12 Manfaat Kulit Pisang Untuk Kesehatan Tubuh

Pisang merupakan buah tropis dari Asia Tenggara, Brazil, dan India. Pisang menjadi buah penting bagi masyarakat Indonesia karena pisang mudah ditemui dan sangat sering dikonsumsi oleh masyarakat dibandingkan jenis buah lainnya. Pisang dapat dinikmati oleh semua kalangan tanpa memandang strata sosial. Buah ini mengandung vitamin C, vitamin A, serat, dan mineral yang penting untuk tubuh. Hal ini menjadikan buah pisang sangat aman untuk dikonsumsi oleh bayi maupun lansia. Selain itu, hampir semua bagian dari tumbuhan pisang ini dapat dimanfaatkan oleh manusia. Buahnya dapat dimakan, daunnya berfungsi sebagai pembungkus makanan, batangnya digunakan untuk menancapkan wayang pada pagelaran wayang, bahkan kulit pisang pun dapat dimanfaatkan. Kulit pisang merupakan limbah pertanian yang cukup banyak ditemukan sehingga kulit pisang memiliki potensi untuk dimanfaatkan dan diolah menjadi produk yang bernilai ekonomis.

Kandungan Gizi Kulit Pisang

Kulit pisang ternyata memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi. Di sebagian daerah kulit pisang dibuang begitu saja, karena dianggap sebagai sampah dan limbah yang tak bermanfaat. Padahal jika ditelisik, kulit pisang yang dibuang berjumlah sangat banyak. Dengan demikian, sangat disayangkan jika jumlah kulit pisang yang banyak ini hanya dibuang dan tak digunakan kembali. Saat ini memang pemanfaatan kulit pisang secara nyata masih sedikit. Hanya dijadikan limbah organik atau pakan ternak. Jumlah kulit pisang yang banyak ini sebenarnya akan menguntungkan jika dimanfaatkan dengan benar. Kandungan gizi pada kulit pisang tidak kalah banyaknya dari buah pisang. Kandungan gizi yang tedapat pada kulit pisang per 100 gram antara lain:

Berdasarkan uraian kandungan gizi di atas, sangat disayangkan jika kandungan sebanyak itu hanya dinikmati oleh ternak dan bakteri pengurai. Dengan kandungan gizi sebanyak itu seharusnya manusia dapat memanfaatkan kulit pisang untuk dijadikan produk asupan nutrisi bagi tubuh. Bisakah memanfaatkan kulit pisang untuk menjadi asupan nutrisi pada tubuh? Bisa, saat ini sudah banyak produk yang memanfaatkan kulit pisang sebagai bahan baku pembuatannya, mulai dari kosmetik hingga kesehatan.

Kulit pisang terbukti memiliki kandungan gizi yang tak kalah penting dengan buahnya. Hal ini menjadikan banyak kalangan yang berusaha untuk memanfaatkan kulit pisang. Karena selain bermanfaat untuk tubuh, kulit pisang juga bernilai ekonomis. Manusia dapat membuat produk kesehatan atau kecantikan dengan bahan baku kulit pisang dan menjualnya. Berikut akan dijabarkan mengenai manfaat kulit pisang sesuai kebutuhannya:

1. Dapat membersihkan jerawat

Kulit pisang sangat bermanfaat bagi kecantikan karena kulit pisang mengandung vitamin B, vitamin C, vitamin B6, magnesium, zat besi, fosfor, dan kalium yang berfungsi untuk menghilangkan jerawat. Kandungan antioksidan dan antijamur yang terdapat pada kulit pisang juga dapat menghilangkan minyak berlebih serta dapat mengatasi iritasi dan perasaan gatal pada kulit yang berjerawat sehingga dapat mempercepat penyembuhan serta dapat menghilangkan bekas jerawat. Cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan manfaat ini adalah dengan mengambil kulit pisang yang masih kuning lalu gosok-gosokkan pada muka. Jika kulit pisang sudah menghitam, ambil kulit pisang yang baru dan ulangi lagi menggosok wajah seperti langkah awal. Lakukan penggosokan selama 10 menit dan setelah digosok, biarkan wajah selama 30-60 menit lalu bilas wajah. Cara seperti ini dapat dilakukan setiap hari hingga noda jerawat yang tampak kemerahan mulai memudar serta jerawat tidak muncul kembali.

