17 Manfaat Pasta Gigi – Keperluan Rumah Tangga – Kecantikan

Siapa yang tidak tahu apa itu pasta gigi? Semua orang pasti tahu benda yang digunakan sebagai “sabun” pembersih gigi yang membuat gigi anda putih dan mulut anda segar juga membuat gigi anda sehat dan tidak dipenuhi oleh kuman. Akan tetapi, tahukah anda bahwa sebenarnya, pasta gigi ini tidak hanya berguna sebagai pembersih gigi saja, akan tetapi ia juga memiliki beberapa fungsi yang lain yang akan membuat anda ternganga. Dalam artikel kali ini akan saya jelaskan beberapa fungsi alihanan dari pasta gigi yang selama ini mungkin hanya anda ketahui sebagai pembersih gigi saja. Berikut adalah beberapa fungsi pasta gigi :

1. Memperbaiki Compact Disk yang rusak

Compact Disk atau CD pasti begitu rawan untuk rusak dan tidak bisa dibaca oleh CD-rom anda. Hal ini biasanya terjadi karena CD begitu kotor dan tergores. Hal ini membuat CD menjadi susah untuk dibaca oleh optik dalam CD-rom. Ketika anda menghadapi masalah ini, anda bisa menggunakan pasta gigi untuk membuat goresan pada CD anda itu berkurang dan membuat CD anda kembali bersih dan bisa dibaca kembali oleh CD-rom anda.

2. Membersihkan sisa noda membandel di meja kayu

Selain bisa membersihkan Compact Disc atau CD, pasta gigi juga bisa membersihkan noda yang membandel pada meja kayu anda. Ketika meja anda mendadak tersiram minuman atau makanan yang susah dibersihkan menggunakan lap biasa dan ketika hendak membersihkannya dengan pembersih biasa, anda takut membuat meja kayu anda rusak, anda bisa menggunakan pasta gigi untuk membersihkannya. Anda hanya perlu mengoles pasta gigi pada noda yang mengganggu itu dan kemudian anda bersihkan pasta gigi itu dengan kain lap kering. Niscaya noda membandel itu akan hilang.

3. Menghilangkan noda yang membandel pada pakaian

Pada suatu ketika anda melihat salah satu pakaian kesayangan anda terdapat sebuah noda yang membandel yang membuat pakaian anda terlihat jelek, anda berpikir untuk segera mencucinya. Ketika anda menggunakan detergen biasa, anda menemui kegagalan karena noda membandel itu tidak kunjung hilang, maka anda bisa menggunakan pasta gigi sebagai alat pembersih noda membandel di pakaian anda tersebut. Noda pada pakaian anda itu niscaya bisa hilang.

4. Membuat perhiasan perak anda lebih berkilau

Siapa yang tak ingin perhiasan perak yang dimilikinya nampak berkilau? Tentu semua orang ingin membuatnya nampak lebih berkilau karena akan membuatnya cantik. Sebagian orang hanya sekedar mengelapnya saja untuk membuatnya berkilau, sebenarnya, ada cara yang lebih efektif untuk membuat perhiasan perak anda lebih berkilau, yakni membersihkannya dengan menggunakan pasta gigi. Anda cukup mengoleskan sedikit pasta gigi pada perhiasan perak anda dan kemudian mengelapnya dengan kain kering. Niscaya perhiasan perak anda akan kembali berkilau dan membuat tampilan anda semakin cantik.

5. Membersihkan coretan di dinding

Zat yang pembersih yang terdapat pada pasta gigi ini sangat kuat dan berguna untuk banyak hal selain membersihkan gigi anda. Salah satunya adalah membersihkan coretan pada dinding anda yang dibuat oleh anak anda. Terkadang coretan ini membuat anda risih karena rumah anda terlihat kotor. Di sisi lain anda kesulitan membersihkannya dengan cara biasa. Jika anda sudah mengalami hal itu, anda bisa membersihkan coretan itu dengan pasta gigi, niscaya dinding anda akan kembali bersih dan indah.

6. Menyingkirkan permen karet pada rambut

Terkadang kawan anda begitu iseng dan menaruh permen karet di rambut anda yang membuatnya susah untuk dibersihkan. Beberapa orang memilih untuk memotong rambutnya dari pada membersihkannya karena begitu susah membersihkan permen karet yang menempel di kepala anda. Sekarang anda tak perlu khawatir jika anda mengalami masalah ini, anda hanya harus membersihkan permen karet pada rambut anda ini dengan pasta gigi. Pasta gigi memiliki zat yang kuat yang bisa memisahkan permen karet yang begitu lengket pada rambut anda.

7. Hand sanitizer

Seperti fungsi awal dari pasta gigi yakni untuk membersihkan gigi dan menjaga gigi dari kuman yang menyerang gigi sewaktu-waktu ketika kita makan, pasta gigi juga berguna sebagai hand sanitizer. Pada dasarnya penggunaan pasta gigi sebagai sebuah sanitizer untuk tangan adalah untuk menghilangkan bau pada tangan ketika makan makanan dengan menggunakan tangan dan baunya masih tersisa di tangan anda. Tentunya itu membuat anda tidak nyaman dan tidak percaya diri. Maka membersihkan tangan dengan pasta gigi seusai memakan makanan yang membuat tangan anda berbau menyengat akan membuat tangan anda kembali wangi dan tidak berbau lagi.

