Manfaat Lidah Buaya untuk Kulit dan Kecantikan

Lidah buaya dikenal dengan sebutan “tanaman keabadian”. Tanaman ini telah banyak digunakan sebagai bahan obat-obatan herbal untuk berbagai macam terapi kesehatan sejak zaman dahulu kala.Nutrisi alami yang terdapat dalam lidah buaya dapat dijadikan produk herbal yang dapat digunakan secara aman, baik secara internal maupun eksternal.

Kandungan Zat di dalam Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki banyak sekali kandungan nutrisi, seperti :

manfaat lidah buaya untuk kulit

  • vitamin
  • mineral
  • asam amino
  • enzim aktif
  • vitamin A
  • Vitamin B1, B2, B6, dan B12
  • vitamin C
  • vitamin E
  • asam folat
  • Niacin

Mineral yang ditemukan di lidah buaya termasuk :

  • tembaga,
  • besi
  • natrium
  • kalsium
  • seng
  • kalium
  • kromium
  • magnesium
  • mangan

Tanaman ini mengandung senyawa lain yang bermanfaat seperti polisakarida, mannans, antrakuinon dan lektin. Karena kandungan nutrisi-nutrisi tersebut menjadikan lidah buaya sebagai obat-obatan herbal dalam berbagai jenis terapi kesehatan. Lidah buaya tidak hanya menyembuhkan masalah kulit dan kesehatan rambut saja, tetapi juga dapat memberikan efek menenangkan pada tubuh.

Berbagai jenis penelitian telah dilakukan untuk menguji manfaat dari tanaman lidah buaya, dan hasilnya menunjukkan bahwa lidah buaya memiliki sifat yang efektif dalam mengobati berbagai kondisi kulit, seperti kulit bersisik atau kulit kering, iritasi akibat penggunaan kosmetik, masalah rambut dan kulit kepala, dan berbagai jenis masalah lainnya.

1. Meringankan Sunburn

Kandungan lidah buaya dapat berfungsi sebagai pelindung lapisan kulit dan membantu menjaga kelembaban kulit. Kandungan nutrisi dan manfaat antioksidan dalam lidah buaya dapat menyembuhkan beberapa gangguan pada kulit dengan lebih cepat dan efektif. Kandungan lidah buaya dapat membantu untuk mengurangi resiko akibat sengatan matahari yang berlebihan, yaitu dengan penyembuhan secara signifikan pada epitel kulit, lapisan sel yang menutupi tubuh.

2. Menjaga Kelembaban Kulit

Setelah diterapkan, gel lidah buaya akan melepaskan vitamin alami dan enzim pada kulit untuk menghasilkan efek pelembab yang mendalam. Hal ini nantinya dapat membantu untuk mengobati dan mengembalikan keseimbangan pH kulit. Manfaat lidah buaya untuk kulit dapat membantu memberikan kelembaban tanpa memberikan nuansa berminyak.

Hal ini menjadikan lidah buaya sebagai tanaman herbal yang sangat cocok dipakai siapa saja. Selain itu konsumsi makanan yang menjaga kelembababan kulit seperti :

3. Mencegah kulit kering

Bagi wanita yang hoby bermake-up, lidah buaya dapat bertindak sebagai pelembab alami dan sangat bermanfaat untuk mencegah kulit kering. Gel lidah buaya juga sangat bermanfaat untuk kulit kering. Ini merupakan pelembab alami bagi kulit. Gel ini membuat kulit terhidrasi dan meningkatkan elastisitasnya. Lidah buaya juga membantu menyuplai manfaat oksigen ke kulit guna memperkuat jaringan kulit dan menjaga kulit agar tetap sehat.

Sedangkan untuk pria, gel lidah buaya dapat digunakan sebagai pengobatan aftershave dan dapat mengobati luka kecil akibat mencukur.

4. Penyembuhan Luka

Gel lidah buaya mengandung dua hormon yang dapat membantu penyembuhan luka dan sebagai agen anti-inflamasi untuk mengurangi peradangan pada kulit. Kedua hormon tersebut adalah auksin dan giberelin. Giberelin dalam lidah buaya bertindak sebagai hormon pertumbuhan yaitu dengan merangsang pertumbuhan sel-sel baru. Hal ini memungkinkan untuk menyembuhkan beberapa gangguan kondisi kulit, seperti jaringan parut dengan cepat dan alami.

Lidah buaya memberikan efek menenangkan dan dapat mengurangi radang pada kulit seperti melepuh dan gatal. Selain itu, lidah buaya juga digunakan secara efektif untuk menyembuhkan masalah kulit kronis, seperti psoriasis, jerawat dan eksim.

5. Mengatasi Jerawat

Kandungan anti-inflamasi dalam manfaat lidah buaya untuk kulit dapat membantu mengurangi jerawat. Meskipun tidak benar-benar menyembuhkan, namun ia dapat mengurangi sebagian besar peradangan dan kemerahan yang terjadi pada kulit. Lidah buaya juga dapat mencegah ledakan jerawat dan timbulnya jerwat kembali. Sari gel lidah buaya dapat diterapkan secara langsung pada kulit untuk menyembuhkan jerawat.

Bisa juga dengan cara merebusnya terlebih dahulu hingga menyerupai pasta dengan campuran sedikit tetesan madu. Terapkan hal tersebut pada wajah lalu diamkan selama +/- 15 menit. Langkah selanjutnya adalah dengan membersihkan wajah dengan air bersih

4. Mencegah Penuaan Dini

Semua orang akan merasakan kekhawatiran pada saat mendapatkan garis-garis halus dan hilangnya elastisitas kulit mereka. Daun lidah buaya mengandung sejumlah besar antioksidan termasuk, beta karoten, manfaat vitamin C dan manfaat vitamin E yang dapat membantu meningkatkan kekencangan alami kulit dan menjaga kulit terhidrasi.