artikel terkait: manfaat cengkeh untuk kesehatan dan kecantikanmanfaat daun jambu biji

2. Memutihkan gigi

Selain membersihkan wajah agar terhindar dari gangguan jerawat, kulit pisang juga dapat dimanfaatkan untuk kecantikan gigi. Kulit pisang terbukti mampu memutihkan gigi. Kandungan mangan, magnesium, dan potasium dalam kulit pisang yang memiliki peran dalam membantu gigi agar terlihat lebih putih. Kandungan tersebut memutihkan lapisan email pada gigi. Jadi tidak perlu repot pergi ke dokter gigi untuk melakukan perawatan gigi agar terlihat putih. Cukup gunakan cara alami untuk mendapatkan gigi putih alami. Selain efektif, dengan memanfaatkan kulit pisang akan terhindar dari penggunaan zat kimia untuk memutihkan gigi. Cara memanfaatkan kulit pisang untuk menjadi pemutih gigi, yaitu dengan menggosokkan bagian dalam kulit pisang dengan gerakan melingkar seperti sikat gigi selama dua hingga lima menit. Lalu bersihkan gigi dengan cara menggosok gigi seperti biasanya. Lakukan cara ini selama 1-2 minggu untuk mendapatkan hasil yang optimal.

artikel terkait: manfaat baking sodamanfaat pasta gigi

3. Wajah Cerah Berseri Alami

Memiliki wajah sehat berseri adalah dambaan setiap orang. Caranya sangat mudah, cukup gunakan kulit pisang sebagai masker. Tidak perlu repot dengan membeli alat kecantikan yang mahal harganya, juga melakukan perawatan di dokter kecantikan. Gunakanlah cara alami ini untuk mendapatkan wajah berseri alami. Bagaimana caranya? Cukup mudah saja, gosokkan bagian dalam kulit pisang pada seluruh permukaan wajah sebelum tidur secara merata. Gunakan masker seperti biasa lalu biarkan selama semalaman. Kemudian ketika bangun, cucilah wajah anda menggunakan air hangat. Ingat, anda harus menggunakan kulit pisang yang segar. Kulit pisang yang masih baru dikupas dari buahnya agar mendapatkan hasil yang maksimal dan terbaik.

artikel terkait: manfaat putih telurmanfaat BB cream Oriflame

4. Mengobati luka

Selain untuk kebersihan dan kecantikan, kulit pisang juga memiliki manfaat untuk kesehatan. Kulit pisang terbukti mampu mengobati luka pada tubuh. Luka cedera terutama bagian lutut dapat diobati dengan memanfaatkan kulit pisang. Jadi tidak usah menggunakan antiseptik berbahan kimia untuk mengobati luka. Cukup gunakan kulit pisang sebagai penyembuh luka alami. Caranya dengan menggosokkan kulit pisang yang masih baru dikupas pada bagian yang mengalami luka. Biarkan selama beberapa saat. Setelah akan terlihat efek dari penyembuhan luka yang dilakukan oleh kulit pisang ini.

artikel terkait: manfaat rivanolmanfaat madumanfaat telur untuk luka jahitan

5. Obat alami melawan jerawat

Salah satu manfaat yang didapatkan dari kulit pisang adalah mengobati jerawat yang membandel. Jerawat yang membandel tentu akan membuat perasaan tidak nyaman muncul di hati. Terlebih ketika melihat kaca, hasrat untuk memusnahkan jerawat tentu akan muncul. Apabila sudah menempuh banyak cara dalam menghilangkan jerawat, namun jerawat masih belum hilang maka yang perlu dilakukan adalah mencoba manfaat kulit pisang yang satu ini. Gosokkan kulit pisang bagian dalam pada jerawat. Lakukan secara rutin dan gosokkan pada saat malam hari menjelang tidur untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Lakukanlah hingga jerawat tidak terlihat lagi.