8. Membersihkan toilet

Kerak pada toilet yang begitu sulit dibersihkan itu pada dasarnya sama dengan kerak gigi. Maka jangan heran jika pasta gigi bisa digunakan untuk membersihkan toilet. Anda hanya perlu mengoleskan pasta gigi di bagian toilet yang membandel dan kemudian menyikatnya. Setelah itu anda tinggal membasuhnya dengan air dan anda akan melihat hasilnya. Toilet anda akan menjadi semakin mengkilat dan bersih.

9. Menghilangkan jerawat

Selain sebagai pembersih barang-barang, pasta gigi juga bisa digunakan untuk membersihkan jerawat yang ada di muka anda. Pasta gigi memiliki zat yang mampu membersihkan dan mengangkat jerawat yang ada pada muka anda. Anda hanya harus mengoleskannya pada jerawat di muka anda dan membasuhnya dengan air. Lakukan itu secara rutin, niscaya anda akan memiliki muka yang terbebas dari jerawat.

10. Membuat sepatu nampak baru lagi

Pasta gigi memang merupakan salah satu benda yang sangat multi fungsi. Selain membersihkan perhiasan anda, meja, dinding dan bahkan toilet, pasta gigi juga bisa membuat sepatu anda nampak baru lagi. Yang perlu dilakukan hanyalah mengoleskan sepatu anda. Diutamakan adalah sepatu berwarna putih, dengan pasta gigi, lalu mengelapnya dengan menggunakan kain kering. Niscaya akan mendapatkan sepatu putih yang bersih dan nampak seperti baru.

11. Menghilangkan goresan pada layar smartphone

Seperti layaknya pada perhiasan perak dan pada compat disc yang tergores. Pasta gigi juga bisa digunakan untuk membaut layar pada smartphone anda, yang sudah tergores, menjadi mulus kembali. Anda hanya perlu mengoleskan pasta gigi pada layar smartphone anda dan mengelapnya secara perlahan dengan kain kering. Anda akan lihat hasilnya, layar smartphone anda menjadi lebih bersih dan tak ada goresan.

12. Membersihkan tuts piano

Selayaknya gigi, tut piano juga perlu dibersihkan. Membersihkan tut piano dengan menggunakan air sangat rentan membuat suara piano menjadi aneh. Maka dari itu, membersihkannya dengan menggunakan pasta gigi adalah salah satu cara yang terbaik untuk mendapatkan tut piano anda kembali bersih. Anda hanya harus memoles tuts piano anda dengan pasta gigi dan kemudian mengelapnya secara perlahan dengan kain kering. Niscaya anda akan mendapatkan tuts piano yang bersih.

13. Membersihkan kuku

Kuku memiliki struktur pembentuk yang sama dengan gigi. Maka dari itu, jangan anda heran, ketika anda bisa membersihkan kuku dengan menggunakan pasta gigi. Anda tak perlu lagi medicure pedicure dengan biaya yang mahal hanya untuk mendapatkan kuku yang lebih bersih. Anda cukup menggunakan pasta gigi, dimana pasta gigi tersebut anda oleskan pada kuku anda dan membersihkannya dengan air, niscaya anda akan mendapatkan kuku yang bersih. Cobalah!

14. Memutihkan kulit

Selain memutihkan gigi, pasta gigi juga bisa dipakai untuk memutihkan kulit. Caranya adalah dengan mencampur satu sendok makan perasa lemon dengan satu sendok makan pasta gigi. Setelah itu, oleskan campuran dua bahan itu pada kulit anda. Jika anda melakukan ini secara rutin, maka warna kulit anda akan berangsur cerah.

15. Menghilangkan noda di wajah dan tubuh

Semua orang tentunya sangat membenci bekas luka yang ada di wajah atau di bagian tubuh yang lain. Beberapa orang kesulitan untuk membersihkan bekas luka tersebut. Salah satu cara yang bisa anda gunakan untuk membersihkan bekas luka tersebut adalah dengan menggunakan pasta gigi. Anda hanya harus mencampur pasta gigi dan susu kemudian mengoleskannya di tempat bekas luka itu berada. Anda lihat sendiri hasilnya.

16. Mengurangi keriput

Tua adalah salah satu proses yang pasti terjadi pada setiap manusia. Akan tetapi, ada beberapa tanda penuaan yang muncul sebelum waktunya. Ini disebut dengan penuaan dini. Hal-hal yang menandakan penuaan dini antara lain adalah keriput. Banyak orang memilih untuk menggunakan obat-obatan yang mahal untuk membersihkannya. Tahukah anda, bahwa hanya dengan menggunakan pasta gigi anda bisa mengurangi keriput. Caranya cukup mengoleskan pasta gigi pada malam hari di bagian yang anda inginkan lalu esok paginya, anda tinggal membilasnya. Lakukan itu secara rutin maka anda akan melihat hasilnya, keriput anda akan berkurang.

17. Menangkal kulit berminyak

Kulit berminyak adalah masalah semua orang. Beberapa orang menggunakan sabun yang konon bisa membuat minyak pada kulit berkurang. Akan tetapi, tahukah anda bahwa campuran air garam, dan pasta gigi bisa membuat kulit anda yang berminyak menjadi tidak berminyak? Ya! Yang perlu anda lakukan hanyalah mengoleskan ramuan ini pada setiap pagi. Lakukan itu secara rutin dan anda lihat hasilnya.

Demikian lah beberapa manfaat pasta gigi selain sebagai pembersih gigi. Sebenarnya masih banyak manfaat lain dari benda ini. Akan tetapi, ingatlah, anda sebagai manusia, harus pintar-pintar mengatur penggunaan barang tersebut, apapun itu. Terima kasih.

, , ,
Oleh :
Kategori : Sosial