5 Manfaat Amoxicillin Bagi Tubuh

Pernahkah anda mendengar salah satu bahan kimia ini? ya, amoxicilin merupakan salah satu bahan kimia yang sudah akrab di telinga anda, terutama yang sering mengkonsumsi obat-obatan antibiotik dari resep dokter. Amoxicilin sendiri merupakan salah satu dari beberapa bahan kimia aktif yang sering dimanfaatkan sebagai bahan utama pembuatan obat terutama antibiotik yang biasa diberikan kepada mereka yang mengalami penyakit yang berhubungan dengan infeksi dari berbagai macam bakteri yang dapat menyebabkan penyakit. Biasanya, bakteri – bakteri penyebab penyakit tersebut bisa menimbulkan berbagai macam gejala-gejala kesehatan, seperti :

manfaat amoxicilin

  • Pusing
  • Mual
  • Sakit Kepala
  • Lemas
  • Anemia
  • Sulit bergerak
  • Komplikasi penyakit lainnya

Biasanya ketika mengalami gejala penyakit seperti di atas dan juga terutama penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri, maka biasanya dokter akan memberikan resep obat antibiotik yang memilki kandungan amoxicilin tersebut. Dan perlu diingat, amoxicilin hanya boleh dikonsumsi atas resep dokter, dan jarang sekali apotek mau menjual obat-obatan dengan kandungan amoxicilin secara bebas tanpa resep dokter.

Apa saja manfaat dari Amoxicillin?

Sebagai salah satu bahan baku pembuatan obat-obatan tentu saja amoxicilin memilki banyak sekali manfaat bagi tubuh kita. Apabila dikonsumsi pada dosis dan tujuan yang tepat, serta atas perintah dari resep dokter, maka amoxicilin memiliki banyak kegunaan. Apa saja manfaat amoxicilin? berikut ini adalah beberapa diantaranya :

1. Mengatasi dan mencegah berbagai macam infeksi

Manfaat pertama dari amoxicilin adalah dapat membantu ntuk mencegah dan juga mengatasi terjadinya berbagai macam infeksi. Infeksi yang muncl ini dispesifikan menjadi bentuk infeksi yang muncul karena pengaruh bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Hal ini disebabkan karena amoxicilin tidak dapat menghalu infeksi yang disebabkan oleh virus, sehingga hanya terbatas pada bakteri saja. Berikut ini adalah beberapa jenis infeksi yang dapat diatasi dan dicegah perkembangannya dengan mengkonsumsi obat yang memilki kandungan amoxicilin :

  • Sistem pernapasan
  • THT (Telinga, hidung dan tenggorokan)
  • Sistem pencernaan
  • Sistem saluran kemih
  • Sistem reproduksi wanita
  • Meninges
  • Kulit dan jaringan lunak
  • Infeksi gonore

Kesemua infeksi tersebut dapat sembuh tidak hanya dengan menggunakan amoxicilin, tapi harus juga digabungkan dengan berbagai pola hidup yang sehat. Kondisi tersebut dapat membantu untuk menghalau dan juga mencegah perkembangn dari bakteri tersebut. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat dilakukan :

  • Makan teratur
  • Rajin berolahraga
  • Menjaga jam tidur dengan baik
  • Hindari kontak dengan benda dan zat kimia yang mengandung bakteri selama masa pemulihan dan masa pengobatan

2. Untuk menjaga tubuh dari serangan bakteri

Manfaat amoxicilin lainnyaadalah untuk menjaga tubuh dari serangan bakteri. Maka dari itu, jenis obat-obatan yang mengandung amoxicilin dikenal dengan istilah antibiotic, karena memang jenis obat ini memiliki fungsi anti terhadap bakteri. Namun demikian, disayangkan karena amoxicilin tidak dapat menangkal masuknya virus ke dalam tubuh. Beberapa contoh bakteri yang bisa dan mampu ditangkal oleh amoxicilin adalah bakteri Streptococcus, E. coli, Staphylococcus, H. pylori, P. mirabilis, H. influenzae, N. gonorrhoeae, S. pneumonia dan lain – lain.