6. Pencegah memar dan iritasi kulit

Dalam kulit pisang terkandung mineral serta antioksidan alami yang sangat membantu dalam peremajaan kulit dan mengobati iritasi maupun luka memar pada kulit bagian luar. Hal ini tentu akan sangat bermanfaat. Cara penangan memar dan iritasi kulit menggunakan kulit pisang ini sangat mudah. Cukup dengan menempelkan kulit pisang pada area yang memiliki memar atau iritasi. Biarkan selama 1 malam hingga pagi menjelang, setelah itu bilas dengan air bersih. Anda tentu akan mendapati memar dan iritasi hilang karena efek dari kulit pisang yang menyembuhkan.

artikel terkait: manfaat temu putihmanfaat jahe untuk kesehatan dan kecantikan

7. Pelindung kulit dari bahaya sinar UV

Selain semua manfaat yang disebutkan tadi, kulit pisang masih mempunyai manfaat lain untuk mata. Kulit pisang mengandung zat yang dapat digunakan sebagai pelindung mata dari bahaya sinar ultraviolet. Caranya  dengan menjemur kulit pisang selama beberapa saat. Kemudian gosokkan kuli pisang pada area kelopak mata. Penggunaan seperti ini akan membantu mata agar terhindar dari bahaya terpapar sinar ultra violet. Selain itu penggunaan secara rutin juga membantu menurunkan resiko untuk terkena penyakit katarak.

artikel terkait: manfaat sinar ultraviolet dan bahayanyamanfaat minyak zaitun untuk wajah

8. Mengobati psoriasis

Penderita psoriasis dapat memanfaatkan kulit pisang sebagai obat alami. Psoriasis adalah penyakit kulit yang ditandai dengan munculnya sisik keperakan dan tambahan warna merah serta perih atau gatal. Apabila sisik ini digaruk akan menyebabkan bintik pendarahan yang cukup sakit. Cara mengatasi penyakit ini dengan menggunakan kulit pisang sebagai olesan pada area yang terkena psoriasis. Anda cukup mengoles atau menggosokkan kulit pisang pada area tersebut secara merata. Efek pertama yang akan terjadi adalah munculnya warna kemerahan pada kulit, namun lama kelamaan warna tersebut akan mereda atau menghilang dengan sendirinya. Ternyata kulit pisang mampu mengatasi penyakit kulit yang berbahaya seperti psoriasis.

artikel terkait: manfaat paremanfaat lidah buaya untuk kulitmanfaat dermovate creammanfaat daun serai

9. Mengobati migrain atau sakit kepala

Sakit kepala dan migrain tentu akan mengganggu aktivitas sehari-hari. Penyakit ini biasanya menyerang secara tiba-tiba dan membuat seseorang malas beraktivitas. Namun kulit pisang dapat mengatasi permasalahan itu semua. Kulit pisang bermanfaat untuk mengatasi sakit kepala dan migrain. Caranya bagaimana? Dengan menumbuk kulit pisang lalu tempelkan pada dahi. Caranya sangat mudah dan sederhana dan lakukan terus hingga sakit kepala menghilang. Ya, mungkin dengan membeli obat pereda nyeri kepala akan lebih praktis, namun apa salahnya kita memanfaatkan kulit pisang yang lebih alami dibanding obat pereda nyeri kepala.

artikel terkait: manfaat beras kencurmanfaat akupuntur sebagai teknik pengobatan cina

10. Sebagai antidepresi

Berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan oleh para pakar di Amerika, disebutkan bahwa meminum kulit pisang hangat dengan cara dijus akan dapat meredakan emosi. Dalam kulit pisang terkandung triptofan yang dapat memperbaiki suasana hati dengan cara meningkatkan kadar serotonin. Serotonin ini bertanggung jawab dalam menyeimbangkan antara emosi dengan mood seseorang. Oleh karena itu, jika merasa depresi atasi dengan mengonsumsi jus kulit pisang yang terbukti mampu meredakan emosi dan mood.

