10 Manfaat Jahe saat Flu Menyerang

Kebaikan Jahe tidak berhenti pada banyaknya manfaat untuk perlengkapan bumbu dapur terapi juga berkhasiat sebagai obat tradisional yang paling manjur untuk menyembuhkan flu. Flu adalah jenis penyakit yang diakibatkan oleh virus yang paling mudah menyerang siapa saja terutama karena perubahan cuaca, kelelahan, kurang tidur, angin malam atau menurunnya kekebalan tubuh.

Inilah manfaat jahe saat flu dan untuk kesehatan yang dapat diminum kapan saja dan dimana saja.

1. Menghangatkan tubuh dan mencegah masuk angin

Dapat menghangatkan tubuh dan mencegah masuk angin yang ditandai adanya flu. Kondisi biasanya terjadi pada saat udara sedang dingin ketika musim hujan atau saat anda sedang berada dan menetap dinegara yang memiliki musim dingin atau salju.

2. Sebagai pelancaran pernafasan

Jahe mempunyai kemampuan menstabilkan suhu tubuh dan melancarkan peredaran darah dan melancarkan  pernafasan di rongga hidung. Hal itulah yang dapat mencegah bersin yang nantinya bisa  menjadi flu sungguhan, akibat virus beterbangan di udara bebas yang berbaur dengan radikal bebas lain ketika perubahan iklim sedang berlangsung.

3. Obat sakit tenggorokan yang selalu menjadi pemicu datangnya flu

Jika tenggorokan mulai terasa sakit maka itu tanda awal bahwa flu akan segera menyerang yang akhirnya akan memunculkan keluhan penyakit lain misalnya masuk angin, batuk dan demam. Minumlah air teh hangat yang telah dicampur oleh perasan air jahe dan gula aren. Ramuan ini mampu mengobati iritasi dan peradangan pada tenggorokan sehingga kedatangan flu dapat secepatnya dicegah.

4. Dapat menyembuhkan flu ketika sedang beristirahat tidur

Istirahat adalah jalan terbaik untuk mempercepat proses penyembuhan penyakit apapun termasuk flu. Ketika tubuh terserang flu sebelum berangkat tidur malam biasakan membuat racikan alami sendiri. Parutlah jahe dan buatlah sebagai minuman, lalu minumlah air jahe yang telah dicampur dengan susu hangat karena nutrisi pada susu dan khasiat jahe akan berpadu menggempur virus penyebab flu selama anda tertidur pulas. Keesokan harinya tubub akan kembali sehat.

5. Sebagai pencegah flu pada malam hari

Ketika orang dewasa atau seseorang bepergian pada malam hari atau bekerja yang berkaitan dengan malam hari atau harus begadang karena sesuatu hal yang penting. Zat karbon dioksida yang ada di udara dan bercampur dengan angin malam dapat memicu timbulnya serangan flu yang akhirnya menyebabkan masuk angin. Untuk mencegahnya manfaat jahe saat flu yang sudah dicampurkan jeruk nipis dan gula aren yang diseduh bersama kopi bisa dikonsumsi.

6. Meningkatkan imunitas tubuh

Ketika tubuh dalam keadaan kelelahan akibat rutinitas kerja sehari hari dapat memicu menurunnya kekebalan tubuh seseorang. Ketika kelelahan tubuh akan mengalami dehidrasi dan tidak nafsu makan maka dari itu tubuh akan mudah terserang masuk angin, batuk dan flu. Minuman jahe mampu mengembalikan vitalitas tubuh dan meningkatkan imun tubuh ketika kelelahan menyerang.

7. Sebagai anti virus yang manjur

Ketika ada kerabat, teman atau rekan kerja terserang flu, batuk dan  pilek rajin rajinlah minum air jahe agar anda tidak mudah tertular. Di dalam jahe terkandung zat shagois yang mempunyai kemampuan menghalau dan mengusir virus penyebab flu secara efektif.

8. Dapat menghilangkan rasa nyeri dan tidak nyaman pada ulu hati

Jika ulu hati terasa nyeri dan tidak nyaman maka saat itulah anda harus segera minum air jahe yang sudah dicampur dengan madu agar tubuh tidak terserang flu. Biasanya flu akan muncul ketika tubuh telah memberikan sinyal sinyal tertentu seperti perut sakit, ulu hati nyeri, perut kembung dan tubuh tidak nyaman, pusing dan tenggorokan sakit serta diikuti dengan bersin bersin.

