16 Manfaat Daun Mulberry Yang Perlu Diketahui

Daun mulberry

Tanaman mulberry atau murbei tidak hanya dapat dinikmati bagian buahnya saja yang memiliki citarasa asam manis menyegarkan serta kaya manfaat untuk kesehatan. Bagian daun dari tanaman yang juga sering disebut bebesaran ini ternyata juga memiliki manfaat yang tidak kalah penting. Meskipun selama ini daun mulberry lebih dikenal sebagai makanan ulat sutra namun ramuan dari daun mulberry ternyata juga telah lama dikenal dan digunakan secara turun-temurun sebagai langkah pengobatan untuk mendukung kesehatan dan mengatasi berbagai penyakit secara alami.

Beberapa kandungan nutrisi dan senyawa pada daun mulberry diantaranya manfaat vitamin A, manfaat vitamin C, vitamin B1, acetone, phytoestrogen, copper, lupeol, moracetin, asam folat, karoten, dan masih banyak lagi yang lainnya. Dengan beragam kandungan bermanfaat ini konsumsi atau penggunaan ramuan daun mulberry akan mendatangkan banyak manfaat untuk kesehatan. Berikut beberapa manfaat daun mulberry atau manfaat daun murbei yang perlu diketahui:

1. Mengatasi demam

Jika biasanya anda menggunakan obat-obatan seperti manfaat obat neuralgin dan manfaat parasetamol untuk mengatasi demam pada anggota keluarga maka kini anda dapat mencoba menggunakan ramuan dari daun mulberry yang tentunya lebih ekonomis dan jauh dari efek samping. Daun ini diketahui bermanfaat untuk menurunkan suhu tubuh agar kembali normal.

2. Mengatasi insomnia

Jika anda termasuk pengidap insomnia yang memiliki masalah sulit tidur maka konsumsi ramuan daun mulberry dapat anda coba. Kandungan senyawa-senyawa penting pada daun ini dapat membantu mengatasi masalah ini sehingga anda dapat beristirahat dengan baik dan berkualitas. Selain itu anda juga dapat mencoba manfaat minum susu sebelum tidur agar lebih mudah tertidur dan beristirahat dengan baik.

3. Mencegah diabetes

Konsumsi daun mulberry juga bermanfaat untuk menjaga kestabilan kadar gula darah sehingga dapat mencegah timbulnya penyakit diabetes serta aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Selain itu pencegahan diabetes juga dapat dilakukan dengan manfaat buah apel untuk diabetes atau manfaat alpukat untuk diabetes.

4. Mengatasi keputihan

Daun murbei juga sangat baik digunakan untuk memelihara kesehatan organ intim wanita. Pengguaan daun ini dapat mencegah timbulnya keputihan yang berlebihan serta menghilangkan bau tidak sedap. Disamping itu ada banyak pula pilihan obat alami lainnya untuk mengatasi keputihan diantaranya manfaat kunyit putih untuk keputihan dan manfaat daun beluntas untuk keputihan.

5. Memelihata kesehatan gigi dan tulang

Selain manfaat susu yang telah lama dikenal untuk mendukung kesehatan gigi dan tulang penggunaan daun mulberry juga bisa menjadi pilihan yang tepat. Kandungan berbagai nutrisi dan senyawa penting pada daun ini akan membuat gulang dan gigi lebih sehat dan kuat.

6. Menyehatkan jantung

Jika anda ingin memiliki jantung yang sehat maka konsumsi daun mulberry merupakan salah satu yang disarankan disamping berbagai makanan sehat lainnya seperti manfaat ikan salmon untuk jantung dan manfaat alpukat untuk jantung.

7. Mencegah penyakit stroke

Ramuan daun mulberry juga dapat digunakan untuk mencegah timbulnya penyakit stroke yang dikenal sebagai penyakit serius yang harus ditangani dengan cepat dan tepat agar tidak berakibat fatal. Disamping itu pencegahan stroke juga bisa dilakukan dengan konsumsi beberapa jenis buah lainnya seperti manfaat buah pepino dan manfaat buah okra.

8. Mencegah hipertensi

Konsumsi daun mulberry secara teratur akan berdampak positif pada kelancaran aliran darah dalam tubuh sehingga anda terhindar dari penyakit hipertensi. Ini serupa dengan manfaat beberapa bahan alami lainnya seperti manfaat mentimun untuk hipertensi dan manfaat mengkudu untuk hipertensi.

9. Antiinflamasi

Manfaat daun mulberry juga dapat berperan sebagai antiinflamasi atau anti peradangan sehingga dapat membantu mengatasi dan meredakan gejala-gejala peradangan seperti bengkak dan kemerahan pada kulit. Disamping itu ada banyak lagi pilihan bahan alami yang juga berperan sebagai antiinflamasi diantaranya manfaat laos dan manfaat bunga telang.

10. Melancarkan buang air kecil

Daun mulberry diketahui juga memiliki sifat diuretik sehingga sangat baik dikonsumsi untuk membantu kelancaran buang air kecil.

11. Mengatasi malaria

Ramuan daun mulberry juga dapat digunakan sebagai obat herbal untuk mengatasi malaria. Selain itu anda dapat pula menggunakan manfaat pohon kina dan manfaat daun johar yang juga dikenal sangat baik untuk mengobati malaria.


12. Mempercepat penyembuhan luka

Jika anda mengalami luka dan sedang dalam tahap penyembuhan maka ramuan daun mulberry dapat dijadikan salah satu obat untuk mempercepat proses penyembuhannya. Disamping itu ada pula manfaat daun pegagan dan manfaat buah jatake yang bisa digunakan untuk mempercepat pemulihan luka pada tubuh.

13. Melancarkan produksi ASI

Ramuan daun mulberry baik dikonsumsi oleh ibu yang sedang menyusui karena dapat membantu melancarkan produksi ASI sehingga bayinya mendapat asupan makanan dan minuman yang cukup.

14. Kaya antioksidan

Daun mulberry juga mengandung antioksidan dalam jumlah cukup banyak sehingga dapat melindungi sel-sel tubuh dari serangan radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai penyakit berbahaya dan penuaan dini. Selain itu ada banyak pilihan bahan alami lainnya yang juga menjadi sumber antioksidan diantaranya manfaat kacang merah dan manfaat buah cupuacu.

15. Melancarkan pencernaan

Tidak hanya mengatasi berbagai penyakit konsumsi daun mulberry juga berpengaruh positif pada kelancaran pencernaan sehingga makanan dapat dicerna dan diserap dengan baik oleh tubuh serta sisanya juga dapat dapat dibuang dengan lancar. Tubuh menjadi sehat dan terhindar dari berbagai gangguan pencernaan.

16. Menurunkan kadar koleseterol jahat dalam tubuh

Jika anda memiliki masalah dengan kadar kolesterol jahat yang terlalu tinggi maka konsumsi daun mulberry dapat menjadi pilihan yang tepat. Dengan rutin mengonsumsi daun mulberry maka kadar kolesterol jahat dalam tubuh akan berkurang dan kesehatan tubuh anda terpelhara.

Itulah diantara manfaat daun mulberry yang sangat banyak dan beragam untuk mendukung kesehatan tubuh manusia dan penting untuk diketahui. Dengan mengetahuinya maka anda tidak perlu pusing lagi jika terkena penyakit atau gangguan kesehatan tertentu karena sudah mengetahui obatnya. Meskipun demikian tetap disarankan untuk berkonsultasi dengan tenaga kesehatan sehingga dapat diperiksa dan didiagnosis secara tepat serta mendapat pengobatan yang tepat.

, ,
Oleh :
Kategori : Tumbuhan