5 Manfaat Jamu Apusirih untuk Kesehatan dan Kecantikan Wanita

Minum jamu bisa dikatakan sebagai budaya orang Indonesia karena sudah turun-temurun dilakukan dari zaman dahulu. Kita tentu sudah sangat familiar dengan mbok-mbok jamu plus bakulnya yang menjajakan jamu setiap hari. Meskipun rasanya tidak atau kurang disukai oleh sebagian orang namun ada banyak manfaat jamu bagi kesehatan. Seiring perkembangan zaman dan banyaknya peminat jamu kemudian jamu diolah secara lebih modern dan dikemas dalam bentuk yang lebih praktis sehingga dapat diracik dan diminum kapan saja. Meskipun melalui pengolahan pabrik dan memiliki batas waktu penggunaan namun jamu buatan pabrik masih sangat digemari karena terbuat dari bahan-bahan herbal yang dipercaya sehingga lebih aman bagi kesehatan.

Ada banyak jenis dan merek jamu yang tersedia di pasaran sesuai dengan kebutuhan. Ada yang untuk anak-anak seperti manfaat jamu buyung upik, ada yang untuk bapak-bapak seperti jamu kuat, banyak pula yang khusus untuk wanita dan ibu-ibu dalam memelihara kesehatan dan kecantikannya, serta berbagai jenis jamu lainnya. Salah satu jenis jamu yang akan dibahas manfaatnya kali ini adalah jamu apusirih yang diproduksi oleh perusahaan Sabdo Palon. Jamu ini merupakan jamu khusus wanita terutama ibu-ibu yang habis melahirkan untuk memulihkan kesehaatan dan kecantikannya. Mesipun demikian wanita yang belum menikah juga boleh dan dianjurkan untuk mengonsumsi jamu apusirih.

Sesuai namanya salah satu bahan pembuatan jamu ini adalah daun sirih yang dikenal sangat bermanfat untuk menjaga kecantikan dan kesehatan wanita. Ada sekitar 12 manfaat sirih yang akan didapatkan dengan rutin mengonsumsi ramuan daun sirih. Selain itu ada bahan-bahan alami lainnya yang tidak kalah penting seperti manfaat temulawak, manfaat jintan putih, manfaat kapulaga, dan biji kedawung. Dengan berbagai kandungan rempah ini sudah pasti ada banyak manfaat jamu apusirih untuk kesehatan dan kecantikan. Berikut beberapa diantaranya:

1. Menghilangkan bau-bau tidak sedap

Jamu apusirih dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan bau-bau tidak sedap dari tubuh seperti bau mulut, bau ketiak, hingga bau yang muncul dari organ kewanitaan. Dengan rajin mengonsumsi jamu apusirih dapat membuat anda lebih wangi secara alami sehingga merasa lebih percaya diri. Selain itu bau tidak sedap juga dapat dihilangkan dengan menggunakan manfaat daun fatimah dan manfaat daun beluntas untuk bau badan.

2. Mengatasi keputihan

Konsumsi jamu apusirih juga dapat membantu mengatasi keputihan sehingga organ kewanitaan terasa lebih bersih, kesat, dan wangi. Selain itu anda juga dapat memanfaatkan bahan rempah lainnya seperti manfaat kunyit putih untuk keputihan dan manfaat ketumbar untuk keputihan.

3. Mengurangi nyeri menstruasi

Menstruasi biasanya diiringi sejumlah sindrom seperti rasa nyeri di bagian perut. Rasa nyeri ini berbeda-beda pada setiap orang, ada yang ringan dan ada yang cukup berat. Dengan mengonsumsi jamu apusirih dapat membantu mengatasi rasa nyeri ini sehingga tubuh terasa lebih nyaman saat menstruasi dan anda dapat beraktivitas dengan lancar. Rasa nyeri ini juga dapat diatasi dengan menggunakan ramuan herbal buatan sendiri seperti manfaat temu putih untuk wanita dan manfaat asam jawa saat haid.

4. Membersihkan darah pasca melahirkan

Manfaat jamu apusirih yang tidak kalah penting adalah dapat membantu membersihkan sisa-sisa darah nifas sehingga sangat dianjurkan bagi ibu-ibu yang habis melahirkan. Dengan mengonsumsi jamu apusirih tubuh akan terasa bersih serta fit kembali.

5. Menghaluskan kulit dan mencegah penuaan dini

Jamu sudah lama dikenal sebagai bahan alami yang bermanfaat untuk memelihara kecantikan. Dengan rajin mengonsumsi jamu apusirih dapat membuat kulit lebih halus dan terhindar dari timbulnya kerutan yang terlalu cepat akibat penuaan dini. Kulit yang halus dan cantik juga bisa didapatkan dengan menggunakan manfaat jamu bersih darah dan manfaat jamu kunyit asam.

Demikianlah manfaat jamu apusirih dalam menjaga kesehatan dan kecantikan wanita dari dalam sehingga sangat dianjurkan bagi semua wanita dewasa. Terutama sekali bagi wanita yang telah berumah tangga agar kehidupan rumah tangganya tetap harmonis dan bahagia.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Herbal