9. Dapat mengembalikan kebugaran setelah terserang flu

Ketika sedang flu tubuh akan merasa lemas dan tubuh merasa tidak kuasa untuk menyelesaikan tugas tugas keseharian secara maksimaal. Untuk mengembalikan kebugaran dan menghilangkan flu maka dari itu sangat disarankan minumlah air jahe yang telah dicampurkan dengan sedikit bubuk merica.

10. Dapat mencegah flu pada anak anak

Perubahan cuaca sering sekali menyebabkan daya tatahan tubuh anak anak cepat menurun akibatnya mereka mudah sekali terserang flu. Untuk mencegahnya sebelum beraktivitas ke sekolah atau bermain di luar rumah hendaknya anak meminum air jahe  yang telah dicampur dengan madu dan air jeruk lemon. Ramuan jahe ini rasanya sangat segar dan pasti disukai anak anak. Berikan minuman tersebut setiap hari, pada pagi hari dan menjelang tidur malam.

Jenis Jahe untuk Obat

Jahe memiliki tiga jenis yang berbeda namun mempunyai khasiat yang sama manjurnya untuk penyembuhan dan pencegahan flu. Inilah jenis jahe yang biasa digunakan :

  • Jahe Merah

Jahe merah paling banyak digunakan untuk pengobatan tradisional karena memiliki  warna hijau kemerahan , memiliki kandungan minyak asiri terbanyak dibandingkan jahe lainnya yaitu sekitar 2,58 sampai 2, 72 persen dan mempunyai  rasa pedas yang melebihi jahe jenis lainnya, Jahe merah juga memiliki struktur rimpang yaang kecil kecil , ruas ruas yang rata dan cenderung berbentuk mencembung keluar dan membuklat atau melebar kembung dan memiliki aroma bau yang saangat tajam.

  • Jahe Putih emprit atau jahe sunti

Jahe putih sering digunakan pada pembuatan jamu dan obat obtan tradisional rakyat yang memiliki ukuran yang kecil yang biasa dipoakai pula untuk perlengkapan bumbu makanan., bentuknya pipih dan gepeng, sratnya lebih halus dengan aroma bau yang tidak terlalu tajam.

  • Jahe gajah atau Jahe badak

Jahe gajah sering pula digunakan pada pembuatan obat obtana tradisional yang memiliki warna putih kekuningan, rimpangnya cenderung berukuran besar dan lebar, bentuknya gemuk dan memiliki ruas ruas yang gemuk dan lebar juga.

Yang perlu anda ketahui tentang air jahe

  • Membawa minuman jahe yang dicampur gula aren dan pearsan jeruk nipis atau lemon didalam botol plastik ketika berpergian sangat bermanfaat agar tubuh tidak mudah terserang flu atau virus flu yang kemungkinan besar bertebaran disekitar kita. Air jahe dapat bertahan dengan kondisi terbaiknya hanya dalam  satu hari, namun lebih baik mengkonsumsi air jahe tidak lewat dari 24 jam agar khasiatnya segera dapat dirasakan.
  • Sebaiknya tidak menyimpan air jahe dalam lemari es karena dapat mengurangi manfaatnya sebagai pengusir dan pencegah flu. simpanlah pada tempat yang bertemperatur sedang . Jahe yang sehat sebaiknya tidak menggunakan gula tebu didalam pembutannya melainkan dengan gula aren karena hanya gula aren saja yang tidak mengandung unsur gula yang membahayakan gula darah dan gula aren adalah  tergolong aman bagi penggunaan penderita diabetes sekalipun.

Marilah kita gunakan dan olah jahe sebagai minuman wajib sehari-hari terutama bagi anak anak sekolah agar mereka terhindar dari serangan virus flu. Agar stamina tubuh juga tetap stabil ketikan sudah pulang bermain atau sepulang sekolah. Minuman jahe bisa ditambahkan susu (untuk anak anak), teh atau kopi agar kenikmatannya tetap terjaga.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Wednesday 24th, February 2016 / 08:21 Oleh :
Kategori : Herbal