10 Manfaat Oat untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

manfaat oatSarapan apa hari ini? Apakah sarapan hari ini mengandung banyak nutrisi? Yap, kali ini saya akan membicarakan topik seputar Oat. Pasti kalian sudah tahu kan apa itu Oat? Ya, Oat merupakan bahan makanan berserat tinggi yang berasal dari gandum, yang sangat bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol. Oat ini sangat cocok untuk mereka yang sedang menjalani diet. Pada umumnya, oat memang bukan salah satu sarapan yang di pilih orang Indonesia. Tapi, tidak ada salahnya kita mencoba untuk memakan oat di pagi hari.

Banyak para ahli mengatakan, sarapan menaruh banyak peran penting untuk kesehatan, maka, bagi Anda yang memiliki segudang aktifitas, dianjurkan sarapan sebelum beraktifitas.

Kandungan Pada Oat

Mungkin Anda bertanya-tanya apa saja kandungan pada oat sampai bisa dikatakan makanan yang tepat untuk sarapan? Nah, saya akan menjawab tanda tanya besar berikut ini.

  • Kaya Akan Serat

Apa sih serat itu? Serat merupakan bahan makanan yang baik untuk kesehatan jantung, kolesterol, pencegah kanker, sembelit, obesitas dan pembuangan racun dalam tubuh. Serat yang ada pada oat merupakan serat yang larut dalam tubuh, tidak seperti kulit gandum yang tidak mudah larut dalam tubuh. Serat bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung, mencegah sembelit, mencegah diabetes, obesitas dan masih banyak lagi manfaat dari serat.

  • Mengandung Vitamin B1

Vitamin B1 termasuk vitamin B kompleks yang sangat penting untuk tubuh. Vitamin B1 ini mengandung banyak nutrisi dan mempunyai peranan penting bagi kesehatan jantung. Vitamin B1 ini sama seperti halnya Vitamin A yang mudah larut dalam air. Selain memiliki peranan penting untuk kesehatan jantung, Vitamin B1 ini mampu mengoptimalkan kinerja otak kita. Wah, bisa terbayangkan, sebegitu baiknya jika kita mengkonsumsi oat setiap pagi.

  • Mengandung Fosfor

Perlu Anda ketahui, dalam tubuh kita membutuhkan zat fosfor untuk pembentukan dan ketahanan tulang dan gigi. Zat fosfor biasa ditemukan pada makanan seperti beras, brokoli, oat, kentang, biji bunga matahari, susu, dan kentang. Zat fosfor bermanfaat untuk mencegah terjadinya osteoporosis, kesehatan otak, memperbaiki sel pada tubuh dan melancarkan urinasi.

  • Protein Nabati

Protein yang terdapat pada oat merupakan Protein Nabati. Protein Nabati ini sendiri berasal dari tumbuhan. Jika Anda kekurangan protein, akan timbul banyak gejala, seperti rambut rontok, kerusakan pada liver, dan penurunan sistem imun tubuh. Protein sangat bermanfaat untuk pembentukan enzim, pengendalian pertumbuhan, sebagai penguatan daya tahan tubuh dan menjaga kekuatan rambut.

  • Mengandung Magnesium

Magnesium? Apa sich magnesium itu? Ya, magnesium merupakan salah satu mineral yang banyak dibutuhkan oleh tubuh kita. Magnesium sangat bermanfaat untuk kepadatan tulang, menguatkan otot, mencegah kram pada otot, mencegah penyakit jantung, memperkuat imunitas serta mengurangi resiko diabetes.

Manfaat Penting pada Oat

Diatas sudah membahas tentang kandung dalam oat. Ternyata oat begitu banyak zat-zat penting untuk tubuh. Manusia pada umumnya sangat membutuhkan banyak zat-zat penting itu agar dapat mencegah berbagai penyakit yang membahayakan. Nah, saya akan mengulas beberapa manfaat pada oat ini :

1. Membantu menurunkan berat badan

Bagi yang sedang diet, inilah makanan yang cocok untuk anda dalam menjalani program diet. Diet bukan berarti tidak sarapan, justru dengan sarapan pagi makan akan mudah menurunkan berat badan, agar tidak merasa lapar atau ingin mengemil. Oat merupakan salah satu makanan yang cocok di makan pada pagi hari, karena sifatnya yang mengenyangkan perut juga membantu dalam program diet Anda.