Manfaat lidah buaya untuk kulit dapat meningkatkan elastisitasnya, sehingga dapat mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan. Hal ini memberikan efek menyegarkan pada kulit dan membuatnya tampak lebih muda dan sehat.

5. Mengurangi Strecthmark

Sebagian besar bagian kulit manusia adalah bagian yang elastis yang akan memperluas yang diperlukan untuk mengakomodasi pertumbuhan. Tapi pada saat kulit mengalami pelebaran yang terlalu cepat ( seperti pada kondisi kehamilan, maupun kenaikan berat badan), hal itu akan mengakibatkan elastisitas kulit menjadi rusak.

Hal ini yang akan mengganggu penampilan seseorang, karena timbulnya stretch mark yang disebabkan oleh peregangan kulit yang berlebihan secara tiba-tiba. Gel lidah buaya dapat membantu menyembunyikan stretch mark dengan menyembuhkan luka tersebut. Hal ini juga ditemui pada manfaat daun antanan

6. Meringankan Gejala Alergi

Sifat alami anti-alergi yang ada pada lidah buaya berguna untuk mengobati berbagai macam penyakit kulit seperti eksim, psoriasis, kulit gatal dan sebagainya. Ia juga membantu menyembuhkan lecet, gigitan serangga, dan reaksi alergi lainnya. Penerapan gel lidah buaya sangat cocok bagi orang-orang yang memiliki jenis kulit sensitif.

Khasiat ini juga ditemukan pada :

7. Membuat Kulit Lebih Bersinar

Mengkonsumsi jus lidah buaya memberikan pasokan nutrisi pada tubuh yang sangat penting untuk membantu regenerasi dan menjaga kesehatan kulit. Manfaat lidah buaya untuk kulit membantu menghilangkan sel-sel kulit yang mati sehingga memberikan efek kulit tampak sehat cahaya dan berseri.

Cara lainnya adalah dengan mengoleskan gel lidah buaya secara langsung pada kulit. Lidah buaya dapat mencerahkan kulit dan membantu untuk meringankan tanning matahari dan hiper pigmentasi.

Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan Lainnya

Lidah buaya merupakan sejenis tanaman kaktus yang berasal dari keluarga Liliaceae. Ia dapat tumbuh di daerah beriklim kering Afrika dan India. Manfaat lidah buaya untuk kulit mengandung gel yang jika dioleskan pada bagian tubuh dapat menyembuhkan luka pada bagian tersebut, dan memberikan efek menenangkan pada kulit.

Selain itu, manfaat lidah buaya juga menunjang perawatan kecantikan lainnya seperti :


Biasanya untuk mencegah terjadinya bibir pecah-pecah dan untuk menjaga kelembaban bibir, orang-orang akan menggunakan produk lip balm yang bisa kita beli di toko-toko. Namun, ada baiknya jika Anda mulai mempersiapkan lip balm sendiri di rumah dengan gel lidah buaya dalam hitungan detik dan tanpa mengeluarkan banyak biaya.

Proses pembuatannya cukup mudah, yaitu dengan cara :

  • memanaskan satu sendok teh petroleum jelly
  • lalu tambahkan setengah sendok teh gel lidah buaya segar
  • dan dua tetes minyak vitamin E
  • Campurkan adonan tersebut dengan bai
  • Tuangkan ramuan tersebut dalam wadah
  • lalu dinginkan dalam lemari es

Penerapan lip balm alami lidah buaya ini dapat membantu menyembuhkan bibir kering dan pecah-pecah secara efektif.


Scrub alami yang terbuat dari gel lidah buaya segar dapat membantu menghilangkan efek bulu merak pada kaki serta memberikan kesan kaki yang lembut. Caranya adalah dengan :

  • 2 sendok teh tepung beras bubuk kasar
  • Tambahkan dua sendok teh gula
  • 1 sendok gel lidah buaya untuk dijadikan scrub yang instan.
  • Setelah merendam kaki Anda dalam air hangat selama 15 menit
  • Terapkan scub lidah buaya tersebut dengan cara menggosok-gosokkannya dengan lembut pada kaki selama +/- 10 menit.

Terapi ini dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati serta menjaga kelembaban kulit kaki. Campuran gula dan beras bubuk dalam ramuan tersebut dapat membantu pengelupasan dan untuk menghilangkan sel-sel mati, sementara gel lidah buaya berfungsi untuk membantu dalam meremajakan kulit kaki dan memberikan sifat menenangkan.


Selain itu, gel lidah buaya juga dapat digunakan untuk mengobati luka, seperti luka bakar, infeksi kulit ringan, kista, diabetes, dan lipid darah pada manusia. Lidah buaya menjanjikan pengobatan berbagai kondisi kesehatan yang lebih serius seperti eksim, herpes genital, ketombe, psoriasis, sariawan, bisul kulit dan lain-lain.

,
Oleh :
Kategori : Tumbuhan
Doctors Talks

Gigi berlubang bagian atas bisa menyebabkan Penyakit meningitis, Gigi berlubang bagian bawah bisa menyebabkan penyakit yang menyebabkan kematian mendadak, apa itu ? Simak penjelasan Drg. Albertus Andika berikut ini.