3. Membunuh bakteri penyebab penyakit pada tubuh

Selain dapat mencegah masuknya bakteri ke dalam tubuh kita, amoxicilin juga sangat bermanfaat untuk membunuh bakteri yang sudah terlanjus masuk dan juga menginfeksi tubuh kita. Dengan bantuan amoxicilin, maka bakteri yang tinggal dan sudah tumbuh di dalam tbu kita dapat terhenti perkembangannya dan pada akhirnya terbunuh. Dengan begitu, amoxicilin dapat mmebantu tubuh dalama menyembuhkan penyakit yang disebabkan oleh infeksi dari bakteri.

4. Dapat meningkatkan kekebalan dan daya tahan tubuh

Amoxicilin juga memilki manfaat yang sangat baik untuk membantu meningkatkan kekebalan tubuh kita. Terutama bagi anda yang sedang mengalami sakit karena infeksi bakteri, yang pada umumnya menyerang daya tahan tubuh, sehingga tubuh menjadi lemas dan tidak berdaya. Dengan adanya amoxicilin, maka kondisi tubuh yang lemah dan lemas ini dapat teratasi, karena amoxicilin sangat baik untuk membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

Top Untuk Sistem Kekebalan Tubuh

  1. Manfaat vaksin
  2. Manfaat buah naga
  3. Manfaat cacing tanah
  4. Manfaat wortel
  5. Manfaat air kelapa
  6. Manfaat omega 9
  7. Manfaat air lemon
  8. Manfaat teratai salju
  9. Manfaat lobster
  10. Manfaat hati sapi

5. Dapat menghambat pembentukan dinding sel bakteri

Manfaa amoxicilin bagi tubuh adalah mampu untuk menghambat pembentukan dinding sel dari bakteri. Dengan manfaat ini, maka pertumbuhan dari bakteri akan terhambat, dan hal ini akan menyebabkan bakteri tersebut menjadi sulit berkembang dan menginfeksi tubuh lebih lanjut. Efek jangka panjangnya adalah dapat menyebabkan bakteri tersebut mati dan tentu saja anda dapat sembuh dari penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri tersebut.

Batasan dosis dari kandungan amoxicillin

Tentu saja sebagai salah satu jenis bahan kimia dalam obat – obatan, amoxicilin memiliki batasan dosis yang harus dipatuhi, agar tidak menjadi overdosis dan menyebabkan berbagai macam gangguan kesehatan tubuh lain. Berapa dosis dari amoxicilin yang baik untuk tubuh? Biasanya, amoxicilin dapat dikonsumsi oleh mereka yang mengalami penyakit, dan diberikan atas resep dokter selama 7 hingga 14 hari. Dosis yang dianjurkan adalah 500 hingga 1500 mg amoxicilin untuk 7 hingga 14 hari. Terkadang, dosis ini dapat berubah, tergantung dari berat badan pasien, dan juga kondisi fisiologis pasien lainnya.

Obat ini pada umumnya memilki bentuk kapsul atau tablet, dengan aturan minum bervariasi  antara 3 – 4 kali dalam sehari. Wajib untuk dihabiskan terutama dalam masa penyembuhan.

Efek samping dari konsumsi amoxicillin

Amoxicilin pada beberapa pasien, dan juga karena terjadi overdosis dapat menimbulkan gejala dan efek samping bagi kesehatan. Berikut ini adalah beberapa efek samping dan gejala-gejala kesehatan tubuh lainnya yang dapat muncul karena konsumsi amoxicilin yang melebihi dosis, ataupun mengalami alergi terhadap amoxicilin :

  • Ruam
  • Mual dan Muntah
  • Pusing dan Sakit kepala
  • Diare
  • Gangguan pada ginjal dan juga hati

Itulah beberapa informasi penting dari amoxicillin yang harus anda ketahui. Semoga artikel ini dapat meningkatkan wawasan anda sekalian, terima kasih.