akan mengalami pembengkakkan dan menganggu pernafasan. Untuk itu gunakan minuman wheatgrass sebelum radang tenggorokan bertambah parah.

5. Alergi

Jika anda mengalami gatal – gatal dan kemerahan di kulit bisa jadi anda mengalami reaksi alergi dari tubuh. Wheatgrass dapat membantu mengatasi alergi pada kulit anda.

Artikel terkait :

6. Mengurangi ketombe

Ketombe sangat menganggu penampilan anda di luar terlebih jika terkena sinar matahari ketombe akan terasa gatal – gatal. Saat mengenakan baju hitampun anda jadi tidak percaya diri karena serpihan putih dari ketombe yang ada pada rambut. Wheatgrass dapat mengatasi ketombe yang ada di rambu anda. Baca juga : (Manfaat yoghurt)

7. Diabetes

Diabetes atau dikenal dengan istilah kencing manis banyak menyerang individu pada usia tua. Faktor genetik juga bisa menjadi salah satu penyebab datangnya gejala diabetes pada anak muda. Diabetes dapat diobati dengan rajin meminum serbuk dari wheatgrass yang telah banyak diolah untuk dapat di minum kapanpun dan dimanapun.

Artikel terkait :

8. Kolesterol

Manfaat wheatgrass yang telah teruji lainnya adalah untuk menurunkan kadar kolesterol. Kadar kolesterol yang tinggi dapat menyebabkan terkena resiko jantung lebih tinggi dari kolesterol yang optimal.

Artikel terkait :

9. Kerapuhan gigi

ads
Gigi yang rapuh tentu tidak menyenangkan karena fungsi gigi untuk menguyah makanan yang masuk ke dalam mulut. Jadi untuk mencegah kerapuhan gigi sebelum waktunya dapat menggunakan wheatgrass.

Artikel terkait :

10. Infeksi

Jika anda terkena infeksi segera untuk menggunakan ramuan wheatgrass untuk menyembukan infeksi yang baru menyerang tubuh.

Artikel terkait :

Efek Samping Wheatgrass

Wheatgrass merupakan tanaman yang tumbuh di tanah yang memiliki air cukup tinggi sehingga dapat saja sudah terkontaminasi dengan bakteri dan jamur di lokasi tempat tumbuhnya. Untuk itu saat akan membuat wheatgrass sebagai jus untuk diminum diharapakan di cuci dengan bersih pada air yang mengalir.

Wheatgrass juga tidak diperbolehkan untuk dikomsumsi bagi ibu yang hamil dan bayi. Sebelum mengonsumsi wheatgrass diharapkan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter tentang efek samping dari tanaman ini.

Beberapa efek samping dari tanaman ini adalah mengalami rasa pusing dan sakit kepala, gatal – gatal dan radang tenggorokan yang harus segera di tangani oleh dokter jika reaksi dari efek samping bertambah parah. Selain itu ada waktu dalam mengonsumsi jus dari wheatgrass yaitu tidak boleh rutin dikonsumsi selama lebih dari delapan belas bulan ini di khawatirkan akan meracuni tubuh dari dalam.

Karena efek samping yang dapat saja ditimbulkan oleh wheatgrass untuk itu tolong dikomsumsi dalam batasan yang cukup dan harus dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter ahli untuk mengatasi resiko efek samping bagi tubuh tiap orang yang berbeda – beda.

Cara Menanam Wheatgrass

Tanaman ini dapat ditanam dengan menggunakan media tanah ataupun tanpa media tanah. Ada langkah – langkah yang harus dilakukan untuk mendapatkan hasil yang memuaskan dari wheatgrass ini. Berikut ini cara menanam benih wheatgrass :

1.Tebarkan benih dari wheatgrass dimedia tanam yang anda inginkan bisa jadi tanah atapun menggunakan cara hidroponik. Setelah ditebarkan benihnya maka segera tutup benih tersebut tadi.

2. Siram sebanyak dua kali sehari benih dari wheatgrass tadi secara teratur dengan jumlah air yang cukup jangan sampai mengenangi biji karena dapat menyebabkan biji wheatgrass terserang jamur dan bakteri. Siram biji  wheatgrass ini pada pagi dan sore hari.

3. Untuk hari pertama sampai hari ketiga setelah penyebaran hindarkan dulu biji dari sinar matahari secara langsung.

4. Pada hari keempat dan kelima anda dapat membuka penutup dari benih wheatgrass tadi. Saat anda membuka penutupnya maka anda akan melihat benih – benih mungil yang bermunculan dari biji yang telah anda sebarkan. benih ini membutuhkan asupan cahaya dari sinar matahari yang cukup untuk tumbuh. Namun tidak boleh terkena cahaya matahari secara langsung.

5. Sesudah seminggu tanaman wheatgrass ini sudah dapat dipotong untuk dikomsumsi sehari – hari. Anda dapat mengolahnya untuk di jadikan jus alami yang sehat.

Wheatgrass yang telah anda potong dapat anda gunakan kembalu setelah tumbuh tunas baru dan layak untuk dikonsumsi untuk dibuatkan jusnya. Komsumsi wheatgrass ini dapat dilakukan dengan dua kali dan tiga kali setelah itu ditanam kembali benih yang baru.

Ada beberapa hal yang perlu dilakukan dan diperhatikan sebelum menebarkan benih dari wheatgrass bahwa biji rumput gandum tidak perlu direndam dulu dengan air untuk mencegah infeksi jamur pada biji. Dau untuk suhu antara 15 samapi 25 derajat celcius.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Tuesday 05th, July 2016 / 09:10 Oleh :
Kategori : Herbal