7 Manfaat Akupuntur Sebagai Teknik Pengobatan Cina

Manfaat akupuntur telah dirasakan oleh masyarakat cina sejak jaman dahulu. Beberapa dinasti yang pernah berkuasa di cina telah menggunakan metode akupuntur untuk berbagai pengobatan. Teknik akupuntur untuk pengobatan tersebut dilakukan dengan menusukkan jarum ke titik titik syaraf yang berhubungan dengan bagian tubuh yang sakit. Terapi ini dilakukan berdasarkan prinsip pengobatan kuno digunakan untuk menyeimbangkan yin dan yang dalam tubuh. Jarum digunakan untuk media dalam meraih keseimbangan tersebut. Jika ada penyakit pada tubuh, berarti yin dan yang dalam tubuh mengalami ketidakseimbangan.

Hingga saat ini, manfaat akupuntur dapat kita rasakan seperti yang telah banyak dirasakan, berikut ini beberapa diantaranya :

1. Mengobati Migrain

Migrain merupakan penyakit yang sangat mengganggu, kepala pusing dan berkunang-kunang. Bahkan dapat menghilangkan kemampuan melihat dalam beberapa waktu, yang dapat membuat orang merasa tidak nyaman. Praktik terapi akupuntur, bagi penderita migrain yang diderita secara menahun dapat berkurang perlahan-lahan hingga sembuh. Selain itu juga dapat memberikan efek positif lain pada pasien karena peredaran darah menjadi lebih lancar.

2. Mengobati Sakit Punggung

Sakit punggung dapat terjadi pada pasien yang diakibatkan karena kelelahan maupun karena kelainan syaraf tulang punggung. Terapi akupuntur dapat dilakukan secara bertahap untuk membantu mengurangi rasa sakit pada punggung serta mengembalikan fungsi punggung menjadi normal kembali.

3. Meningkatkan Kesuburan Pria dan Wanita

Sejak jaman dahulu sudah banyak penelitian yang membahas dan mengkaji tentang kesuburan pada pria maupun wanita. Kesuburan bisa disebabkan karena faktor genetik yang menjadi bawaan dari lahir, ataupun faktor yang lain seperti gaya hidup tidak sehat ataupun penyakit yang menyebabkan berkurangnya tingkat kesuburan pria maupun wanita. Menggunakan teknik terapi akupuntur dapat membantu meningkatkan tingkat kesuburan pada pria dan wanita, serta dapat membantu mengatasi masalah vitalitas pada pria.

4. Mengatasi Masalah Tidur

Masalah sulit tidur atau yang biasa disebut sebagai insomnia merupakan hal yang sangat mengganggu kualitas istirahat tubuh. Akupuntur dapat membantu mengatasi masalah sulit tidur. Biasanya insomnia terjadi karena stres ataupun karena faktor fisik. Metode akupuntur dapat diaplikasikan untuk memperlancar aliran darah dan mengembalikan fungsi syaraf yang mempengaruhi proses tidur manusia.

5. Mengobati Masalah Hipertensi

Masalah hipertensi atau tekanan darah tinggi biasanya sering dialami oleh orang dengan usia diatas 30 tahun. Hipertensi jika tidak segera diatasi, dapat menyebabkan hal yang lebih fatal seperti serangan jantung ataupun stroke. Penelitian menyebutkan bahwa dengan teknik akupuntur yang bertahap, dapat menurunkan tingkat tekanan darah pada pasien secara perlahan-lahan.

6. Mengatasi Kegemukan

Teknik pengobatan akupuntur dapat membantu mengurangi masalah kegemukan pada pria maupun wanita. Teknik ini dilakukan untuk membantu mempercepat sistem metabolisme serta mengurangi nafsu makan pada pasien.

7. Kecantikan wajah

Penggunaan teknik akupuntur dapat dilakukan untuk kecantikan wajah. Manfaat akupuntur pada wajah yang tepat dapat memberikan pengaruh positif pada kulit pipi dan dahi, agar menjadi lebih kencang, kenyal, dan berisi. Akupuntur pada wajah juga dapat membuat wajah menjadi cerah dan bersih karena aliran darah pada wajah menjadi optimal.

Tujuan dari akupuntur sendiri pada dasarnya adalah untuk mengembalikan kebugaran tubuh. Dalam pengobatan tradisional cina, teknik akupuntur telah diadopsi dan disebarkan ke seluruh dunia pada tahun 1970an.

Resiko Akupuntur

  1. Cedera organ: Karena akupunktur melibatkan jarum yang menempel ke dalam tubuh, ada sedikit risiko organ seperti paru-paru yang tertusuk. Ini sangat tidak mungkin, bagaimanapun, dan terutama kekhawatiran dengan ahli akupunktur tanpa izin.
  2. Infeksi: Ini adalah bahaya lain yang mungkin hanya bisa terjadi jika praktisi tidak menggunakan jarum segar untuk setiap perawatan sehingga jarum yang digunakan dapat menyebabkannya. Hal ini terutama merupakan risiko dengan praktisi yang tidak berlisensi.
  3. Biaya tinggi: Menerima perawatan akupunktur dari seorang praktisi berlisensi bisa mahal. Kunjungan dapat memakan biaya antara $ 65 dan $ 120 masing-masing tergantung pada praktisi, dan beberapa ahli akupunktur terbaik mengenakan biaya sebanyak $ 300 per perawatan.
  4. Tidak tercakup oleh banyak penyedia asuransi: Banyak penyedia asuransi kesehatan menganggap akupunktur sebagai metode pengobatan yang tidak penting dan tidak menutupinya. Bahkan perusahaan yang sering hanya meliput hanya beberapa kunjungan, atau hanya menutupi kondisi pilih.