4 Manfaat Jambu Biji Untuk Penderita Diabetes

Diabetes merupakan penyakit yang terkait dengan ketidakmampuan tubuh dalam mengontrol kadar gula pada darah. Pada tubuh normal, kadar gula darah di kontrol oleh insulin, hormon yang disekresikan oleh kelenjar pankreas. Insulin mengubah kelebihan glukosa dalam darah menjadi gula otot, glikogen, untuk kemudian disimpan.  Ada dua jenis diabetes yaitu diabetes tipe 1 dan tipe 2. Penderita diabetes 1 sama sekali tidak dapat menghasilkan insulin. Penderita diabetes tipe dua dapat menghasilkan insulin, namun sel tubuh tidak dapat memanfaatkan insulin ini dengan baik. Awalnya tubuh mengatasi hal ini dengan menghasilkan lebih banyak insulin. Pada akhirnya penambahan insulin tetap tidak dapat mengontrol peningkatan gula darah, akibatnya kadar gula darah dalam tubuh semakin tinggi. Kondisi ini secara medis disebut dengan istilah insulin resisten.

Penderita diabetes tipe 2 harus sangat menjaga pola makannya. Makanan yang dikonsumsi tidak harus rendah gula namun tetap mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh. Kualitas nutrisi ini dimiliki oleh buah jambu biji. Beberapa buah dan tumbuhan lain yang baik untuk penderita diabetes dapat dilihat pada artikel:

Jambu biji memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Pada artikel sebelumnya telah dibahas secara lengkap tentang manfaat jambu biji dan manfaat daun jambu biji bagi kesehatan. Artikel ini akan membahas tentang kandungan jambu biji yang bermanfaat bagi penderita diabetes. Beberapa manfaat jambu biji untuk diabetes :

  1. Memiliki Indeks Glisemik (IG) yang Rendah

Indeks Glisemik menggambarkan tingkatan pangan menurut efeknya terhadap kadar gula darah. Jambu biji memiliki kandungan gula dan lemak yang rendah namun tetap memiliki kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh. Oleh karena itu jambu biji disebut sebagai anti hiperglikemik.

Artikel terkait:

  1. Kandungan Serat yang Tinggi

Kandungan serat dalam jambu mencapai 5,4 gram per 100 gram buah jambu yang dikonsumsi. Selain berfungsi melindungi  lapisan mukosa usus besar, manfaat serat juga untuk menyerap racun sekaligus melancarkan buang air besar. Ini sangat baik bagi penderita diabetes karena keluhan utama penderita diabetes adalah sulit untuk buang air besar.

Artikel terkait:

  1. Menurunkan Berat Badan

Resiko penderita obesitas untuk mengalami diabetes tipe 2 lebih tinggi dibandingkan dengan orang dengan berat badan ideal. Penyebab obesitas sangat beragam, namun umumnya disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat. Konsumsi jambu biji dipercaya menjadi salah satu cara menurunkan berat badan secara alami dan aman karena kandungan protein dan seratnya yang tinggi. Protein dan serat lebih lama dicerna oleh tubuh, sehingga dapat digunakan untuk memperlambat laju pengosongan perut. Laju pencernaan yang lambat membuat rasa kenyang akan bertahan lebih lama.

Artikel terkait: manfaat kulit manggis untuk menurunkan berat badan


  1. Memperlancar Sirkulasi Darah

Peningkatan kadar gula darah setelah makan merupakan hal yang wajar. Hal ini karena zat nutrisi dibawa darah untuk diedarkan ke sel sel seluruh tubuh. Bagaimana bila aliran darah terganggu atau sel sel tubuh rusak? Tentu saja zat nutrisi semakin lama ada di dalam darah. Kondisi ini dapat memperburuk penyakit diabetes yang diderita. Jambu biji dapat membantu memperlancar peredaran darah. Hal ini disebabkan jambu biji memiliki kandungan kalium dan fosfor . Manfaat kalium diantaranya adalah berperan penting dalam reaksi transfer antar sel. Selain itu jambu biji mengandung vitamin C dengan dosis tinggi yang berperan sebagai antioksidan yang penting dalam memperbaiki sel sel yang rusak.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Monday 17th, October 2016 / 06:14 Oleh :
Kategori : Buah Buahan