2. Meningkatkan Sistem Imunisasi tubuh

Ternyata manfaat oat dapat meningkatkan sistem imunisasi tubuh. Mengapa harus oat? karena oat mengandung serat yang tinggi untuk menangkal virus dan bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Tubuh yang terkena virus dan bakteri, akan lebih mudah sakit. Sistem imun manusia tergantung pada makanan yang kita makan. Bila kita menjaga pola makan yang baik dan teratur, otomatis sistem imun yang kita miliki akan lebih terjaga dan tidak mudah sakit.

3. Mencegah Ambeien

Ambeien (wasir) merupakan suatu penyakit kronik yang jika sudah mengidapnya Anda tidak bisa lagi melakukan pekerjaan yang berat. Oat berkhasiat untuk mencegah ambein. Nah, sebelum Anda mengidap penyakit ini, Anda disarankan rutin mengkonsumsi oat dan meningkatkan pola hidup sehat.

4. Mengontrol kolesterol

Bagi yang mempunyai kolesterol makan oat setiap pagi, dapat mengontrol kadar kolesetrol. Karena kandungan serat pada oat yang larut dapat menyerap dan membuang kandungan kolestrol jahat dalam tubuh. So, tunggu apalagi, mencegah lebih baik dari mengobati.

5. Mencegah Osteoporosis

Osteoporosis merupakan penyakit yang menyerang tulang. Untuk mencegahnya, Anda perlu menjaga kesehatan tulang Anda. Menjaga pola makan yang sehat merupakan suatu keharusan bagi manusia. Cara pencegahanya sangat mudah, Anda cukup rutin mengkonsumsi oat di pagi hari. Hal ini di karenakan oat mengandung fosfor yang berfungsi dalam kepadatan tulang dan ketahanan tulang Anda.

6. Mengurangi Hipertensi

Semangkuk oatmeal di pagi hari, dapat membantu mengurangi resiko hipertensi. Karena serat yang larut dalam tubuh dapat menurunkan tekanan darah pada Anda. Banyak studi yang merekomendasikan bahwa wanita menopause lebih rentan mengalami tekanan darah tinggi, maka dari itu, di anjurkan mengkonsumsi oatmeal 6 porsi selama seminggu.

7. Penangkal Radikal Bebas

Debu dan polusi mengakibatkan efek buruk bagi kesehatan, terutama kecantikan Anda. Salah satu makanan yang mampu menangkal radikal bebas adalah Oatmeal. Ya, manfaat oat untuk kecantikan ini, mengandung antioksidan, agar tubuh terhindar dari radikal bebas.

8. Mengurangi Resiko Kanker

Kanker, mendengar namanya saja membuat bulu kuduk kita merinding. Kanker yang saat ini menjadi tranding topic di masyarakat merupakan suatu penyakit mematikan dan paling berbahaya di dunia. Nah, untuk Anda yang ingin mencegah resiko kanker, anda patut mencoba Oatmeal. Serat tinggi pada Oatmeal dapat mencegah dan menangkal virus dan bakteri dalam tubuh Anda, sehingga Anda terbebas dari resiko kanker.

9. Mengencangkan Kulit

Manfaat oat untuk kulit ternyata mampu mengencangkan loh. Caranya mudah dan cepat yaitu, tuangkan Oat 1 sdm lalu campurkan dengan putih telur dan madu, tambahkan air hangat agar mudah menyerap. Tunggu hingga 15 menit, lalu bilas dengan air hangat. Lakukan setiap 1 minggu sekali.

10. Menyamarkan Bekas Luka

Anda merasa malu dengan kulit belang atau bekas luka pada kulit. Tenang, saya akan memberika solusinya. Anda cukup memasak Oat dengan air panas, diamkan sampai suhunya normal. Lalu, gosokkan ke bagian bekas luka Anda. Setelah itu bilas dengan bersih. Lakukan secara rutin.

Oat memang sudah sejak dahulu terbukti manfaatnya. Kandungan Oat sangat berguna bagi tubuh manusia. Namun, di Indonesia masih sangat di sayangkan, banyak dari kita yang masih belum pernah mencoba oat. Untuk itu, bagi anda yang belum pernah mencoba, silahkan mencoba khasiat dari oat ini. Ayo, mulailah hidup sehat dan mulailah dengan sarapan pagi yang sehat.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Friday 03rd, July 2015 / 04:33 Oleh :
Kategori : Makanan