artikel terkait: manfaat daun gaharumanfaat kunyit

11. Mengobati kutil

Kutil adalah daging tumbuh yang muncul seperti jerawat dan dapat membesar namun tidak berbahaya. Kutil hanya berimbas pada penampilan. Dengan adanya kutil tentu akan membuat seseorang tidak percaya diri. Namun tidak perlu kuatir karena kulit pisang dapat digunakan sebagai obat kutil. Caranya dengan mengambil kulit pisang dan potong sesuai ukuran kutil yang terdapat pada kulit. Lalu tempelkan saat menjelang tidur pada malam hari. Atau bisa juga dengan cara digosokkan kurang lebih selama 10 menit kemudian dibilas. Hasil dari cara ini dapat dirasakan sekitar 8-15 hari kemudian.

artikel terkait: manfaat tembakaumanfaat daun kumis kucing untuk kesehatan

12. Menghambat kerutan pada wajah

Tidak dapat dipungkiri semakin bertambah usia maka semakin banyak masalah pada kulit. Kulit akan kehilangan elastisitasnya dan akan menjadi keriput. Keriput ini muncul di banyak sisi bagian tubuh terutama wajah. untuk masalah ini, kulit pisang bermanfaat sebagai penghambat munculnya kerutan pada wajah. Kandungan yang terdapat pada kulit pisang berfungsi sebagai anti penuaan yang bersifat alami dan tidak berbahaya. Langkah yang dibutuhkan sangat mudah dan sederhana, yaitu dengan menyiapkan kulit pisang dan mengerok bagian dalam kulit pisang kemudian campurkan dengan 1 sendok teh madu murni. Setelah itu balurkan campuran itu kepada wajah yang mulai berkerut dan diamkan kurang lebih selama 15 menit. Kemudian bersihkan wajah dengan menggunakan handuk hangat. Untuk hasil yang maksimal lakukan perawatan ini rutin 3 kali selama satu minggu.

artikel terkait: manfaat oksigen untuk wajahmanfaat laser wajah

Manfaat Kulit Pisang Dalam Berbagai Bidang Lainnya

Selain untuk menjaga kesehatan manusia, ternyata kulit pisang juga memiliki manfaat lain. Berikut akan diulas mengenai manfaat kulit pisang untuk berbagai hal, antara lain:

1. Mengilapkan sepatu

Selain digunakan untuk kesehatan, kulit pisang juga digunakan untuk kebersihan. Kulit pisang dapat digunakan untuk mengilapkan sepatu. Sepatu yang terlihat kusam dapat mengilap kembali seperti baru. Caranya sangat sederhana, cukup dengan menggosokkan kulit pisang pada sepatu seperti menggunakan semir sepatu. Selain dapat digunakan sebagai pengganti semir sepatu, kulit pisang juga dapat digunakan sebagai pengilap alat-alat dapur atau benda yang terbuat dari logam. Jadi tidak perlu repot membeli pembersih untuk membersihkan peralatan.

2. Sebagai pupuk kompos organik

Dengan adanya kandungan kalium dan fosfor yang sangat melimpah, maka kulit pisang dapat dimanfaatkan sebagai pupuk kompos organik serba guna. Hal ini tentu akan menguntungkan. Karena selain mengurangi polusi sampah, juga menyuburkan tanaman sehingga lingkungan menjadi lebih sehat. Caranya adalah dengan mencampurkan kompos dengan kompos yang sudah dibuat dari fermentasi lainnya. Kulit pisang berfungsi untuk mempercepat perkembangan akar dan kesehatan tanaman.

3. Sebagai kompos siram

Selain dicampurkan ke dalam pupuk kompos, kulit pisang juga dapat dimanfaatkan sebagai kompos siram bagi tanaman. Caranya adalah campurkan kulit pisang dengan air dan letakkan dalam ember atau drum. Diamkan selama seminggu dan setelah itu dapat menggunakan olahan yang sudah berumur satu minggu ini untuk menyirami tanaman dalam kebun atau tanaman hias dalam pot. Olahan ini akan menjadi makanan ekstra bagi tanaman. Kandungan kalium serta fosfor akan memberikan tanaman dorongan energi supaya tanaman dapat tumbuh dengan kuat.

