10 Manfaat Totok Wajah Untuk Kecantikan

Wajah yang cantik, tampak segar, dan mempesona merupakan dambaan setiap wanita. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkannya, mulai dari memperbaiki kualitas riasan, mengkonsumsi berbagai macam obat-obatan, hingga melakukan operasi plastik. Selain membutuhkan biaya yang tidak sedikit, cara-cara tersebut juga bisa menimbulkan efek yang tidak aman dan justru membahayakan bagi Anda.

Lalu, adakah solusi agar kita bisa menghindari cara-cara tersebut, tapi tetap bisa terlihat cantik dan mempesona? Para ahli kecantikan telah banyak memberikan solusi agar kita tetap bisa tampil cantik tanpa mengalami resiko, salah satunya adalah dengan melakukan terapi totok pada wajah, yaitu terapi pemijatan pada daerah wajah dengan penggunaan teknik-teknik khusus dan bertujuan untuk pengaktifan titik-titik aura pada wajah, sehingga wajah akan terlihat lebih cerah, lebih kencang, serta terlihat awet muda.

Tahapan Totok Wajah

Terapi ini biasanya dilakukan oleh para ahli kecantikan dengan beberapa tahapan, seperti :

  • Terapi ini didahului dengan pemijatan anggota tubuh secara menyeluruh selama beberapa waktu. Hal ini bertujuan agar otot-otot dan syaraf di tubuh mengendur. Selain itu, dengan pijatan tersebut tubuh akan menjadi lebih rileks. Setelah pemijatan, dilanjutkan dengan menotok beberapa bagian tubuh untuk melancarkan peredaran darah sebelum masuk ke bagian inti yaitu wajah.
  • Setelah dilakukan pemijatan, tahap selanjutnya adalah dengan menotok beberapa anggota tubuh yang tujuannya untuk melancarkan sistem peredaran darah.
  • Langkah selanjutnya yang merupakan inti dari terapi ini adalah dengan melakukan pemijatan pada beberapa area wajah seperti area garis senyum, pelipis, alis bagian atas, dan daerah pangkal hidung.

totok wajahDari tahapan-tahapan tersebut diatas, mungkin Anda berfikir bahwa tata cara melakukan totok wajah tidaklah sulit. Akan tetapi, hal itu sebaiknya dilakukan oleh seorang ahli untuk menghindari terjadinya kesalahan, seperti kesalahan saat melakukan penekanan atau penotokan pada area wajah.

Lalu apa manfaat totok wajah ? Dengan melakukan terapi totok wajah, Anda akan dapat merasakan berbagai macam manfaat atau sensasi yang berbeda dari sebelumnya, diantaranya adalah :

1. Dapat merubah suasana hati atau mood

Dengan melakukan totok wajah, dapat membantu menurunkan tingkat kecemasan serta dapat meningkatkan suasana hati atau mood Anda. Sebuah studi yang dilakukan oleh Pengguna Science Institute pada tahun 2008 dengan melakukan tes psikologi dengan terapi pijat di area wajah yang diberikan selama +/- 45 menit menunjukkan adanya perbaikan terhadap suasana hati dan tingkat kecemasan secara signifikan. Hal ini akan membantu Anda untuk mengurangi stress dan perasaan lelah.

Baik untuk mood

2. Mencegah keriput

Stres yang dialami sehari-hari sering kali dapat mengakibatkan ketegangan pada otot. Hal itu bisa menimbulkan garis-garis keriput pada dahi dan garis antara alis dan sepanjang garis bibir yang merupakan tanda-tanda terjadinya penuaan dini. Dengan pijatan lembut pada daerah wajah secara rutin dapat membantu mengendurkan otot-otot yang ketat serta mengurangi garis-garis yang terbentuk. Terapi tersebut dapat juga dikombinasikan dengan penerapan pelembab hydrating yang juga dapat membantu mengurangi garis-garis keriput, kulit kering, serta tampilan flek-flek hitam pada wajah.

Baik mencegah keriput

3. Dapat membantu meringankan gejala sinusitis dan alergi

Totok wajah juga dapat membantu meringankan gejala alergi, seperti kemacetan sinus yang disebabkan oleh adanya penumpukan lendir di daerah sinus sehingga menyebabkan tekanan, bengkak dan sakit kepala. Dengan melakukan terapi totok wajah dapat membantu memobilisasi sekresi, meningkatkan drainase dan mengurangi kemacetan pada daerah tersebut.

Baik meringankan sinusitis

4. Detoksifikasi tubuh

Terapi totok wajah juga dapat merangsang pembuluh limfatik dan dapat mengeluarkan racun-racun dari daerah wajah. Sistem limfatik memainkan peranan yang sangat penting dalam kesehatan yaitu dengan menghilangkan racun-racun dalam tubuh melalui getah bening. Racun-racun dalam tubuh akan disaring melalui kelenjar getah bening dan bergerak ke dalam aliran darah, di mana racun bisa dihilangkan. Peranan gerakan otot sangat diperlukan untuk mendorong cairan getah bening ke seluruh tubuh. Kurangnya pergerakan otot dapat menyebabkan sistem limfatik menjadi lambat sehingga terjadi penumpukan racun. Banyak kelenjar getah bening yang tersebar di seluruh daerah wajah, terutama di sepanjang tepi dagu dan rahang.

