15 Manfaat Singkong Goreng untuk Kesehatan Manusia

Singkong atau ubi kayu merupakan salah satu bahan makanan pokok yang murah meriah namun kaya gizi. Selain manfaat karbohidrat pada singkong terdapat pula kandungan manfaat protein, manfaat vitamin C, manfaat fosfor, kalsium, manfaat zat besi, serta sedikit vitamin B1 dan manfaat lemak. Oleh karena itu konsumsi singkong tidak hanya mengenyangkan namun juga bermanfaaat bagi kesehatan. Sebelum dikonsumsi singkong sebaiknya dimasak terlebih dahulu untuk menghilangkan zat-zat racun dan tentunya meningkatkan cita rasanya.

Singkong dapat diolah dengan berbagai cara seperti direbus, dibakar, atau digoreng. Cara pengolahan yang terakhir bisa dikatakan banyak peminatnya karena membuat singkong terasa lebih gurih dan enak. Singkong goreng ternyata tidak hanya enak namun juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Berikut beberapa manfaat singkong goreng yang bisa anda peroleh:

1. Sumber energi

Konsumsi singkong goreng yang mengandung karbohidrat tinggi merupakan sumber energi yang baik bagi tubuh sehingga anda memiliki energi yang cukup untuk beraktivitas sehari-hari. Konsumsi singkong goreng dapat menjadi alternatif sumber energi selain makanan pokok yang biasa dikonsumsi seperti manfaat nasi putih dan manfaat jagung.

2. Mencegah anemia

Singkong goreng juga mengandung beberapa mineral seperti zat besi yang berperan penting dalam pembentukan dan produksi sel darah merah. Hal ini sangat baik untuk menjaga kestabilan sel darah merah sehingga anda terhindar dari penyakit anemia. Selain singong goreng ada beberapa makanan yang juga dikenal baik untuk mencegah anemia yaitu manfaat lembayung dan manfaat kurma untuk anemia.

3. Melindungi dan memperbaiki jaringan tubuh

sel dan jaringan yang menyusun tubuh manusia dapat mengalami kerusakan sehingga diperlukan protein yang cukup agar sel dan jaringan tubuh tersebut dapat terlindungi dan terpelihara. Dengan konsumsi singkong goreng yang mengandung protein dapat mencukupkan kebutuhan protein tubuh sehingga sel dan jaringan tubuh bisa terlindungi dan segera diperbaiki ketika mengalami kerusakan.

4. Mencegah sembelit

Kandungan serat pada singkong goreng memiliki banyak manfaat diantaranya melancarkan pencernaan dan menghindarkan anda dari gangguan pencernaan seperti sembelit atau susah buang air besar. Makanan yang dikonsumsi dapat dicerna dan diserap dengan baik serta sisa pencernaan berupa feses juga dapat dikeluarkan dengan lancar. Beberapa makanan kaya serat lainnya yang juga sangat dianjurkan untuk mencegah sembelit diantaranya manfaat pisang kepok rebus dan manfaat wedang jeruk.

5. Meningkatkan kekebalan tubuh

Konsumsi singkong goreng juga baik untuk pertahanan tubuh terhadap infeksi berbagai virus dan bakteri penyebab penyakit. Kekebalan tubuh akan meningkat sehingga tubuh tidak mudah terinfeksi dan jatuh sakit. Selain itu tersedia pula berbagai suplemen seperti manfaat renovit dan manfaat ester c yang sangat praktis dan dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

6. Menurunkan kadar kolesterol

Kandungan serat pada singkong goreng juga bermanfaat untuk mengatasi penumpukan kolesterol sehingga anda terhindar dari berbagai penyakit berbahaya yang disebabkan oleh kadar kolesterol yang tinggi dalam darah. Selain itu terdapat pula alternatif lain seperti manfaat daun pepaya untuk kolesterol dan manfaat buah naga untuk menurunkan kolesterol.

7. Mengurangi risiko penyakit jantung

Dengan stabilnya kadar kolesterol dalam darah juga akan menghindarkan anda dari penyakit-penyakit berbahaya seperti penyakit jantung. Hal ini juga dapat didukung dengan konsumsi makanan sehat lainnya seperti manfaat daun kelor untuk jantung dan manfaat kacang tanah untuk jantung.

8. Baik untuk kesehatan tulang dan gigi

Selain manfaat susu dan manfaat sumsum tulang sapi konsumsi singkong goreng juga dapat mendukung kesehatan tulang dan gigi. Hal ini didukung oleh kandungan kalsium yang terdapat pada singkong goreng. Tulang dan gigi pun menjadi sehat dan kuat serta terhindar dari berbagai penyakit.


9. Mengatur tekanan darah

Manfaat singkong goreng yang tidak kalah penting adalah membantu mengatur tekanan darah agar tetap stabil sehingga kesehatan tubuh terpelihara. Karena seperti diketahui tekanan darah baik yang terlalu rendah atau terlalu tinggi sama-sama tidak baik bagi kesehatan dan dapat menimbulkan berbagai komplikasi penyakit.

10. Mencegah penyakit kanker

Singkong goreng juga mengandung antioksidan yang dikenal baik untuk melawan perkembangan radikal bebas dalam tubuh sehingga sel-sel tubuh terlindungi. Hal ini dapat mencegah perkembangan sel-sel kanker sehingga anda terhindar dari penyakit yang tergolong mematikan ini. Disamping itu anda juga dianjurkan mengonsumsi manfaat buah buahan seperti manfaat buah melon untuk mencegah berkembangnya sel-sel kanker.

11. Menurunkan kadar gula darah

Manfaat singkong goreng lainnya juga dapat membantu menurunkan kadar gula darah sehingga tetap stabil. Hal ini penting sekali untuk menghindarkan anda dari diabetes atau untuk menjaga kadar gula darah bagi orang yang sudah terlanjur menderita diabetes.

Selain itu ada pula beberapa manfaat singkong goreng lainnya bagi kesehatan yang perlu anda ketahui yaitu:


Manfaat Singkong Goreng Lainnya

  1. Mencegah penyakit alzheimer
  2. Menurunkan berat badan
  3. Mengatur denyut jantung
  4. Melancarkan metabolisme


Meskipun banyak disukai dan bermanfaat namun singkong goreng seperti gorengan lain pada umumnya melibatkan tambahan minyak goreng yang mengandung lemak sehingga meningkatkan nilai kalori dari makanan. Untuk itu sebaiknya konsumsi singkong goreng harus tetap dibatasi dan jangan berlebihan. Selain itu perhatikan pula pemilihan jenis minyak goreng yang digunakan dan cara menggoreng yang sehat. Pilih minyak goreng seperti manfaat minyak zaitun atau minyak biji bunga matahari yang dikenal lebih menyehatkan. Lakukan proses penggorengan dengan suhu yang tepat dan jangan terlalu lama sehingga nilai gizi singkong tidak banyak mengalami perubahan.

, ,
Oleh :
Kategori : Makanan