4. Nutrisi bibit tanaman

Masih banyak manfaat kulit pisang bagi tanaman. Selain menjadi pupuk, kulit pisang juga menjadi nutrisi bagi bibit tanaman. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Sediakan media tanam seperti pot atau polybag atau langsung ke lahan tanah.
  • Potong satu bagian kulit pisang menjadi potongan kecil-kecil.
  • Kemudian masukkan ke dalam tanah dengan kedalaman yang sesuai dengan akar bibit tanaman.

Cara ini diyakini dapat memberikan dorongan nutrisi yang akan membantu dalam perkembangan akar dan ketahanan tanaman terhadap penyakit. Pastikan juga bahwa benih atau bibit tidak langsung menyentuh kulit pisang karena akan dapat membakar dan merusak akar serta biji.

5. Kulit pisang kering menjadi pupuk

Kulit pisang kering dapat dijadikan pupuk bagi tanaman. Caranya dengan mengeringkan kulit pisang pada terik matahari. Kemudian giling hingga teksturnya lumayan halus atau ditumbuk atau dicincang kecil-kecil dan kemudian masukkan ke dalam media tanam seperti pot, polybag, atau lahan tanah. Ini akan memberikan efek sama seperti kompos, namun tidak memiliki risiko untuk membakar tanaman. Hal ini dikarenakan telah terjadi proses pengeringan dengan efek panas matahari. Ini adalah cara untuk meningkatkan pertumbuhan dan kesehatan secara keseluruhan.

6. Menyingkirkan kutu dan serangga

Kuburkan beberapa potongan kecil kulit pisang yang matang di bawah permukaan tanah akan membersihkan kutu daun yang ada di dalam tanah tersebut. mengapa? Karena hama seperti kutu dan serangga tidak menyukai gas yang dikeluarkan oleh kulit pisang. Namun jangan menanam kulit pisang terlalu banyak. Hal ini dapat menimbulkan masalah baru seperti datangnya tikus karena tikus akan mencari sumber bau dan mengambil kulit pisang.

7. Pembersih alami

Kulit pisang juga bermanfaat sebagai pembersih tanaman hias. Hal yang dimaksud adalah membersihkan permukaan daun tanaman hias. Caranya dengan menggosokkan sisi putih kulit atau bagian dalam kulit pada daun dan batang tanaman hias. Hal ini berguna agar tanaman terlihat lebih menarik dan bersih serta menghilangkan debu dan kotoran yang menempel.

8. Pakan ternak

Manusia dan tanaman bukan satu-satunya penikmat kulit pisang. Namun hewan ternak seperti ayam, kelinci, sapi, dan hewan lainnya juga dapat merasakan manfaat kulit pisang tersebut. Campurkanlah kulit pisang dengan makanan pokok hewan tersebut dalam jumlah yang secukupnya. Pastikan kulit pisang bersih dan terhindar dari pestisida atau racun lainnya. Gunakan cara ini dengan hati-hati karena tiap ternak memiliki efek yang berbeda-beda. Maka perlu dilakukan uji coba terlebih dahulu apakah ternak aman mengonsumsi kulit pisang atau tidak. Namun gizi dalam kulit pisang sangat bagus untuk pertumbuhan ternak. Dengan demikian, lebih menghemat uang karena tidak perlu repot membeli vitamin penyubur ternak. Selain itu, cara ini lebih alami jika dibandingkan dengan pemberian vitamin pada ternak.

Itulah beberapa manfaat dari kulit pisang. Setelah mengetahui itu semua, semoga semua orang menjadi lebih bijak untuk tidak membuang kulit pisang dan memanfaatkannya untuk kebutuhan sehari-hari. Selain menghemat ruang karena tidak adanya tumpukan sampah pisang juga bisa lebih berhemat. Selain bagi manusia, kulit pisang juga sangat berguna bagi tanaman dan hewan. Sungguh sangat efektif sekali semua bagian dari tanaman pisang. Kita bisa memanfaatkan semua bagiannya bahkan kulitnya.

, ,
Post Date: Friday 06th, May 2016 / 23:14 Oleh :
Kategori : Buah Buahan