Sponsors Link
     Sponsors Link

5 Manfaat Nanas Kerang Pada Kesehatan

Sponsors Link

Setiap tumbuhan atau tanaman memiliki fungsinya masing masing, salah satunya  tumbuhan nanas kerang. Tumbuhan yang memiliki nama latin Tradescantia spathacea  ini dapat dengan mudah diwilayah Indonesia karena memiliki iklim tropis dan dapat dengan mudah mendapatkan asupan air dan tanah yang lembab.

artikel terkait:

Beberapa orang memanfaatkan nanas kerang sebagai tanaman hias, karena memang bentuk tanaman ini menarik dan bagus untuk dijadikan tanaman hias. Nanas kerang memiliki bunga berwarna putih seperti kerang, itulah mengapa banyak orang menyebut tanaman ini sebagai nanas kerang. Namun sebenarnya, nanas kerang tidak hanya dapat digunakan untuk tanaman hias saja. Nanas kerang memiliki banyak kandungan di dalamnya yang dapat bermanfaat untuk kesehatan.

Beberapa Manfaat Nanas Kerang dan Cara Memanfaatkannya

Dari kandungan yang ada di dalamnya, nanas kerang memiliki manfaat untuk kesehatan sebagai berikut :

  1. Mengatasi batuk dan masalah tenggorokan.

Tanaman yang banyak digunakan untuk tanaman hias ini memiliki manfaat untuk kesehatan yakni untuk mengatasi batuk, baik batuk berdahak, batuk rejan. Selain itu juga dapat memiliki manfaat untuk mengatasi bronchitis, flu, serta disentri. Bagian yang dimanfaatkan untuk mengatasi beberapa penyakit ini yakni pada bunganya. Meminum rebusan bunga nanas kerang dapat mengatasi penyakit bronchitis, batuk, flu dan juga disentri. Dengan menambahkan daun dan gula jawa pada rebusan daun nanas kerang, dapat digunakan untuk mengatasi muntah darah.

artikel terkait: manfaat mangga manalagimanfaat nanas

2. Mengatasi bagian tubuh yang terkilir.

Selain bunganya, nanas kerang dapat dimanfaatkan daunnya untuk mengatasi bagian tubuh yang terkilir. Caranya cukup mudah, yakni dengan menghalungkan beberapa helai dain nanas kerang sesuai dengan kebutuhan, kemudian membalurkannya pada bagian tubuh yang terkilir. Dengan cara ini, bagian tubuh yang terkilir dapat diatasi dengan beberapa kali membalurkan daun nanas kerang yang telah dihaluskan.

artikel terkait: manfaat sayur kangkungmanfaat mangga muda

3. Menghilangkan memar atau bengkak akibat benturan.

Selain dapat mengatasi bagian tubuh yang terkilir, daun nanas kerang juga dapat mengatasi bagian tubuh yang memar. Caranya sama dengan memanfaatkan daun nanas kerang untuk bagian tubuh yang terkilir. Beberapa helai dan nanas kerang yang sudah dicuci bersih kemudian di haluskan dan dibalurka pada bagian tubuh yang mengalami memar atau bengkak. Lakukan beberapa kali hingga bagian tubuh yang memar sembuh seperti sedia kala.

artikel terkait: manfaat air kelapa tua – manfaat jambu biji untuk diabetes

4. Mengatasi berak darah.

Merebus bunga dan daun nanas kerang dengan menambahkan gula enau secara bersamaan dan meminum airnya, dapat membantu penderita berak darah dalam mengatasi masalah kesehatan ini. Ramuan ini dapat diminum sampai dua gelas dalam sehari untuk mempercepat penyembuhan penderita berak darah.

artikel terkait: manfaat kangkung untuk dietmanfaat lo han kuo

sponsored links

5. Meringankan sakit TBC dan mimisan.

TBC merupakan salahsatu penyakit yang cukup berbahaya yang sering menyerang masyarakat umum dan disebabkan oleh bakteri. Biasanya, orang yang menderita TBC selalu mengkonsultasikan pada dokter dan pihak medis ketika penyakit ini menyerang. Namun, mungkin dapat juga dicoba mengatasi penyakit TBC ini menggunakan rebusan daun nanas kerang. Rebusan beberapa helai daun nanas kerang dan meminum air rebusannya dapat meringankan penyakit TBC. Selain TBC, rebusan daun nanas kerang juga dapat mengatasi mimisan yang sebabkan pecahnya pembuluh darah.

artikel terkait: manfaat daun seledri untuk ginjalmanfaat daun seledri untuk diet

Dari beberapa manfaat yang dihasikan oleh nanas kerang, mungkin juga masih ada beberapa manfaat nanas kerang lainnya untuk mengatasi masalah kesehatan. Dengan menanam nanas kerang ini juga tidak akan merugikan, karena memiliki bentuk tanaman yang bagus untuk hiasan, dan ketika membutuhkannya dapat segara mengambil daun atau bunganya, tanpa harus bingung mencari dimana.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Tuesday 18th, October 2016 / 12:20 Oleh :
Kategori : Buah Buahan