5 Manfaat Abon Ikan Untuk Kesehatan

Abon. Siapa sih yang tidak tahu makanan yang satu ini? Makanan yang kerap kali dijadikan lauk saat makan ini menjadi favorit banyak orang karena rasanya yang gurih, manis, dan pastinya lezat. Kebanyakan abon terbuat dari daging sapi ataupun daging ayam yang menyebabkan harganya lumayan mahal – namun sekarang juga mulai marak abon ikan yang harganya lebih terjangkau dan pastinya kelezatannya tidak kalah dengan jenis abon lainnya.

Nah pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai manfaat abon ikan. Apa iya kita akan mendapat banyak manfaat dari abon ikan ini seperti halnya kita mendapat manfaat dari abon sapi atau abon ayam? Apa sih yang membuat abon ikan ini lebih istimewa dari kedua abon lainnya? Nah daripada tambah penasaran, yuk kita simak manfaat abon ikan yang satu ini!

1.Baik untuk kesehatan janin dan ibu hamil

Tingginya kandungan omega-3 pada abon ikan, yaitu sekitar 0,33 gram pada tiap 100 gram abon ikan sangatlah bermanfaat untuk kesehatan kita, terutama pada ibu hamil yang sangat membutuhkan asupan omega-3. Omega-3 merupakan asupan nutrisi yang sangat penting bagi ibu hamil terutama ketika sudah memasuki masa trimester ketiga hingga bayi berusia 2 tahun dan disarankan untuk mengonsumsi omega-3 sebanyak 1000 mg tiap harinya. Manfaat omega-3 untuk kesehatan sangatlah banyak, dan omega-3 memiliki peran penting dalam perkembangan saraf bayi dalam masa kandungan dan mencegah terjadinya kelahiran prematur. Bukan hanya itu saja, omega-3 berfungsi untuk memperlancar produksi ASI ketika anak sudah hamil dan meminimalisir depresi pada ibu ketika dalam masa kehamilan.

2. Meminimalisir risiko penyakit jantung

Penyakit jantung merupakan momok sendiri bagi kita karena termasuk faktor tertinggi penyebab kematian selain kanker dan hingga saat ini belum ditemukan cara yang efektif untuk mencegah ataupun mengobatinya. Namun kita tidak perlu terlalu mencemaskan hal tersebut karena abon ikan dapat menolong kita. Kok bisa? Tingginya kandungan lemak tak jenuh pada abon ikan berfungsi untuk meminimalisir risiko penyakit mematikan ini. Manfaat lemak tak jenuh untuk tubuh kita sangatlah banyak dan salah satunya adalah melarutkan lemak jenuh yang menempel pada arteri sehingga aliran darah kembali menjadi lancar dan menetralisir kolesterol jahat.

3. Menjaga kesehatan gigi dan tulang

Manfaat abon ikan berikutnya adalah untuk menjaga kesehatan gigi dan tulang dan kita bisa mendapatkannya dari abon ikan mengingat tingginya kandungan fosfor pada abon ikan. Manfaat fosfor sangat beragam untuk tubuh kita, dan kita membutuhkan fosfor sekitar 500 mg/hari untuk anak-anak, 1200 mg/hari untuk remaja, dan 700 mg/ hari untuk dewasa. Abon ikan ini sangatlah baik untuk kesehatan gigi dan pertumbuhan tulang terutama bagi mereka yang masih pada masa pertumbuhan anak-anak.


4. Menjaga tubuh tetap fit

Siapa sih yang ingin sakit? Siapa sih yang ingin kecapekan setelah beraktivitas seharian? Tentu saja jawabannya tidak ada bukan. Nah kali ini kita tidak perlu khawatir untuk gampang jatuh sakit ataupun terlalu lelah ketika kita rutin mengonsumsi abon ikan. Kok bisa? Yup, abon memiliki kandungan zat besi yang tinggi dan hal ini berfungsi untuk memperlancar peredaran darah dan mempercepat pembentukan sel darah merah. Apabila kedua hal ini dapat berfungsi normal seperti semestinya, maka badan kita akan tetap sehat dan meminimalisir risiko anemia pula.

5. Efektif untuk program diet

Wah siapa nih yang tidak tertarik ketika mendengar kata diet? Kebanyakan dari kita pasti menginginkan bisa makan enak dan berat badan kita tetap terjangkau. Hal ini bukanlah suatu mimpi lagi karena kita bisa mendapatkan hal ini dengan mengonsumsi abon ikan. Tingginya protein pada abon ikan berfungsi untuk pertumbuhan dan pembentukan massa otot kita. Selain itu, adanya kandungan lemak pada abon juga berfungsi untuk membuat kita merasa kenyang dalam waktu yang lama.

Nah itu tadi adalah beberapa manfaat abon ikan untuk kesehatan kita. Apa kalian masih ragu untuk mengonsumsi makanan yang satu ini? Pastinya tidak bukan 🙂 yuk kita mulai pola hidup sehat dari sekarang!

, , ,
Oleh :
Kategori : Makanan
Doctors Talks

Gigi berlubang bagian atas bisa menyebabkan Penyakit meningitis, Gigi berlubang bagian bawah bisa menyebabkan penyakit yang menyebabkan kematian mendadak, apa itu ? Simak penjelasan Drg. Albertus Andika berikut ini.