Baik untuk detoksifikasi tubuh

5. Mengurangi ketegangan otot-otot wajah

Ketika otot-otot wajah tegang, akan menimbulkan kecenderungan terjadinya keriput. Stres yang menumpuk dapat mengakibatkan beberapa masalah pada wajah seperti pengetatan alis dan rahang. Dengan melakukan terapi pemijatan (totok wajah) secara teratur dapat membantu mengurangi ketegangan tersebut serta memberikan efek penampilan yang lebih santai. Efek relaksasi ini juga dapat menyebar ke seluruh tubuh, yaitu dengan meningkatkan rasa kesejahteraan pada seluruh tubuh (rasa rileks). Lamanya terapi tergantung pada jenis kulit yang Anda miliki.

Baik untuk mengurangi ketegangan otot

6. Meningkatkan sirkulasi darah

Sama seperti terapi pemijatan yang dilakukan pada anggota tubuh yang lain, totok wajah yang dilakukan pada daerah sekitar mulut, mata dan alis juga dapat meningkatkan aliran darah dan oksigen ke wajah.

Baik untuk meningkatkan sirkulasi darah

7. Membuat kulit wajah lebih bercahaya

Totok wajah dapat membantu menstimulasi otot-otot wajah dengan membawa oksigen ke daerah-daerah yang dapat mengalami resiko penuaan dini. Lancarnya aliran darah akan membantu meningkatkan produksi kolagen, yang memberikan efek kulit bercahaya yang sehat dan alami.

Herbal lain agar kulit wajah bercahaya

8. Dapat membantu penyerapan make up

Totok wajah merupakan salah satu cara untuk meningkatkan efektivitas perawatan wajah. Terapi ini dapat membantu meningkatkan penampilan keseluruhan kulit. Teknik pemijatan pada wajah dapat merangsang sirkulasi darah, yang pada gilirannya akan dapat memelihara kulit dan membantu membersihkan kulit dari kotoran dan racun. Terapi ini juga membantu menghilangkan sel-sel kulit mati. Hal ini membantu membuat kulit lebih cerah dan tampak lebih muda.

Dengan peningkatan sirkulasi, terapi totok wajah juga dapat membantu mengurangi bengkak dan mengecilkan pori-pori sehingga kulit tampak lebih halus dan lembab. Hal ini akan dapat membantu produk kosmetik yang anda gunakan dapat terserap lebih mudah ke dalam kulit yang pada akhirnya akan membuat riasan Anda dapat bertahan lebih lama.

9. Meremajakan kulit

Metode totok wajah tergantung pada kondisi kulit, usia , tujuan perawatan kulit. Totok wajah biasanya menggabungkan beberapa bentuk stimulasi otot melalui pijatan lembut yang bertujuan untuk meningkatkan penampilan keseluruhan kulit . Dengan melakukan terapi ini dapat merangsang aliran darah,kulit menjadi tampak lebih segar dan bersinar, sehingga Anda akan terlihat lebih muda.

Baik untuk meremajakan kulit

10. Mengobati migrain

Migrain adalah salah satu bentuk penyakit yang menyerang bagian kepala. Hal ini bisa disebabkan oleh gangguan pembuluh darah. Saat seseorang mengalami migren, itu menandakan bahwa terjadi pelebaran pada arteri temporal (arteri yang berjalan disekitar pelipis) yang dapat menyebabkan saraf disekitar arteri mengalami peregangan sehingga hal itu dapat merangsang saraf untuk melepaskan zat kimia yang akan menyebabkan terjadinya peradangan serta rasa sakit kepala sebelah (migren).

Dengan melakukan penotokan pada simpul-simpul syaraf seperti pada daerah sekitar bahu, tulang belakang, leher dan kepala, dapat membantu mensuplai energi ke dalam pembuluh darah di kepala sehingga dapat melancarkan peredaran darah pada daerah tersebut, dan nantinya dapat mengobati migrain.

Baik untuk mengobati migrain

Tips Sebelum Melakukan Totok Wajah

Tak ada salahnya Anda mulai mencoba menerapkan terapi ini mulai dari sekarang. Namun ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum melakukan perawatan wajah ini, diantaranya adalah :

  1. Pastikan wajah dalam kondisi bersih dari make up sebelum melakukan totok wajah.
  2. Totok wajah tidak cocok bagi seseorang yang memiliki kulit berjerawat. Totok dan pemijatan pada wajah yang mengalami gangguan jerawat dapat menimbulkan efek yang berbahaya, yaitu bisa menimbulkan peradangan yang cukup parah pada daerah yang terkena jerawat.
  3. Sebaiknya totok wajah dilakukan pada mereka yang telah berusia di atas 17 tahun.
  4. Setelah melakukan terapi totok wajah, sebaiknya menunggu minimal 7 hari jika ingin melakukan terapi ini lagi.
  5. Setelah melakukan terapi ini, sebaiknya dilanjutkan dengan penerapan masker pada wajah.

Berikut ini tips melakukan totok wajah di rumah :

  • Totok wajah dengan menggunakan jari manis atau jari tengah, atau bisa juga dilakukan pemijatan dengan jari yang dianggap nyaman.
  • Untuk mendapatkan hasil yang optimal, lakukan pemijatan secara perlahan yaitu dengan menekan otot-otot di beberapa bagian wajah, tapi jangan sampai memijat bagian tulang wajah, karena hal itu akan menimbulkan memar pada wajah.
  • Lakukan pemijatan dengan gerakan menarik kulit wajah ke atas dengan perlahan. Hal ini akan membuat tekstur wajah Anda terlihat lebih kencang.
  • Lakukan pemijatan atau totok wajah pada daerah-daerah seperti dahi bagian atas dan tengah, mata bagian atas dan bawah, pipi, lalu daerah dagu.

Manfaat totok wajah cukup baik untuk membantu mencegah penuaan dini dan peremajaan kulit, melakukan secara rutin sangat dianjurkan.